Matryoshka, Boneka Khas Rusia

Boneka ini pertama kali dibuat yaitu pada tahun 1890

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ke Rusia, tidak afdol kalau pulangnya tidak membawa buah tangan khas sana.  Apalagi kalau bukan Matryoshka, yaitu boneka khas Rusia dengan desainnya yang sangat unik.  Terbuat dari kayu dengan bentuk  lucu, ‘ndut alias agak membulat. Uniknya, begitu boneka ini dibuka, bagian dalamnya menampung beberapa boneka jenis yang sama sampai ukuran yang paling kecil / bayi.

photo by indonesiatraveler.id

Boneka kayu dengan warna warni ini dipoles dengan fernis, lalu ditaburi glitter.  Kebanyakan memang menggambarkan seorang wanita yang keibuan bertubuh tambun. Hal tersebut sesuai dengan filosofinya,  yaitu mengambil nama seorang wanita berpostur tubuh gemuk yang bernama Matryona. Matryona melambangkan kesehatan perempuan, kesuburan, watak perempuan yang mengesankan, simbol keluarga, perempuan terhormat, ibu dari keluarga.

photoby Indonesiatraveler.id

Keunikan dari desain boneka matryoshka ini yaitu bisa menampung boneka-boneka yang lebih kecil, hal ini menyimbolkan seorang ibu yang melahirkan anak-anaknya. Bentuk matryoshka yang lonjong menyerupai telur ini pun merupakan simbol kesuburan wanita mencetak generasi baru.

Boneka ini pertama kali dibuat yaitu pada tahun 1890, ketika seorang pelukis bernama Sergei Maliutin membuat sketsa matryoshka, lalu Sergei meminta bantuan seorang tukang kayu bernama Vassily Zviozdochkin membuat boneka kayu sesuai dengan sketsanya itu. Sergei kemudian mengecat boneka tersebut menjadi sosok gadis manis yang menggunakan pakaian tradisional Rusia lengkap dengan kerudung merahnya dan pernak pernik khas lainnya.

Keberadaan matryoshka semakin populer apalagi setelah diperkenalkan pada Pameran Dunia di Paris pada tahun 1900.  Kehebohan matryoshka ini pun mendatangkan keberuntunan bagi daerah Sergiyev Posad, sebuah wilayah di pinggiran kota Moscow, tempat matryoshka diproduksi secara besar-besaran. Hingga kini daerah tersebut menjadi pusat kerajinan matryoshka di Rusia.

Unik dan lucu-lucu model dari boneka-boneka matryoshka ini. Hampir rata-rata wajah boneka kayu ini didesain dengan bola mata hitam atau biru yang agak melebar dengan pipi merona merah dan dihiasi senyum yang merekah berpadu dengan lukisan busana khas Rusia.  Konon, boneka yang menjadi salah satu ikon Rusia ini merupakan perkawinan budaya Rusia dengan mitologi Jepang.

Sekarang ini, boneka matryoshka tidak hanya berbentuk wanita, desain para pemimpin dunia pun juga ada, seperti Presiden Amerika, Presiden Rusia Vladimir Putin dan banyak lagi.(Nil)