Menikmati Senja di Candi Tertinggi di Jogja, Candi Ijo

Pemandangan yang sangat memanjakan mata

Candi Ijo, Yogyakarta
Candi Ijo, Yogyakarta, photo by Hhabibie

Yogyakarta salah satu wilayah dengan beragam tempat wisata yang memanjakan mata. Berbagai tempat wisata seperti lanskap alam, edukasi, hingga tempat-tempat bersejarah dapat ditemui di sini. Salah satu destinasi wisata yang dapat traveler nikmati dengan paket komplet itu adalah Candi Ijo.

Tidak seperti candi-candi di Jogja pada umumnya, Candi Ijo terletak di ketinggian 410 Mdpl, menjadikannya candi ini tertinggi di Jogja. Dari ketinggian ini pula, traveler dapat menikmati panorama Jogja dari atas bukit dan melihat aktivitas penerbangan di landasan pacu Adisucipto.

Candi Ijo, Yogyakarta
Candi Ijo, Yogyakarta, photo by hry_bdnw

Bagi traveler penikmat senja, Candi Ijo di sore hari merupakan kenikmatan tersendiri. Angin sepoi-sepoi, pemandangan kontras wilayah perkotaan Jogja dan pedesaan di sekitar Candi Ijo sangat memanjakan mata. Semakin sore, semakin terlihat keindahan kerlip lampu kota dan kendaraan di wilayah jogja. Candi Ijo merupakan candi bercorak Hindu yang dibangun pada abad ke-9 Masehi di zaman kerajaan Medang periode Mataram. Candi ini berdiri di kompleks percandian Ijo pada punggungan bukit yang disebut Gumuk/Bukit Ijo. Bangunan kompleks candi menghadap ke barat dengan konsep teras-teras berundak yang semakin ke timur, letak bangunan semakin tinggi di mana kompleks percandian utama berada.

Candi Ijo, Yogyakarta
Candi Ijo, Yogyakarta, photo by idzhar19

Lokasi Candi Ijo berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Akses menuju tempat wisata Candi Ijo tidaklah sulit. Traveler dapat menggunakan rute menuju Pasar Prambanan yang berada di seberang Komplek Candi Prambanan. Setelah itu, ambil arah tenggara hingga menemui petunjuk arah menuju Candi Ijo, ikuti arah tersebut hingga gerbang masuk desa Sambisari, yang menandai jalan menanjak hingga sampai di Candi Ijo.

Candi Ijo, Yogyakarta
Candi Ijo, Yogyakarta, photo by inicholid

Akses jalan menuju Candi Ijo berkelok dan menanjak. Namun jangan khawatir, karena jalan raya lebar dan halus, juga ada petugas pengatur lalu lintas. Jalan menuju ke sana ramai dengan bus, mobil pribadi, dan jip. Hal tersebut karena Candi Ijo berdekatan dengan objek wisata lain seperti Tebing Breksi dan candi-candi lain di sekitar.

Harga tiket untuk masuk ke kompleks candi relatif murah, hanya Rp. 5000,-/ orang. Tiket dapat didapatkan di pintu masuk Candi Ijo. Untuk biaya parkir kendaraan traveler cukup membayar Rp. 2000,- untuk motor dan Rp.3000,- untuk mobil. (NC/IPG)