Penuh Takjub di Tebing Keraton Bandung

Udaranya yang dingin menyejukkan serta pesona keindahan alam merupakan sajian favorit wisatawan

Tebing Keraton, Bandung
Tebing Keraton, Bandung, photo by Wisatakaka

Bandung selalu memberikan warna warni dalam dunia pariwisatanya. Beragam destinasi wisata di Bandung semuanya menjanjikan keindahan, kesejukan serta membuat hasrat untuk tidak mau beranjak dari tempat wisata tersebut. Yah, kondisi geografis Bandung yang berupa pegunungan merupakan nilai tambah bagi wisata Bandung. Apalagi suhu udaranya yang dingin menyejukkan serta pesona keindahan alam merupakan sajian favorit wisatawan. Seperti di Tebing Keraton ini, yang memanjakan para wisatawan akan keindahan alamnya nan  asri, yang dapat dinikmati dari ketinggian. Merupakan spot untuk melihat panorama alam di sekitar cekungan Bandung dari atas bukit.

Bandung, Tebing Keraton
Tebing Keraton,Bandung photo by YouTube

Tebing Keraton Bandung merupakan tempat untuk mengamati hamparan keindahan alam kota Bandung. Lokasinya yang berada di Puncak Dago dengan ketinggian sekitar 1250 mdpl, memberikan spot foto yang sangat menarik. Keindahan hijaunya hutan nan asri, kehadiran burung-burung, serta menikmati sunset dan sunrise yang dapat menjadi obyek foto yang tak dapat dilewatkan.

Tebing Keraton,Bandung
Tebing Keraton,Bandung, photo by Pinterest

Tebing Keraton Bandung juga merupakan objek wisata yang terletak di daerah Dago yang kini menjadi salah satu tempat wisata lokal yang hits di Indonesia. Keberadaannya langsung populer begitu muncul di media sosial. Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Di tebing Karaton wisatawan akan menemukan View Deck / panggung kayu yang dijadikan spot center photo-photo. Dengan penampilan baru ini, yaitu dilengkapi dengan panggung kayu yang sangat eksotis, menambah pesona wajah Tebing Keraton Bandung ini. Indahnya Tebing Keraton juga sering digunakan sebagai tempat foto prewedding bagi pasangan yang berencana mau menikah.

Tebing Keraton, Bandung
Tebing Keraton, Bandung, photo by Lokawisata Bandung

Panorama keindahan semakin sempurna dengan background perkasanya Gunung Tangkupan Perahu. Apalagi ketika menikmati pagi hari di Tebing Keraton ini, suasana alam berkabut yang menutupi area hutan raya, menciptakan pemandangan bertambah elok.  Begitu juga suasana sore hari menjelang matahari tenggelam. Diiringi suara burung-burung nan merdu serta gesekan dedaunan, terpaan semilir angin yang, membelai wajah, kabut yang mulai hadir serta cahaya mentari yang mulai meredup, membuat Traveler enggan beranjak dari singgasana.

Traveler yang datang berkunjung akan dikenakan biaya Rp 11.000 bagi domestik, dan Rp 76.000 bagi wisatawan asing.  Sementara bagi yang ingin camping, berencana menikmati sunrise di Tebing Keraton Bandung ini, dikenai biaya Rp 40.000 dengan catatan tenda bawa sendiri. Jika tenda ingin disiapkan dari pihak Tebing Keraton, dikenai biaya Rp 140.000, sudah termasuk tiket masuk, tenda, sarapan dan penerangan. Tarif parkir dikenai biaya Rp 10.000,-

Tebing Keraton ini berada di sekitar 13 km timur laut Stasiun Bandung. Tepatnya di ujung Taman Hutan Raya yang menghadap ke rute trek Maribaya – Dago. Alamat tepatnya adalah di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Kab Bandung Barat, Jawa Barat 40198.(Nil/Berbagai Sumber)