Menikmati Nasi Brongkos, Menu Asal Kota Demak

Dahulu merupakan santapan yang hanya bisa dinikmati oleh para priyayi

Nasi Brongkos
Nasi Brongkos, photo by Resep Koki

Nasi Brongkos, sajian santapan yang lezat ini sangat ngetop di Jogyakarta, padahal menu yang terdiri dari potongan daging sapi empuk yang disiram kuah berwarna gelap kehitaman ini, berasal dari Kota Dermak.

Terasa nikmatnya saat disajikan dengan sepiring nasi hangat, bisa disajikan terpisah di mangkuk atau disiram langsung di atas nasi. Buat variasi tambahan, menyantap nasi brongkos ditambah dengan tempe dan tahu bacem serta kerupuk sebagai pendampingnya, akan menambah selera setiap lahap.

Nasi Brongkos
Nasi Brongkos, photo by ElJohnNews

Konon, nasi brongkos dahulu merupakan santapan yang hanya bisa dinikmati oleh para priyayi. Mungkin karena bahan baku utamanya daging sapi yang memang harganya cukup mahal, sehingga saat itu hanya para bangsawan saja yang dapat menikmati sajian ini. Bahkan saat ini pun, nasi brongkos juga menjadi salah satu menu andalan yang disukai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Nah, di zaman yang asyik seperti saat ini, Traveler akan sangat mudah menemukan nasi brongkos dan juga sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sekilas terlihat, penampakannya memang mirip rawon, hitam pekat penuh bumbu. Sama-sama menggunakan bumbu kluwek namun perbedaannya terlihat dari varian isinya dan kuahnya.

Nasi Brongkos
Nasi Brongkos

Rawon pada umumnya disajikan bersama tauge dan potongan daging sapi, sedangkan brongkos berisikan kacang tolo, kulit melinjo, tahu, telur serta potongan daging dan lemak. Perbedaan lainnya yaitu pada kuah brongkos memiliki tekstur yang lebih kental dan warna yang lebih hitam pucat karena Brongkos dimasak dengan menggunakan santan, sementara Rawon tidak pakai santan. Brongkos rasanya cenderung manis dan gurih, serta memiliki sedikit rasa pedas.

Buat yang penasaran dengan cita rasa brongkos, salah satu warung yang legendaris dan ramai dikunjungi adalah Warung Brongkos Handayani di dekat Alun-Alun Kidul, tepatnya di Jalan Gading No.2, Patehan, Kraton, Jogyakarta yang buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pukul 4 sore. Warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1975 ini, menawarkan menu spesialisasi nasi brongkos yang siap menggoyang lidah.

Nasi Brongkos
Nasi Brongkos

Selain itu, juga ada beberapa warung yang tak kalah ramainya yaitu Warung Brongkos Hj Arifah yang berada di Jalan Ringroad Utara No 1, Jogyakarta. Warung ini buka dua puluh empat jam. Warung Brongkos Warung Ijo Bu Padmo yang berada di Jalan Magelang Km 18 dan Jalan Magelang No 12, Jogyakarta. Buka dari jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam.  Warung Brongkos Mbak Prih Tempel yang terletak di Jalan Magelang Km 17, Jlegingan, Margorejo, Tempel, Sleman, Jogyakarta. Buka dari jam enam pagi sampai sembilan malam.

Jangan lupa, untuk memesan segelas es jadulnya yang berisi tape, kelapa muda, lalu disiram dengan kuah santan dan sirup, sebagai penyegar setelah menikmati seporsi nasi brongkos yang semua ini akan menjadi sempurna jadwal makan kali ini!(Niel)