Mampir Sehari ke Luxembourg City

Bagi pecinta seni dan budaya, rasanya patut mampir untuk menyaksikan dari dekat betapa indahnya negara dengan sistem monarki ini.

Grand Duchy of Luxembourg atau Luxembourg adalah sebuah negara kecil di Eropa Barat yang dikelilingi Belgia dari sisi barat dan utara, Perancis dari sisi selatan dan Jerman dari sisi timur. Populasinya 602,005 jiwa pada tahun 2018 dengan luas wilayah negara yang hanya sebesar 2.586 km2.

Bagi pecinta seni dan budaya, rasanya patut mampir untuk menyaksikan dari dekat betapa indahnya negara dengan sistem monarki ini. Luxembourg sangat asri dengan hutan Ardennes yang lebat dan pemandangan alam yang cantik. Jika Anda berlibur ke negara Eropa seperti Jerman, Perancis, Belgia, Belanda dan lainnya, mampirlah sejenak. Letaknya tak jauh dan dapat dijangkau dengan mengedarai mobil, atau bisa menggunakan pesawat, kereta atau bus. Bahkan jika tak punya waktu banyak pun, menjelajah Luxembourg dapat dilakukan dalam satu hari!

Datanglah di antara bulan April hingga Agustus, maka Anda akan menemui banyak kegiatan menarik. Berbagai festival dan bermacam museum serta monument dapat dikunjungi. Khususnya museum atau monumen yang mendokumentasikan sejarah pada perang dunia pertama. Di kota Luxembourgnya, Anda dapat melihat megahnya benteng yang dibangun abad ke-17. Lainnya, jika Anda suka bersepeda atau hiking maka dapat menyusuri dan menikmati pemandangan rumah-rumah klasik hingga kastil abad pertengahan di daerah Bourcheid dan Vianden. Tentu saja semua ini masuk dalam Unesco world heritage. Menuju Lembah Moselle Anda dapat melihat kebun anggur atau melakukan kegiatan olahraga air dan river cruises. Mondorft-Les Bains juga dapat Anda singgahi jika Anda ingin menikmati fasilitas Spa.

Jika hanya ingin menyusuri tengah kota, menikmati bangunan klasik dan menyantap hidangan lezat restaurant atau sekedar menyeruput secangkir kopi, teh beserta cookies dan macaroons, di ibukota Luxembourg city Anda bisa mewujudkannya. Deratan restaurant dan kafe chic dijamin akan menghilangkan lelah Anda setelah seharian berjalan-jalan. Buat penggemar shopping, Luxembourg City akan jadi persinggahan menarik juga. Berbagai macam brands ternama seperti Gucci, Chanel, Louis Vuitton, Hermes, Celine, dan lainnya terdapat di lokasi tidak jauh dari pusat kafe dan restaurant. Anda tidak perlu repot mengendarai mobil atau mencari transportasi lainnya karena lokasi tempat ini ramah pejalan kaki. Hingga kemanapun Anda pergi, di Luxembourg City tidak akan membuat lelah kaki karena letak satu tempat ke tempat lainnya berdekatan. Akhir tahun lalu, Gallery Lafayette pun telah dibuka di Luxembourg. Bagi Anda yang tak sempat berbelanja di Paris, maka dapat singgah singkat ke Gallery Lafayette Luxembourg.(Pody/Kuniel)
Yang menarik untuk dilihat di Luxembourg city :

1. Chàteu de Vianden
2. Luxembourg City History Museum
3. Palais Grand-Ducal
4. Notre Dame Cahedral
5. The Passerelle Viadur or Viaduc
6. Museum of The Abbey Echternach
7. Kirchberg City
8. Philharmonic Luxembourg
9. Casemates du Bock
10.The Old Town of Luxembourg