Uniknya Danau Biru Cisoka Tangerang

Biru warna air danaunya yang cantik, menciptakan aura keindahan alam sekitarnya.

foto by medium.com

Danau Biru Cisoka Tangerang, merupakan danau dengan keindahan alam yang disuka para foto mania. Biru warna air danaunya yang cantik, menciptakan aura keindahan alam sekitarnya. Danau Biru Cisoka ini terletak di Desa Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Serang Banten. Danau biru ini merupakan bekas galian tambang pasir yang lama tidak terpakai. Lubang yang dihasilkan dari galian tersebut, lama kelamaan terendam oleh air hujan yang kemudian menghasilkan genangan air yang berwarna biru.

foto by denubay.com

Galian lubang dengan kedalaman belasan meter tersebut, berubah menjadi telaga sehingga masyarakat setempat menyebutnya Danau Biru Cisoka. Ada banyak genangan air bak telaga di sekitar situ, akibat banyaknya lubang dengan kedalaman yang bervariasi.

Berdasarkan informasi, danau tersebut mulanya tidak berwarna biru jernih seperti sekarang bahkan airnya cenderung keruh. Namun lama-kelamaan warna air dari danau tersebut berubah menjadi jernih kemudian biru dan hanya satu danau saja yang mengalami perubahan warna. Warna air danau tersebut terkadang tidak hanya biru saja karena pada waktu tertentu, air di sini bisa berubah-ubah dari biru gelap, tosca, kekuningan hingga tak berwarna atau jernih.  Tak heran, perubahan warna air pada danau ini dapat menghidupkan hewan air seperti ikan dan sejenisnya.

foto by amazingindonesia.id

Ada banyak rute menuju Danau Biru Cisoka dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika datang dari pusat Kota Tangerang, traveler bisa melalui Jalan Tigaraksa. Jaraknya hanya sekitar 9 km dari lokasi wisata ini. Danau Biru Cisoka ini masih dikelola oleh perorangan. Untuk tiket masuk danau, pengunjung dikenakan tarif Rp7.000, parkir kendaraan motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat keindahan danaunya saja, namun juga bisa menjajal fasilitas bermain seperti sepeda gantung, kolam renang, perahu sampan dan lainnya. Tarif tiket masuk awal belum termasuk tiket untuk menaiki sarana hiburan tersebut. Tarif sarana hiburan dikenakan biaya mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000.

Untuk makanan dan minuman, tersedia warung yang berjejer di pinggir danau. Pilihannya pun beragam. Juga musholla dan toilet, semuanya tersedia dan traveler pun aman untuk tetap menjalankan ibadah sambil menikmati keindahan Danau Biru Cisoka Tangerang ini!(DT)