Wisata Air Terjun Pundak Kiwo Magetan yang Menakjubkan

Tebingnya dari Batu Andesit yang Berundak-Undak

Wisata Air Terjun Pundak Kiwo Magetan yang Menakjubkan
Air jatuh berundak-undak, Photo by @ryanferryhandoko

Pesona keindahan Air Terjun Pundak Kiwo Magetan memang tak bisa dipungkiri lagi.  Wisata air terjun ini selalu diminati wisatawan, apalagi ketika liburan tiba. Sensasi keindahan panoramanya benar-benar memikat hati.  Traveler yang datang ke Magetan, Jawa Timur ini, sebaiknya menyempatkan diri menikmati keindahan dan keasyikkan di Air Terjun Pundak Kiwo Magetan ini.

Tempat ini sangat indah serta dapat menciptakan sensasi yang berbeda dengan aktifitas rutin sehari-hari.  Berbagai keseruan serta keasyikkan dapat dirasakan di kawasan air terjun ini.  Bagi Traveler yang berjarak jauh pun, tak akan rugi menghabiskan waktu di objek wisata ini.

Wisata Air Terjun Pundak Kiwo Magetan yang Menakjubkan
Air Terjun ini berada di sisi kiri Gunung Lawu

Wisata Air Terjun Pundak Kiwo Magetan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.  Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini, dikelilingi banyak pepohonan rindang juga lebatnya hutan pinus.  Karakteristik air terjun ini sangat unik, yakni tebingnya terdiri dari batu andesit yang berundak-undak.

Air Terjun Pundak Kiwo Magetan berada di ketinggian 1.476 mdpl, tepatnya berada di sisi kiri Gunung Lawu, sehingga udara sekitar pun sangat menyejukkan.  Untuk mencapai lokasi air terjun, Traveler masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 kilometer dari lokasi gerbang grojokan.  Kondisi jalanan yang setapak ini cukup terjal.  Namun, sepanjang perjalanan Traveler akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam perkebunan sayur milik warga setempat.  Aroma sejuknya udara pegunungan begitu kental.

Wisata Air Terjun Pundak Kiwo Magetan yang Menakjubkan
Sejenak Melepas kepenatan di Air Terjun Pundak Kiwo

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Pundak Kiwo Magetan ini, Traveler akan banyak menjumpai objek wisata air terjun lainnya.  Seperti Air Terjun Watu Ondo yang memiliki karakteristik air yang mengalir pada bebatuan menyerupai tangga, lalu juga akan menemui Air Terjun Jarakan. Selain itu, Traveler juga akan melewati Sendang Air Banyumas yang terkenal dengan mengalir air bercampur pasir yang berkelip sehingga memancarkan menyerupai emas.  Suguhan Air Terjun Pundak akan dilewati, dimana di lokasi ini terdapat sebuah situs yang disebut Prasasti Watu Ongko yang dipercaya sebagai petilasan Eyang Ongko Wijoyo. Dari sini, lokasi Air Terjun Pundak Kiwo semakin mendekat, bahkan suara gemuruh air terjun sudah mulai terdengar.

Objek wisata air terjun ini letaknya tidak jauh dari Telaga Sarangan.  Menuju ke lokasi ini, jalan yang paling mudah ditempuh melalui Ngerong jika Traveler dari arah Magetan.  Begitu sampai di daerah Ngerong, sebelum pertigaan arah ke Sarangan, ada papan penunjuk arah yang terletak di sebelah kiri jalan.  Ikuti saja penunjuk jalan tersebut, sampai sejauh kira-kira 2 kilometer.  Hingga akhirnya sampailah di gerbang Grojokan yang disebut Pundak Kiwo.  Terdapat fasilitas gazebo, tempat parkir, toilet dan lainnya.(Puteri)