Terpesona dengan Keindahan Air Terjun Maribaya (Curug Omas)

Keberadaan Dua Jembatan, Tempat Pas Menikmati Curug Omas

Terpesona dengan Keindahan Air Terjun Maribaya
Dikelilingi pepohonan rindang

Air Terjun Maribaya masih termasuk dalam kawasan objek wisata Taman Hutan Raya Ir. H Juanda, yang suasananya masih alami dengan latar pepohonan rindang, membuat para pengunjung nyaman berada di tempat yang menyejukkan ini.  Warga sekitar menyebut Air Terjun Maribaya dengan sebutan Curug Omas, yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kedalaman 10 meter yang berada di arus sungai Cikawari.  Panorama air terjun ini semakin cantik dengan keberadaan dua jembatan yang fungsinya juga memudahkan para pengunjung, untuk dapat menikmati keindahan dan keseruan Curug Omas ini lebih dekat dan nyaman, tanpa harus takut basah.  Selain itu, dari atas jembatan ini, Traveler juga dapat melihat bentangan dasar sungai yang merupakan pertemuan dua arus sungai Cikawari dan Cigulun yang nantinya menjadi daerah Arus Sungai (DAS) Cikapundung Hulu. Arus ini mengalir dan berbelok membelah daerah Tahura tersebut.

Terpesona dengan Keindahan Air Terjun Maribaya
Jembatan, spot  menikmati keindahan Curug Omas, Phptp by yopank_

Spot lainnya untuk menikmati air terjun ini yang lebih menantang, yaitu berdiri diatas bebatuan besar yang ada tepat dibawah lebih dekat dengan kucuran air terjun.   Posisi ini juga keren untuk dijadikan spot foto.  Sudah pasti berada di atas bebatuan ini, Traveler akan siap basah!

Tak jauh dari Curug Omas, terdapat kolam penampungan, dimana pengunjung dapat bebas berendam dan bermain air.  Airnya yang berasal dari kucuran air terjun yang dialiri oleh sungai ini, sangat dingin dan menyejukkan.

Karena masuk dalam kawasan hutan lindung, pemandangan di sekitar air terjun masih sangat asri asri, dikelilingi banyak pepohonan tinggi-tinggi.  Suasana ini begitu mengasyikkan dan menyenangkan. Traveler dapat berjalan berkeliling di sekitar air terjun, untuk menikmati suasana alam dan udara yang begitu menyejukkan, yang dapat  menghilangkan lelah dan penat.

Terpesona dengan Keindahan Air Terjun Maribaya
Dikelilingi udara nan sejuk, Photo by caspherrr

Berada di jalan Raya Maribaya, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, selain Curug Omas di arus sungai ini terdapat pula Curug Cigulung, Curug Cikoleang, dan Curug Cikawari.  Masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda-beda, seperti Curug Cigulung dengan ketinggian sekitar 15 meter, sementara itu Curug Cikoleang memiliki ketinggian kurang lebih 16 meter dan Curug Cikawari dengan air jatuh dari ketinggian 14 meter. Ketiga curug ini dikenali dengan sebutan Curug Maribaya juga.  Traveler dapat turun dan berenang menikmati segarnya air di Curug Cikawari, namun dua curug lainnya tidak diperbolehkan berenang.

Untuk menuju lokasi wisata ini, dari Kota Bandung berjarak sekitar 15 kilometer sementara dari arah timur Lembang berjarak sekitar 5 kilometer.  Traveler juga dapat mengaksesnya melalui transportasi umum. Jalur yang harus ditempuh adalah dengan naik angkot dari Lembang ke arah Maribaya.  Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer, Traveler akan tiba di jembatan Maribaya.  Sementara itu, bagi Traveler yang membawa kendaraan pribadi dari arah Jakarta, dapat mengambil rute Cikampek – Cipularang – lalu keluar di Sadang.  Kemudian dari Sadang – Subang – Ciater – Lembang.  Untuk menempuh ke lokasi objek wisata ini, jalannya aman dan mulus.

Terpesona dengan Keindahan Air Terjun Maribaya
Curug Omas berada dalam kawasan hutan lindung

Yah, inilah salah satu sudut kawasan wisata Maribaya, yaitu Curug Maribaya, yang merupakan wisata alam dengan pemandangan yang begitu indah mempesona. Kehadiran hutan alam yang masih asri dan cuaca yang dingin menjadi salah satu keunggulan kawasan wisata curug Maribaya ini.(Simple Destination)