One Day Tour in Prague Castle

Terkenal dengan Keindahan Arsitekturnya

Prague Castle
Prague Castle, Keindahan Alam Sekitar Prague Castle, photo by TravelTriangle

Berlibur di Praha rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Prague Castle atau Praha Castle. Kastil yang menjadi simbol kuno negara Ceko ini, memang terkenal dengan keindahan arsitekturnya.  Kastil ini berdiri di lahan seluas 70.000 meter, dan menjadi kastil terbesar yang tercatat di Guiness Book of World Record. Karena areanya yang luas, kompleks kastil ini seolah-olah seperti sebuah kota kecil. Butuh waktu kurang lebih 4 jam, bahkan bisa jadi seharian, untuk mengelilingi kompleks kastil ini.

Kastil yang didirikan oleh Pangeran Borivoj sekitar tahun 880 ini, pernah menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bohemian, Kaisar Romawi, juga Presiden Cekoslovakia. Saat ini sebagian Kastil Praha ditempati oleh Presiden Republik Ceko, sedangkan sebagian lainnya terbuka untuk kunjungan wisatawan dan umum.

Prague Castle
Prague Castle, Tempat-Tempat Ikonik

Kastil Praha juga menjadi saksi dari berbagai peristiwa sejarah seperti Bohemian Revolt, Battle of Parague, Perang Dunia II, dan Velvet Revolution.

Atap-atap merah kastil yang terletak di atas bukit ini, akan terlihat mencolok dan indah dari kejauhan. Kompleks kastil ini terdiri dari beberapa halaman istana (courtyard) yang mirip halaman atau alun-alun, beberapa jalan, serta beberapa bangunan seperti istana, gereja, menara, taman, dan biara.  Untuk menuju ke kompleks Kastil Praha, Traveler harus mendaki salah satu dari tiga buah tangga, yaitu Town Hall Stairs yang memiliki 127 anak tangga, New Castle Stairs yang memiliki 220 anak tangga, dan Old Castle Stairs dengan 121 anak tangga. Selain penghubung menuju Kastil Praha, dari tangga-tangga ini kita juga bisa menyaksikan pemandangan indah kota Praha.

Sebelum pintu masuk Kastil Praha melalui Gate of Giants, Traveler akan menemukan sebuah area terbuka luas yang bernama Castle Square. Di sekitar area ini akan ditemukan beberapa bangunan dengan gaya arsitektur bergaya Renaissance, Baroque, dan Rococco. Bangunan-bangunan yang ada di area ini antara lain, Schwarzenberg Palace, Salmov Palace, Archbishop’s Palace, Sternberg Palace, Tuscany Palace, dan Martinic Palace. Sempatkan berfoto di area ini, ya, karena kemungkinan besar kita tidak akan melewatinya saat perjalanan pulang.

Prague Castle
Prague Castle, St Vitus Cathedral photo by Archute

Di depan gerbang Gate of Giants, Traveler akan disambut oleh dua orang penjaga, seperti para penjaga di Istana Bukingham, London. Disini akan ada proses upacara pergantian penjaga kastil (changing of teh guards). Setelah memasuki gerbang ini, Traveler akan langsung menginjak courtyard yang pertama. Di Kompleks Kastil Praha ini, terdapat empat buah courtyard dengan bangunan-bangunan unik yang ada di sekitarnya.

Meski menyandang nama ‘Kastil’, tapi bangunan di kompleks Kastil Praha ini tidak terlihat seperti kastil pada umumnya, yang identik dengan dinding batu, menara tinggi, penjara bawah tanah, hingga tembok pertahanan. Di kompleks kastil ini, Traveler justru akan menemukan banyak bangunan dengan gaya klasik modern. Yah, di kompleks ini ada empat buah bangunan istana yaitu Royale Palace (Old Royale Palace), Belvedere (Royal Summer Palace), Lobkowicz Palace, dan New Royale Palace.  Selain istana, Traveler juga bisa melihat empat buah gereja di dalam kompleks Kastil Praha ini. Gereja yang paling terkenal adalah Katedral St. Vitus yang dibangun pada tahun 1344 dan selesai tahun 1929, setelah terhenti selama 451 tahun.

Jika ingin melihat kastil kuno, Traveler bisa berkunjung ke menara-menara yang ada di kompleks Kastil Praha ini. Dari empat menara yang ada, Daliborka Towerlah yang paling terkenal. Di sini, pengunjung bisa melihat penjara sekaligus display penyiksaan tahanan yang digunakan pada masa itu.

Kalau kita telisik, istana zaman dulu pasti dilengkapi dengan taman. Begitupun Kastil Praha. Setidaknya ada lima buah taman yang membuat tampilan kastil menjadi asri.

Tempat lainnya yang harus dikunjungi adalah Golden Lane. Jalan kecil ini berisi deretan rumah dengan warna-warni yang cantik. Dulunya, rumah-rumah ini dipakai sebagai rumah penjaga kastil. Namun sekarang, rumah-rumah yang dibangun pada abad ke-16 ini, berubah menjadi toko souvenir dan toko buku.

Kompleks Kastil Praha memang menyajikan deretan bangunan juga kisah yang sangat banyak. Jika sekedar mengelilingi kompleksnya, Traveler tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun, jika ingin melihat interior juga menyusuri Golden Lane, harus membeli tiket tour yang berlaku selama dua hari.

Prague Castle
Prague Castle, saksi dari berbagai peristiwa sejarah

Wouw, amazing bukan? Yuk, mampir ke Kompleks Kastil Praha saat berkunjung ke ‘Negeri Dongeng’ ini!(Nita)