Pantai-Pantai di Banten yang Melekat di Hati

Surganya pantai ada di sini

Banten, Pantai Anyer

Banten adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa yang memiliki banyak pantai nan indah dan mempesona. Kawasan paling barat Pulau Jawa ini, tak pernah sepi untuk selalu dikunjungi para wisatawan. Yah, Banten merupakan surganya pantai. Berikut ini sebagian kecil dari pantai-pantai Banten yang menjanjikan banyak keindahan.

Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan pantai yang paling popular di Banten. Ini adalah kawasan terindah di ujung barat pulau Jawa. Tak heran, ketika musim libur tiba, kondisi pantai ini padat merayap diserbu para pengunjung.

Pasir putih dan birunya laut menjadi pemandangan wajib yang selalu disuguhkan dari Pantai Anyer ini. Selain itu, ombaknya pun juga sangat bersahabat. Berendam dan berenang di bibir pantai pun, jadi keasyikan tersendiri bagi banyak pengunjung. Apalagi, ada beberapa spot menarik yang menjadi daya pikat utama. Termasuk kehadiran mercusuar, yang merupakan ikon dari Pantai Anyer. Tingginya mencapai 75, 5 meter dan di bangun pada tahun 1885 oleh Raja wilem II. Sebenarnya mercusuar ini dibangun pada tahun 1806. Tetapi karena terjadinya bencana alam maha dahsyat, mengakibatkan bangunan ini hancur tak bersisa. Karena mempunyai nilai historis yang sangat tinggi, maka dibangun kembali.

Untuk mencapai puncak mercusuar, Traveler harus mampu menaklukkan sekitar 280 anak tangga. Karena pesona yang dijanjikan melalui atas mercusuar ini begitu dahsyat, maka banyak pengunjung yang masuk dan sampai ke atas mercusuar ini. Decak kagum yang membahana, melihat hamparan laut dan pepohonan berkumpul menjadi satu kesatuan. Pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun, sangat indah menikmatinya dari atas mercusuar ini.

Alamat: Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jam buka: 24 jam. Tiket masuk : Rp5.000

Banten, Pantai Tanjung Lesung
Banten, Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Dinamakan sebagai Tanjung Lesung karena tanjung dan pantainya menjorok ke arah laut menyerupai lesung. Berada di Pantai Tanjung Lesung dapat memanjakan mata dan menjernihkan pikiran. Meskipun tempat wisata di Banten ini selalu ramai pengunjung, tapi keadaan Pantai Tanjung Lesung masih asri dan sangat terawat.

Hamparan pasir putihnya yang indah, seakan memanggil hati untuk selalu berjalan-jalan menyusuri pantainya. Banyak hal yang dapat dilakukan disini untuk menghabiskan waktu libur, antara lain bermain di pinggir pantai, diving, snorkeling, bermain jet ski, hingga berfoto di atas ayunan.

Alamat: Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jam buka: 24 jam. Tiket masuk : Rp30.000 (weekday) dan Rp40.000 (weekend)

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki karakteristik asri.  Bentuk pasirnya yang unik bak butiran merica, berwarna putih dan sangat halus. Pantai Ciputih juga dikenal sebagai pantai dengan spot asyik untuk bersnorkeling ria. Spotnya sangat indah. Jika Traveler sampai di lokasi siang hari, aktifitas menjelajah alam bawah laut dapat segera dilakukan.

Untuk menuju spot snorkeling yang pas, sebaiknya Traveler menyewa kapal kecil.  Berbagai macam biota bawah laut, dengan keindahannya yang luar biasa, akan ditemui disini.  Indahnya alam bawah laut dari Pantai Ciputih ini akan membius mata para penyelam. Yah, bahari disini sangat memikat hati wisatawan.

Pantai ini masih sepi pengunjung. Perlu perjuangan untuk bisa mencapainya, karena lokasinya berada di Ujung Kulon. Meski demikian, Traveler tidak akan kecewa, karena airnya jernih dan pasirnya putih bersih banget. Memiliki ombak khas pantai selatan, yang bergulung dengan gradasi warna laut, membuat spot Ciputih ini menjadin destinasi liburan favorit yang paling direkomendasikan.

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Kecamatan Kertamukti, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jam buka: 24 jam.  Tiket masuk : Rp 5,000

Pantai Cihara

Pantai Cihara memiliki pasir berwarna putih. Namun tidak secara keseluruhan pantai ditutupi pasir putih, sebagian pantai berupa hamparan karang. Pantai ini sangat jarang digunakan untuk bermain air maupun pasir. Tapi keindahan tebing-tebing karang dipadu dengan deburan ombak biru akan menjadi sebuah tempat yang romantis, terutama bagi penikmat swafoto. Yah, menikmati suasana Pantai Cihara memang tidak seperti kebanyakan wisata pantai yang menawarkan banyak kegiatan berenangnya. Pantai Cihara perpaduan antara berenang, menikmati hamparan pasir putih, dan menikmati karang-karang yang kuat menahan deburan ombak pantai selatan yang terkenal tinggi.

Formasi batu karang di Pantai Cihara cukup spesial. Terdapat beberapa bentuk menyerupai kolam yang membuat Traveler bisa berenang di sana. Banyak orang datang ke sini untuk menikmati senjanya yang cantik. Pantai Cihara merupakan salah satu wisata unggulan di pantai selatan Jawa, Kabupaten Lebak, Banten. Penduduk setempat menyebut juga pantai ini dengan nama Pantai Pasput sebagai kependekan dari Pasir Putih.

Alamat: Ciparahu, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. Jam buka: 24 jam. Tiket masuk : gratis

Banten, Pantai Carita
Banten, Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai Carita merupakan salah satu pantai yang paling favorit di Banten. Kehadiran Pantai Carita sangat terkenal. Apalagi jarak Jakarta ke Pantai Carita tidak begitu jauh, membuat warga Jakarta mudah datang ke pantai ini.

Pantai Carita memberikan panorama laut yang begitu indah. Tidak hanya pantainya aja, tapi bawah lautnya pun memberikan keindahan yang siap memanjakan mata. Karena keindahan bawah lautnya, Pantai Carita pun ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam.  Keunggulan lainnya dari Pantai Carita adalah, Traveler dapat menikmati pemandangan Krakatau yang cantik memukau. Pantainya yang terawat, sejuk, serta fasilitas yang lengkap, membuat pantai ini layak untuk dikunjungi.

Alamat: Jalan Raya Labuan KM 10, Kabupaten Serang, Banten.  Jam buka: 24 jam. Kisaran harga: Rp15.000

Banten, Pantai Florida
Banten, Pantai Florida

Pantai Florida

Pantai Florida terletak tidak jauh dari area tempat wisata pantai Anyer. Tempat wisata pantai di Banten yang satu ini merupakan tempat yang paling pas untuk menikmati indahnya Sunset. Keberadaan gunung Krakatau dari kejauhan membuat pemandangan Sunset semakin sempurna. Apalagi Pantai Florida memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas, sehingga spot dalam menikmati sunset pun nyaman.

Pemandangan matahari tenggelam yang ada di Pantai Florida berbeda dengan pemandangan matahari tenggelam di pantai lainnya. Kebanyakan pantai-pantai sekitar Anyer menyajikan sunset di sebelah kiri, sementara di Pantai Florida, Traveler akan puas menatap keindahan sang surya tenggelam tepat di tengah-tengah.

Alamat : Jalan Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Sindanglaya, Cinangka, Serang.  Harga Tiket : Rp 10 ribu /orang weekday, utk weekend 15.000.

Banten, Pantai Karang Bolong
Banten, Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Tempat wisata pantai di Banten yang tidak kalah indahnya adalah Pantai Karang Bolong. Dahulu, penduduk setempat menyebutnya sebagai Pantai Karang Surga. Jaraknya 50 Kilometer dari Kota Serang. Tempat wisata pantai karang Bolong ini memberikan pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di Banten. Tempat ini punya gardu pandang yang membuat kita bisa menikmati panorama pantai dengan lega. Pantai Karang Bolong punya banyak tempat yang asyik untuk berenang, memancing, hingga hunting foto. Sore hari menjadi waktu terbaik menikmati keindahan pantai. Yah sunset di Pantai Karang Bolong sungguh sangat mengagumkan.

Belum lagi keindahan tebing-tebing karang yang berjajar di muka pantai, seolah berperan sebagai perisai untuk meredam besarnya ombak yang menghantam. Di pantai inilah asyik untuk menikmati keganasan laut tanpa khawatir terkena dampaknya. Suara gemuruh ombak yang menghantam karang, menjadi alunan musik alam nan merdu.

Alamat: Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Jam buka: 24 jam Kisaran harga: Rp5.000

Itulah  tempat wisata pantai-pantai di Banten yang wajib untuk dikunjungi. Menawarkan keindahan yang siapa pun akan takjub mengagumi.(Niel)