Mengintip Surga di Curug Leuwi Balong Endah Bogor

Airnya Sebening Kaca

Curug Leuwi Balong Endah
Relaksasi yang mengasyikkan, photo by WisataMantap

Bogor banyak menyimpan kepingan surga yang selalu membuat takjub mata para penikmatnya. Salah satu surga yang tersembunyi yang dimiliki Bogor adalah Curug Leuwi Balong Endah. Dari namanya saja, sudah menggambarkan betapa cantiknya tempat ini. Yah, ‘balong’ sendiri mempunyai arti kolam, ‘endah’ diartikan dengan indah.  Curug Leuwi Balong Endah benar-benar menyajikan tempat yang sangat cantik yang dapat memuaskan para penikmat wisata air.

Curug ini berada dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasi ini masih berada dalam hutan penuh pohonan, otomatis pemandangan di sekitarnya pun masih sangat alami, hijau dimana-mana dan udaranya pun sangat menyejukkan.  Sangat terjaga sekali keasriannya.

Curug Leuwi Balong Endah
Banyak kolam-kolam untuk berendam

Apalagi begitu sampai di Curug Leuwi Balong Indah, rasa takjub dan terpukau akan panorama di depan mata, membuat Traveler serasa berada di alam mimpi.  Tempat ini menawarkan ide wisata alam yang masih alami, asri dan sejuk.  Dengan air yang jernih, sebening kaca, banyak kegiatan yang mengasyikkan yang bisa dinikmati disini.   Aktivitas favoritnya tentu saja berenang atau menyelam di aliran sungai yang sebening kaca ini. Aktivitas lain yang tak kalah seru yaitu mengapung di permukaan sungai menggunakan pelampung karet. Selain itu, Traveler dapat juga berendam di kubangan alami, merehatkan pikiran sejenak.  Suasananya benar-benar mendukung.  Apalagi letaknya yang berada di atas perbukitan membuat destinasi wisata ini juga menawarkan hawa sejuk yang begitu menenangkan dan obat ampuh untuk relaksasi.

Curug Leuwi Balong Endah
Berendam di kubangan alami, Photo by Brilio

Kawasan Curug Balong Endah ini dikelilingi bukit-bukit tinggi. Terbayanglah, betapa indahnya air terjun ini dengan panorama sekelilingnya bukit-bukit menjulang tinggi nan hijau serta hutan yang sangat lebat, sejauh mata memandang warna hijau nan teduh yang selalu dilihat.  Warna yang selalu menyegarkan pandangan mata siapapun yang memandangnya. Traveler dapat berjalan di sekitar bukit untuk menikmati keindahan pemandangan Curug Balong Endah dari ketinggian. Menghirup udara yang segar, rileks sesaat pikiran kita dengan memandang dan menghirup kesegaran nan alami ini.

Nah, dengan fasilitas alami ini, menjadi satu kegiatan lagi yang asyik dan seru di kawasan Curug Balong Endah ini, yaitu trekking.  Jadi, bagi Traveler yang kurang menyukai aktivitas berenang, atau sebelum berenang ingin menikmati panorama sekitar, kegiatan trekking ini jadi pilihan yang pas buat memanjakan ‘me time’-nya. Menjelajahi keindahan alam di sekitar Curug Balong Endah dengan pepohonannya yang tinggi menjulang dan kolamnya yang jernih.

Curug Leuwi Balong Endah
Jernihnya air sampai ke kolam dasar, photo by@satyowirowicaksono

Untuk menuju ke Curug Leuwi Balong Endah, Traveler harus melewati trek-trek yang telah disediakan.   Dan, lagi-lagi pemandangan alamnya bakal memanjakan pandangan mata kita yang membuat perjalanannya jadi begitu mengesankan.  Selain Curug Balong Endah yang bakal ditemui, Traveler juga akan melewati beberapa curug lain seperti Curug Pangeran, Curug Cihareng, Curug Kondang, Curug Ngumpet, dan Curug Goa Lumut.  Semua curug ini sudah pasti memiliki berbagai keseruan, keindahan dan keasyikkan masing-masing.

Dan untuk masuk ke dalam Curug Leuwi Balong Endah, Traveler dapat memilih salah satu jalan dari dua pilihan, bisa melalui dari Curug Pangeran atau melalui Curug Kondang.  Setelah masuk menuju Curug Kondang, di dekat air terjun sebelah kanan terdapat pintu masuk menuju Curug Leuwi Balong Endah.  Dari tempat parkir Curug Kondang, perjalanan masih harus ditempuh sekitar 200 meter lagi untuk sampai di Curug Leuwi Balong Endah. Ada dua jalur yang bisa dipilih, yakni jalur setapak dan water trekking.

Curug Leuwi Balong Endah dibuka untuk umum hanya pada hari Sabtu dan Minggu, mulai pada pukul 8 pagi hingga 3 sore. Dan sebaiknya datang pada musim panas atau bukan musim hujan, karena volume air terjun akan cenderung lebih stabil dan airnya pun akan cenderung lebih jernih diluar musim hujan.

Curug Leuwi Balong Endah
Banyak Spot yang Instagramable

Untuk menuju ke Curug Leuwi Balong Endah, aksesnya memang agak panjang.  Traveler akan berhadapan dengan jalanannya yang cenderung terjal. Traveler dapat memulai perjalanan menuju ke IPD Dramaga. Lalu perjalanan dilanjutkan menuju Ciampea dan sampai akhirnya menemukan persimpangan Cikampak. Setelah sampai di persimpangan Cikampak, belok dan ambil jalan yang menuju ke arah Gunung Bunder. Dari lokasi Gunung Bunder, Traveler hanya perlu mengikuti jalan utama sampai menemukan gerbang taman nasional. Dari pintu gerbang, Traveler akan menemukan petunjuk menuju wisata alam Curug Balong Endah.(Raditya)