Pantai Boom nan Seksi dan Memikat Hati

Dengan Pasir Hitam Bergradasi Abu-Abu

Pantai Boom
Pantai Boom, Menyajikan Keindahan dan Keasyikkan, Photo by @indahsafitri

Tak bisa dipungkiri lagi, Banyuwangi memang banyak menyajikan destinasi wisata pantai.  Yah, pantai-pantai di Banyuwangi selalu menyisakan keindahan yang sulit dilupakan.  Seperti Pantai Boom, pantai yang terletak di Desa Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dahulu, pantai ini merupakan sebuah pelabuhan yang sangat ramai dengan lalu lalang orang.  Meskipun saat ini sudah tidak aktif lagi sebagai pusat persinggahan perahu dari berbagai wilayah, namun beberapa perahu masih terlihat aktif dan bersandar di beberapa titik meski tidak banyak seperti dahulu.  Keberadaan perahu-perahu ini sangat cantik, menjadi latar dalam swaphoto.  Pantai Boom memang tak pernah sepi dari singgahan para pencinta pantai.

Pantai Boom
Pantai Boom dengan Hamparan Pantainya, Photo by @mas_awie

Luas pantai ini mencapai 44,2 hektare dengan ombak laut yang sangat tenang.  Banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di Pantai Boom.  Pantainya yang dihiasi pasir hitam bergradasi abu-abu yang berkilau, sangat indah dan nyaman digunakan sebagai tempat bersantai di sepanjang bibir pantai. Konon, kandungan mineral pasir ini dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Selain berjalan-jalan di sepanjang pantai, juga ada banyak kursi dengan payung yang dapat Traveler pilih untuk duduk santai sambil memandangi lautan.  Ombaknya pun tidak terlalu besar, cukup tenang dan nyaman.

Selain pantainya yang menakjubkan, Pantai Boom juga menyajikan keindahan dan keasyikkan lainnya.  Terdapat kawasan dermaga kapal pesiar di dekat pantai yang wajib Traveler kunjungi. Dan salah satu landmark paling memukau adalah jembatan lintas berbentuk spiral yang terlihat Instagramable. Jembatan ini terlihat megah dan estetik, terutama saat malam hari dimana sorot lampu-lampu membuat pemandangan di jembatan ini tampak lebih indah.

Pantai Boom
Sudut Jembatan yang Instagramable, Photo by @ekosumartopo

Terdapat pula penyewaan sepeda sehingga Traveler dapat menikmati sepanjang Pantai Boom dengan berkeliling mengendarai sepeda.  Saat sore hari jelang matahari terbenam, kondisi pantai semakin ramai karena pengunjung banyak yang ingin menikmati angin pantai sore hari yang menyejukkan.

Bibir pantai pun juga dilengkapi dengan fasilitas jogging trek yang ramah untuk pengunjung, termasuk kapasitas parkir yang luas. Traveler dapat menikmati aktifitas olahraga dengan nyaman serta aman untuk dilewati.  Terdapat taman yang mengelilingi joging trek dengan view menabjukkan serta fasilitas area glamping yang cocok untuk mengisi liburan dengan suasana yang berbeda.

Traveler pun juga tak perlu bingung soal makanan dan minuman, karena tersedia beragam pilihan makanan di warung-warung yang berjajar di pinggiran pantai. Terdapat banyak kios yang menjual aneka makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto dan minuman es kelapa muda yang menyegarkan.

Pantai Boom
Pasir Pantainya yang Hitam Gradasi Abu,

Kursi-kursi dilengkapi kanopi untuk bersantai juga sudah tersedia di area pantai, tak jauh dari kawasan pantai juga terdapat muara sungai yang bisa digunakan untuk bermain air anak anak. Sangat cocok untuk anda yang ingin liburan tapi tidak ingin pergi jauh jauh dari pusat kota Banyuwangi

Pantai Boom berada di bagian timur Kota Banyuwangi.  Untuk mencapai pantai ini, Traveler harus memulai dari rute perjalanan di Simpang Lima Banyuwangi. Dari tempat ini, arahkan kendaraan melaju ke Jalan Dr. Sutomo sampai menemukan Taman Blambangan.  Ketika menemukan pertigaan, belok ke kiri memasuki Jalan R.A. Kartini dan lanjutkan menuju Jalan Nusantara hingga ke Jalan Ikan Cucut. Begitu menemukan tugu bertulisan Pantai Boom, belok ke kiri dan ikuti jalan saja, Pantai Boom ada di sebelah kanan jalan.(Rafa)