Sensasi Pesona Pulau Jemur yang Menakjubkan!

Tempat Singgah Penyu Hijau Langka

Pulau Jemur
Pantainya Unik Penuh Pesona

Siapa bilang pulau kecil tidak menghasilkan pesona yang maksimal?  Pulau Jemur, pulau kecil yang terletak sejauh 45 mil dari Kabupaten Rokan Hilir, atau yang letaknya sekitar 72 kilometer sebelah utara Bagansiapiapi ini, menyimpan sejuta keindahan yang sangat menakjubkan.  Pulau Jemur memiliki pantai berpasir keemasan dengan sedikit ombak yang membuat suasana menjadi tentram dan menenangkan jiwa.  Yah, pantainya memang sedikit berombak dan memiliki air gradasi berwarna hijau di bibir pantai namun semakin ke tengah lambat laun berubah gelap ketika semakin menjauh ke samudera.

Pulau Jemur
Hamparan Pasir Pantainya Sangat Memukau

Selain itu, disini juga banyak spot wisata yang seru dan mengasyikkan seperti Bekas Tapak Kaki Manusia, Perigi Tulang, Batu Panglima Layar, dan masih banyak lagi.  Bahkan, keindahan Taman Lautnya yang terkenal masih asri serta kaya akan biota laut, memanjakan para penyelam untuk dapat menikmati alam bawah lautnya. Snorkeling di wilayah laut Pulau Jemur memang sangat diimpikan bagi wisatawan penggemar snorkeling.

Keberadaan Pulau Jemur yang terletak di antara gugusan pulau kecil seperti pulau Tekong Simbang, Tekong Emas, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya ini, menyebabkan kondisi perairan Pulau Jemur menjadi lebih tenang.  Sehingga nyaman bagi Traveler yang ingin menikmati pantainya  untuk berenang, menyelam bahkan menaiki perahu kayak.

Pulau Jemur
Tempat Singgah Penyu Hijau Langka

Di pulau Jemur terdapat peninggalan sejarah berupa goa, benteng Jepang, perigi emas serta mercusuar. Selain nilai sejarah yang akan menambah wawasan, Traveler dapat memanfaatkan spot-spot wisata ini untuk menambah koleksi photo.  Berswaphoto dengan berlatar belakang seperti dengan meriam peninggalan Jepang, mercusuar dan lainnya.  Dari atas bangunan mercusuar ini, Traveler dapat merekam keindahan Selat Malaka yang begitu indah.

Pulau Jemur juga menjadi tempat singgah penyu hijau yang cantik.  Biasanya, pada saat-saat tertentu akan banyak penyu hijau berenang melewati Selat Malaka. Kawanan penyu hijau yang mulai langka ini mampir untuk singgah dan menetaskan telurnya.   Untuk bisa melihat secara langsung, Traveler harus rela meluangkan waktu tengah malamnya untuk menyusuri sepanjang Pantai Pulau Jemur.

Pulau Jemur
Pantainya yang tenang, nyaman untuk berenang

Yang tak kalah menariknya adalah, saat menanti dan menikmati tenggelamnya matahari secara perlahan.  Yah, cobalah sedikit naik ke atas bukit untuk menikmati pesona sunset nan eksotis.  Semburan sinar oranye disekeliling sang surya, luar biasa indah terlihat dari puncak bukit pulau ini.

Pulau yang memiliki luas 250 hektar ini berbatasan langsung dengan selat Malaka serta juga berbatasan langsung dengan Malaysia dan Sumatera Utara. Tak heran, dari pulau ini Traveler dapat melihat pemandangan negeri seberang.  Keberadaan ini juga menciptakan ekosistem bawah lautnya kaya akan biota laut dan terumbu karang.

Pulau Jemur
Pesona Sunset nan Eksotis

Lokasi Pulau Jemur tepatnya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.  Traveler harus menggunakan jalur laut untuk dapat menjangkau pulau ini, dengan naik speedboat yang akan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam.(Adhit)