Perayaan Hari Galungan, Ini 5 Tempat yang Perlu Dikunjungi Saat di Bali

Berlibur ke Bali saat Hari Raya Galungan tentu memberikan kesan tersendiri.

Hari Raya Galungan dan Kuningan menjadi salah satu perayaan yang sarat akan makna bagi umat Hindu, terutama di Bali. Galungan dimaknai sebagai perayaan kemenangan kebaikan (dharma) atas kejahatan (adharma). Dilaksanakan setiap 210 hari, umat Hindu akan melakukan upacara adat guna menyambut momen Hari Raya Galungan. Selanjutnya, Hari Raya Galungan akan disusul dengan Hari Raya Kuningan, 10 hari kemudian.

Berlibur ke Bali saat Hari Raya Galungan tentu memberikan kesan tersendiri. Selain bisa menyaksikan secara langsung perayaan Galungan, Traveler juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali yang menawarkan sesuatu yang berbeda.

Untuk Itu, Indonesiatraveler.id akan merangkum lima tempat wisata di Bali yang menarik dikunjungi saat Hari Raya Gulungan.

Tanah Lot

Tanah Lot menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup banyak menarik kunjungan wisatawan. Bahkan bukan hanya wisatawan lokal, melainkan wisatawan mancanegara pun banyak yang ingin tahu akan keindahan dari tempat ini.

Selain bisa menikmati keindahan alam pantainya yang begitu cantik dan mempesona, di lokasi wisata ini juga terdapat sebuah bangunan Pura yang ada di atas bukit. Pura inilah yang menjadi salah satu ikon untuk lokasi wisata populer Bali ini. Bahkan tempat ini juga sering digelar berbagai pertunjukan atraksi yang bisa disaksikan oleh para pengunjungnya.

Selain itu, lokasi wisata ini juga menyimpan berbagai obyek wisata lain yang menjadi daya tariknya. Terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Taban, Bali, keindahan Tanah Lot menjadi magnet bagi wisatawan.

Pemandangan tepi laut yang elok, serta pura indah di atas pulau batunya menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi saat perayaan Galungan, Traveler bisa menyaksikan upacara adat yang digelar di sana. Salah satunya adalah kegiatan piodalan yang dilakukan di Pura Tanah Lot saat perayaan Galungan.

Garuda Wisnu Kencana

Objek wisata ini terletak di Jalan Raya Uluwatu, Kuta Selatan, Badung. Garuda Wisnu Kencana atau GWK menawarkan wisata dengan tema unik khas Bali.

Taman budaya dengan ciri khas patung raksasa ini menghadirkan pemandangan alam yang memukau. Selain itu, Traveler dapat menyaksikan berbagai macam atraksi unik. Misalnya, pertunjukan tari tradisional diiringi musik khas Bali. Terdapat pula pasar tradisional yang menjual cendera mata, serta aneka makanan dan minuman lokal.

Pura Lempuyang

Pura Lempuyang Luhur atau Pura Lempuyang merupakan salah satu pura terindah di Bali. Berlatar Gunung Agung, pura ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.

Salah satu foto favorit bagi wisatawan adalah pose di tengah gapura dengan pantulan seperti danau yang indah.

Tapi tak sampai di situ saja, saat Galungan wisatawan juga bisa menyaksikan rangkaian acara piodalan di sana.

Pura Lempuyang memiliki beberapa keistimewaan, seperti lokasinya yang berada di puncak Gunung Lempuyang membuatnya memiliki pemandangan bagus. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat Gunung Agung yang berdiri megah. Pura ini juga termasuk pura tertua yang ada di Bali.

Desa Panglipuran

Desa Penglipuran, desa kecil yang berada di Bali ini pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Desa ini, terkenal dengan suasananya yang masih tradisional, lingkungannya yang bersih dan indah.

Ada sekitar 200 rumah berderet rapi di desa ini. Rumah yang dibangun merupakan rumah tradisional yang ramah lingkungan dan memiliki gaya yang sama. Hal ini merupakan salah satu cara melestarikan budaya dan mencegah pencemaran lingkungan.

Sepanjang jalan, desa ini menyuguhkan bunga warna-warni yang sangat cantik menghiasi pinggir jalan. Bukan hanya itu, polusi udara pun tak akan ditemukan di desa ini.

Pura Ulun Danu Beratan

Terakhir, Pura Ulun Danu Beratan menjadi tempat wisata untuk melengkapi petualanganmu di Bali. Dikenal sebagai Pulau Seribu Pura, di Bali banyak sekali pura yang indah dan unik, salah satunya Pura Ulun Danu Beratan.

Hal menarik dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas danau. Di kawasan Pura Ulun Danu Beratan juga terdapat beberapa pura lainnya, yaitu Pura Panataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak, dan Pura Prajapati.

Saat Hari Raya Galungan, kamu bisa menyaksikan secara langsung upacara adat yang digelar di sana. Selain berkunjung ke pura, wisatawan juga bisa berkeliling danau dengan menyewa speed boat, sepeda bebek air, atau sampan dayung, dengan harga mulai dari Rp35 ribu hingga Rp200 ribu. (RK/IPG)