Randayan Island, Keindahannya Penuh Sensasi

Sangat Cocok bagi Traveler yang Ingin Mencari Ketenangan dan Jauh dari Keramaian Kota

Kalimantan Barat, Pulau Randayan
Kalimantan Barat, Pulau Randayan

Pulau Randayan merupakan salah satu surga keindahan yang ada di Kalimantan Barat.  Pulau ini memiliki keindahan bahari yang sangat khas, air yang biru dan jernih dan pulau yang sangat tenang, sangat cocok sekali bagi Traveler yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota. Suasananya benar-benar sepi dan menyenangkan dengan pemandangannya yang eksotis. Keindahan pulau ini juga di lengkapi dengan berbagai pohon-pohon yang rindang dan hijau ditambah lagi dengan perpaduan pasirnya nan putih dan hamparan batu yang akan membuat Traveler saat berada di sana semakin nyaman.

Kalimantan Barat, Pulau Randayan
Kalimantan Barat, Pulau Randayan

Dengan keindahan alam yang dimiliki pulau Randayan, yang sering juga disebut Randayan Island, menjadikan pulau ini salah satu pulau favorit dan sangat populer bagi para pecinta wisata di Kalimantan Barat. Pulau ini juga sangat dekat dengan Kepulauan Lemukutan yang merupakan pulau yang populer juga di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Bengkayang. Selain terkenal dengan pulaunya, Kabupaten Bengkayang juga memiliki keindahan bukit yang terkenal di sana yaitu Bukit Jamur.

Selain itu, Randayan Island merupakan pulau pribadi yang diubah menjadi ojek wisata yang menarik. Fasilitas di pulau ini pun tergolong sangat lengkap, di sini Traveler dapat menyewa perlengkapan untuk diving dan snorkeling. Yah, keindahan bawah lautnya juga membuat hasrat hati tertarik untuk bermain-main disana. Alam bawah lautnya yang masih terjaga dengan terumbu karang yang indah sangat digemari para traveler yang memiliki hobi snorkeling. Selain itu, pulau ini juga menawarkan spot untuk memancing. Jangan khawatir, ikan yang ditangkap di pulau ini bisa langsung dimasak atau dipanggang sendiri, lho!

Kalimantan Barat, Pulau Randayan
Kalimantan Barat, Pulau Randayan

Letak Pulau Randayan tidak jauh dari Kota Singkawang, tepatnya berada di Kabupaten Bengkayang, dan untuk menuju ke pulau Randayan Traveler menuju Teluk Suak terlebih dahulu. Dari Kota Singkawang ke Teluk Suak hanya berjarak kira-kira 32 kilometer. Dari Teluk Suak, Traveler dapat menyewa alat transportasi yang telah tersedia di sana, speed boat atau motor klotok.

Selain dari Teluk Suak, Traveler juga bisa menuju ke Sungai Raya, di sana tersedia juga transportasi menuju Pulau Randayan. Akses untuk menuju ke Sungai Raya juga sangat mudah dan dekat. Dua tempat tersebut merupakan tempat yang sangat direkomendasikan jika Traveler  ingin melakukan perjalanan ke Randayan Islan.

Traveler akan menikmati puas berwisata di Pulau Randayan ini. Apalagi disini juga ada villa yang siap disewakan. Villa yang dilengkapi juga tempat bersantai di tepi pantai merupakan pelengkap yang sangat cocok, dengan begitu pengunjung yang ada di pulau akan betah dan nyaman saat berada di sana.

Kalimantan Barat, Pulau Randayan
Kalimantan Barat, Pulau Randayan

Pulau Randayan masuk ke dalam Kawasan Konservasi Perairan Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan. Masuk wilayah administratif Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Pulau Randayan memiliki luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Dengan sajian kondisi seperti ini, akan menarik siapa saja yang memiliki hobi snorkeling maupun diving, untuk melakukan eksplorasi keindahan bawah laut yang eksotis di pulau ini. Daya tarik biota bawah laut merupakan salah satu alasan bagi mereka yang ingin sekali melihat beragam biota yang ada di sana. Dengan kondisi air yang biru dan sangat jernih menjadikan pulau ini salah satu tempat dimana anda bisa snorkeling dan diving di sana.

Di Pulau ini, sering ditemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Masyarakat lokal menyebutnya dengan “sisik’” dan “penyo”.  Selain itu, ikan karang yang ada di sekitarnya didominasi oleh ikan konsumsi. Seperti kerapu, kerapu sunu, kerapu karang, kuweh, puka puteh, jenaha, kakap tanda-tanda, dan baronang. Juga ada ikan predator, seperti Chaetodon lunula dan Chaetodon trifascialis. Kelompok ikan karang yang berperan di dalam rantai makanan diantaranya adalah jenis Amphibrion ocellaris dan A. Frenatus, Forcipige flavissimus, dan Malacanthus latovittatus. Biota lain yang sering dijumpai antara lain teripang, kima, udang karang atau lobster, serta bintang laut. (Raditya)