Pesona Yang Tersembunyi di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Pantai yang memiliki bentangan seluas 300 meter tersebut, memikat wisatawan lokal dan mancanegara yang datang melanconginya dengan suasana khas pulau pribadi.

Wisata ini berada di Pulau Pasi Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pantai Liang Kareta adalah salah satu pantai di Indonesia yang tidak berpenduduk. Sehingga ketika menginjakkan kaki di daratannya, kesunyian akan menyapa anda pertama kali selain hembusan lembut angin di sekitar pantai.

Pantai yang memiliki bentangan seluas 300 meter tersebut, memikat wisatawan lokal dan mancanegara yang datang melanconginya dengan suasana khas pulau pribadi. Bagaimana tidak, walau terletak hanya 20 menit perjalanan air dari pusat kota, Pantai Liang Kareta masih sepi pengunjung. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, gua, dan tebing indah. Cocok bagi Traveler yang ingin menikmati suasana pantai sepi, jauh dari keramaian.

Selain dapat menikmati suasana pantai yang alami dan sunyi, Traveler pun bisa melakukan banyak kegiatan seperti menyelam, snorkeling hingga memancing. Beberapa cekungan juga terdapat di wilayah pesisir pantai. Di ujung cekungan ke dalam terdapat beberapa gua yang biasa dijadikan tempat beristirahat dan berlindung dari sengatan matahari.

Karena Pantai Liang Kareta belum seramai pantai biasanya, pulau berpasir putih tersebut belum ada pengelola yang menyewakan alat menyelam atau snorkeling. Jadi jangan lupa membawa peralatan tersebut sebelum menyebrang ke Pantai Liang Kareta. Wisata ini memang tidak berpenghuni, tapi bagi wisatawan yang memerlukan waktu lebih untuk menikmatinya di Kota Benteng atau daratan Selayar lainnya, sudah cukup banyak tersedia penginapan-penginapan. Wisatawan pun bisa dengan bebas mendatangi Pantai Liang Kareta karena bisa diakses kapan saja.

Bagi Traveler yang hobi melihat matahari terbenam, Pantai Liang Kareta akan menyuguhkan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, pesisir pantai yang masih bersih sangat bagus digunakan sebagai tempat kemah dan piknik. Mencapainya tidak sulit. Pantai yang membentuk sebuah ceruk sepanjang sekitar 200 meter ini, berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Benteng, Sulawesi Selatan.

Ada tiga pilihan transportasi yang bisa Traveler naiki, salah satunya adalah ojek perahu atau biasa disebut katingting dari Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Pantai ini berjarak kurang lebih 30 menit. Harga sewa perahu mulai Rp250.000 untuk menuju Pantai Liang Kareta dan Balojaha.(DT)