Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya

Sebaran Bebatuan Karang Menambah Uniknya Pantai

Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya
Pantai Karang Tawulan yang unik, Photo by @ihsanfahmillah

Yuk, kenalan dengan salah satu destinasi wisata asyik dan keren di Tasikmalaya!  Suasananya sangat asri, memiliki bentang alam yang unik dan sangat mempesona, itulah Pantai Karang Tawulan.  Lokasi pantai ini cukup strategis, berada di perbatasan antara Tasikmalaya dan Ciamis.  Tepatnya terletak di kawasan Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya Jawa Barat.  Jaraknya sekitar 90 kilometer dari Kota Tasikmalaya.

Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya
Merengguk Ketenangan di Pantai Karang Tawulan

Datang ke pantai ini, Travaler siap terpesona dengan suasana alam disini.  Deburan ombak yang begitu tampak syahdu, berpadu dengan keberadaan batu karang, menciptakan sebuah moment yang menenangkan jiwa. Tak heran, banyak wisatawan yang datang ke pantai ini khusus untuk menikmati keindahan pemandangan bebatuan karang sambil menghirup udara pantai yang segar serta dihibur dengan suara debur ombak.  Panorama pantai ini pun tak luput jadi inceran bagi pemburu foto yang siap membidik eksotisme pantai ini menjadi sebuah objek photo yang begitu memukau.

Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya
Bukit Hijau, tempat menikmati indahnya lautan lepas

Kenikmatan dan keindahan yang didapat di Pantai Karang Tawulan ini memang berbeda dengan pantai pada umumnya.  Pantai Karang Tawulan memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Dimulai sejak Traveler melangkah melalui pintu masuk, tidak langsung menjumpai pasir atau ombak pantai.  Pandangan mata pun tertuju pada hamparan perbukitan yang berselimut rumput hijau. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, karena perbukitan ini sudah memiliki pagar pembatas.  Tanaman pandan laut yang merupakan tanaman khas pantai, tampak menghiasi area perbukitan, tersebar diantara bebatuan yang ada. Dari atas bukit ini, Traveler dapat menikmati keindahan pantai dengan jelas.  Hamparan pasir coklat dan lautan luas dengan ombaknya begitu tinggi, menjadi sebuah frame lukisan alam nan nyata. Pantai Karang Tawulan menghadap langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak-ombaknya pun cukup tinggi.

Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya
Sunset yang selalu dinanti

Dia atas bukit ini juga banyak spot-spot yang asyik untuk dijadikan sasaran photo, apalagi sebaran bebatuannya yang seringkali dijadikan tempat duduk, namun sangat indah untuk dijadikan latar photo. Ketika ingin menuju ke pantainya, Traveler dapat menuruni anak tangga yang tersedia.  Yah, kalau diperhatikan lebih seksama, objek wisata ini sangat mirip dengan Pantai Tanah Lot yang ada di Tabanan, Bali.

Pantai Karang Tawulan juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat eksotisme sunset dan elegannya sunrise.  Jika datang di pada saat fajar, tak perlu terburu-buru turun ke pantai. Dari atas bukit, Traveler dapat mengambil posisi yang tepat menghadap ke timur, menyaksikan pesona indahnya matahari terbit.   Tampak, sinar kuning perlahan mulai menembus, menggantikan gelapnya malam. Langit pun perlahan-lahan menjadi biru tua yang berangsur menjadi biru muda.  Disusul dengan pancaran sinar matahari yang mengenai segala penjuru, tampak cantik sekali.  Posisi menikmati sunrise di bukit ini merupakan salah satu favorit para wisatawan untuk mengambil angle photo sunrise yang tepat. Umumnya foto dengan latar belakang lautan luas serta sinar matahari pagi yang baru saja muncul.

Pantai Karang Tawulan, Destinasi Wisata Keren di Tasikmalaya
Berhadapan Langsung dengan Samudera Hindia, Photo by @fikri.fadillah.taufik

Begitu juga ketika mentari siap meninggalkan bumi.  Di atas perbukitan ini, Traveler dapat mengambil posisi untuk menyaksikan matahari terbenam. Sungguh, menikmati pemandangan matahari terbenam di sini, tak kalah indahnya dengan matahari terbit.  Prosesi saat sunset pun begitu memukau.  Sinar matahari perlahan mulai meredup. Pancarannya pun tak lagi kuning terang, namun berganti oranye yang teduh. Tampak bulatan matahari semakin jelas terlihat, yang perlahan bergerak turun, tenggelam di peraduannya. Seketika permukaan air laut tampak oranye, menghampar luas menerpa area batuan karang.  Pesona yang terpancar pun semakin merebak penuh kekaguman.  Sangat cantik dan luar biasa indahnya panorama alam senja.(Rafa)