Menikmati Keseruan di Air Terjun Bihewa, Nabire – Papua

Surga Tersimpan Dalam Hutan Belantara Papua

Menikmati Keseruan di Air Terjun Bihewa, Nabire - Papua
Air Terjun Bihewa berada di tengah hutan rimba

Pemandangan alam di tanah Papua begitu banyak dan sangat memikat hati.  Tak heran wisata alam disini banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.  Salah satu wisata alam dengan pemandangan yang sangat cantik adalah Air Terjun Bihewa.  Destinasi wisata yang terletak di distrik Makimi Kabupaten Nabire Papua, di tengah hutan belantara Nabire yang luas dan lebat ini, mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak tahun 2016 lalu.

Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Nabire, namun bukan berarti wisatawan enggan datang kesini.  Karena banyak yang membagikan keindahan photo-photo Air Terjun Bihewa lewat sosial media, sehingga menarik banyak wisatawan lainnya untuk datang menyaksikan langsung keindahan air terjun ini.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Bihewa, Nabire - Papua
Tingkatan Air Terjun yang ramai dikunjungi, Photo by @novIstri

Air Terjun Bihewa merupakan bentangan alam berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tujuh tingkatan. Semakin tinggi tingkatan air terjun, maka pemandangan yang tersaji jauh lebih indah, begitu pun dengan kualitas udaranya. Butuh ekstra tenaga besar dan diperlukan usaha yang cukup keras untuk menikmati keindahan di tiap-tiap tingkatannya.  Tantangan seperti melewati jalanan dengan bebatuan terjal serta menyingkap pepohonan hutan yang lebat, menjadi hal yang sering ditemui dalam perjalanan ini.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Bihewa, Nabire - Papua
Dikelilingi Alam Rimba yang Lebat, Photo by @westpapuaisland

Namun dari tujuh tingkatan ini, pada tingkatan kedua-lah yang paling mudah untuk dikunjungi.  Di tingkat ini, Traveler dapat menikmati keindahan alam rimba yang lebat dengan pepohonan tinggi, diiringi irama gemuruh air terjun serta sejuknya udara di sekeliling kawasan ini. Airnya pun sangat jernih.  Membayangkan air  terjun yang dipadu dengan lebatnya hutan Papua yang mengelilingi air terjun ini, sungguh sangat mempesona, hal ini merupakan daya tarik utama obyek wisata alam ini.

Letak Air Terjun Bihewa sangat terpencil, membelah hutan belantara di Kabupaten Nabire, Papua ini. Dan butuh stamina tubuh yang prima.  Namun demikian, rasa lelah dan capai ini sangat sepadan, begitu keindaha  air terjun ini sudah ada di hadapan.  Pesona serta suara gemuruh airnya benar-benar menjadi oase yang seketika langsung menghilangkan kelelahan tadi.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Bihewa, Nabire - Papua
Menikmati Segarnya Air di Air Terjun Bihewa, Photo by @yulkobepa

Karena lokasi air terjun ini berada dalam hutan belantara dan penerangan sangat minim, disarankan bagi Traveler yang ingin berkunjung, sebaiknya berangkat pagi hari dan pulangnya jangan terlalu sore.

Untuk mengunjungi Air Terjun Bihewa ini, titik tolaknya berada di Nabire.  Dari sini, Traveler menyewa mobil menuju Bihewa.  Begi sampai di Distrik Makimi, perjalanan dilanjutkan dengan trekking menuju Air Terjun Bihewa ini.  Setelah hutan ada jalan bebatuan yang mana di sekitarnya, kiri dan kanan terdapat jurang. Traveler benar-benar ekstra berhati-hati, karena jalannya cenderung licin.(Adhit)