Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor

Trekkingnya Cukup Ekstrim Namun Menggoda Untuk Disambangi

Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor
Sensasi Menikmati Sejuknya AIr di Curug Mariuk

Pesona keindahan Curuk Mariuk benar-benar menghipnotis Traveler yang datang ke objek wisata air terjun ini.  Airnya yang jernih, udaranya yang begitu menyejukkan serta alamnya yang memanjakan mata, menjadi satu frame surga duniawi yang tersembunyi di kawasan Bogor ini.

Curug Mariuk berlokasi di Desa Sukamakmur, Bogor dan merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di Bogor, yang belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan.  Mungkin karena akses menuju lokasi ini cukup sulit, sehingga hanya sebagian orang yang benar-benar berjiwa petualang saja, yang senang menyambangi objek wisata ini. Jalanannya cukup terjal serta berliku-liku, yang menjadi tantangan tersendiri untuk menuju lokasi ini.  Namun, aktifitas ini terasa menggoda mata tatkala berjalan naik turun bukit.  Traveler juga akan melalui kebun kopi yang panennya setiap tahun ini.

Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor
Airnya sangat menyegarkan, Photo by @mms_aminn

Untuk menuju Curug Mariuk, Traveler dapat mengaksesnya dari Jakarta menuju tol Jagorawi dan keluar di pintu Tol Citerup. Mendekati kawasan air terjun, di sepanjang perjalanan, Traveler akan terpesona dengan hijaunya pemandangan sawah dan bukit yang menyerupai Lembah Anai-nya Bukit Tinggi, Sumatra Barat.

Setelah memarkirkan kendaraan yang dibawa di lokasi parkir yang sudah disediakan warga setempat, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki.  Sekitar kurang lebih satu jam trekking, melewati beberapa tanjakan bukit hutan serta bebatuan yang cukup licin, Traveler siap menikmati keindahan Curug Mariuk.

Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor
Seru dengan Free Jump, Photo by @mc_ivansuwandi

Suasana alam sekitar curug yang sangat sejuk dan alami, serta jernihnya air terjun, menjadi satu kepuasaan tersendiri saat menikmati air terjun ini.  Apalagi, Curug Mariuk berada laksana dalam sebuah hutan, sehingga keindahan alamnya benar-benar masih ‘perawan’, meskipun menuju lokasi ini harus melalui medan yang cukup ekstrim.

Curug Mariuk memiliki kolam air yang berwarna biru, dimana banyak pengunjung menjadikan kolam ini untuk berendam, menghilangkan kepenatan dan rasa bosa sehari-hari.  Bagi Traveler penyuka foto underwater, akan terpuaskan mengambil gambar-gambar indah di Curug Mariuk. Airnya yang sangat jernih membuat gambar yang dihasilkan pun menjadi bagus dan memuaskan.

Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor
Saat musim hujan debit air sangat deras, Photo by @salman.afarisi13

Keseruan lainnya adalah melakukan free jump.  Kegiatan ini dapat dilakukan dari atas sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 3 meter, yang letaknya di salah satu sudut area air terjun.  Karena kolam air terjun memiliki kedalaman sekitar 3 meter, disarankan tetap berhati-hati bagi Traveler yang ingin melakukan kegiatan free jump ini.

Untuk rute menuju lokasi Curug Mariuk, disarankan berangkat berangkat dari arah Citeureup. Rute ini merupakan rute terdekat yang mudah dilalui. Rute ini juga akan melewati Jalan Raya Tajur (menuju arah Babakan Madang) hingga menuju pertigaan.  Setelah itu, ambil atau belok kiri dan Traveler akan diarahkan menuju gerbang masuk Curug Kembar Cibeureum, termasuk juga Curug Mariuk.

Sensasi Kenikmatan di Curug Mariuk, Bogor
Plang Tanda Sampe di Curug Mariuk

Rute lainnya yaitu, berangkat dari arah Jakarta melalui trek Mekarsari-Jonggol-Sukamakmur.  Perjalanan ini banyak berkelok-kelok, namun sepanjang perjalanan,  sejauh mata memandang terbentang lanskap memukau jejeran gunung kapur mengarah ke area Gunung Pancar.

Konon, menurut cerita warga sekitar, air dari Curug Mariuk inilah asal muasal yang mengaliri Curug Leuwihejo, Curug Hordeng, serta curug-curug tersohor lainnya yang berada di Sentul.(Putri)