Pesona Goa Lakasa yang Penuh Tantangan

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bau-Bau

photo by ravi haidar
photo by ravi haidar

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bau-Bau, adalah Goa Lakasa. Destinasi alam ini menyimpan keasyikkan yang luar biasa seru dan sangat cocok untuk traveler yang menyukai tantangan. Karena Goa Lakasa memiliki kedalaman yang cukup tinggi yaitu mencapai 120 meter. Otomatis perlu perjuangan ekstra untuk bisa mencapai destinasi ini.

Traveler tak perlu khawatir untuk melewati medan yang penuh tantangan ini. Rasa lelah dan tantangan tadi akan terbayar begitu melihat keindahan mata air yang jernih. Belum lagi, pemandangan cantik dari stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam goa ini. Tak hanya itu, traveler juga bisa berenang sambil menikmati keindahan di dalam goa. Traveler juga bisa mengabadikan pemandangan indah di sejumlah spot yang instagramable.

photo by ravi haidar
photo by ravi haidar

Selain dikenal karena keindahannya, Goa Lakasa juga populer karena sejarahnya yang cukup unik. Konon, goa ini ditemukan oleh seorang kakek yang bernama La kasa. Melalui mimpinya, Kakek La Kasa menemukan goa di lahan perkebunannya sendiri, sekitar tahun 1999. Penemuan goa ini membuat masyarakat Kota Baubau menjadi heboh. Mereka pun berbondong-bondong mendatangi goa tersebut, menyaksikan secara langsung keindahannya goa ini. Maka dari itu, goa ini dikenal dengan nama La Kasa.

Jika berkunjung ke Goa Lakasa, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman agar traveler tidak terganggu saat melewati medan yang terjal. Lokasi Gua Lakasa berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Baubau, Betoambari. Traveler harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan untuk mencapai destinasi ini.(DT)