3 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Memikat Hati

Perbukitan dan Hutan Pinus yang Sangat Cantik

3 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Memikat Hati
Spot Kekinian di Bukit Matang Keladan, Photo by @kylazzraa

Keindahan alam Kalimantan Selatan sangat memukau.  Mulai dari perbukitan hingga hutan pinus, asyik dieksplore keindahannya.  Hal ini juga menjadi inceran banyak wisatawan. Berikut ini, 3 destinasi wisata alam yang sangat memikat yang disajikan di Kalimantan Selatan.  Apa saja, yuk simak!

Bukit Matang Kaladan

Pesona Bukit Matang Kaladan sangat menakjubkan, sehingga banyak wisatawan yang berburu keseruan di tempat ini.  Objek wisata ini merupakan sebuah gunung yang secara teritorial masuk dalam kawasan Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.  Sekilas keindahan panorama di Bukit Matang Kaladan ini mirip sekali dengan Raja Ampat. Daerah ini mulai diburu wisatawan sejak tahun 2015 lalu.

Untuk mencapai ke puncak bukit, Traveler dapat memilih dua cara, yaitu menggunakan ojek atau trekking (berjalan kaki).  Bagi Traveler pencinta alam pendaki, trekking menjadi pilihan yang cukup menantang dan sangat mengasyikkan.  Apalagi sepanjang perjalanan, Traveler akan dimanjakan dengan sajian pemandangan alamnya yang sangat cantik dan mempesona.

Akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah karena jalannya sudah diaspal mulus dan jalurnya pun lebar. Jika Traveler beranjak dari Kota Martapura – ibukota Kabupaten Banjar menuju dermaga Desa Tiwingan Lama (lokasi Waduk PLTA Riam Kanan), akan memakan waktu perjalanan darat sekitar 30 menit.  Dari dermaga, Traveler siap menjalani perjalanan yang cukup menantang, menguras tenaga, yaitu perjalanan mendaki tebing curam dengan menapaki anak tangga setinggi 400 meter.  Perjalanan ini oleh warga setempat disebut perjalanan cinta seribu anak tangga.

3 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Memikat Hati
Bukit Matang Keladan yang mirip Raja Ampat, Photo by @Irenehollie

Selama trekking yang memakan waktu sekitar 30 menit ini, keindahan panorama alam sekitar membuat Traveler lupa akan rasa lelah yang dirasa.  Serunya melihat aktifitas lalu lalang perahu motor yang merupakan alat transportasi warga guna berlalu lalang di Waduk Riam Kanan.

Penduduk setempat mencari nafkah menjadi petambak ikan air tawar seperti ikan mas dan nila. Tak heran jika di atas waduk banyak keramba apung berjejer, hal ini menciptakan satu pesona keindahan tersendiri.  Yah, menikmati panorama keindahan Bukit Matang Kaladan, menjadi satu kegiatan yang mengasyikkan dann seru.  Traveler harus menyambangi wisata satu ini!

Bukit Rimpi

Terletak di Pelaihari, Tanah Laut, wisata Bukit Rimpi merupakan tempat berupa perbukitan yang ditumbuhi padang savana, dihiasi hijaunya hamparan pemandangan yang sangat cantik dan mempesona.  Gundukan-gundukan hijau perbukitan ini dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies, karena panorama ini sama persis dengan yang ada dalam serial Teletubies.

3 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Memikat Hati
Menikmati Savana Hijau nan Luas di Bukit Rumpi, Photo by @its.yudxx

Mengunjungi bukit hijau nan asri ini, Traveler dapat memulai perjalanannya dari Kota Banjarmasin dengan tujuan ke Kota Pelaihari, yang berjarak sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Lalu arahkan kendaraan menuju ke arah Tanah Bumbu.  Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 kilometer, Traveler akan melihat Desa Tampang. Berikutnya akan terlihat spanduk yang bertuliskan, ‘Parkiran Bukit Rimpi’ yang terletak di sebelah kanan jalan.  Setelah sampai dilokasi dan memarkirkan kendaraan, Traveler masih harus trekking sekitar 200 meter menuju kaki bukit lokasi wisata ini.

Objek wisata Bukit Rimpi memang dikenal dengan kecantikan hamparan padang rumputnya yang luas. Bahkan sebagian wisatawan yang pernah berkunjung menyamakan keindahan alam ini dengan keindahan alam negara New Zealand.  Dibiarkannya hidup bebas gerombolan-gerombolan hewan ternak yang sering terlihat di sekitar kawasan bukit saat hewan-hewan ini mencari makanan. Melihat perpaduan bukit hijau dan hewan ternak di sekitar bukit ini, semakin menambah keindahan view Bukit Rimpi.  Di Bukit Rimpi ini, Traveler juga dapat menikmati keindahan maksimal saat matahari terbit dan terbenam. Pendar-pendar warna orange yang membias cakrawala, berpadu dengan luasnya bukit hijau nan cantik, menyajikan keindahan eksotis penuh daya pikat.

Pulau Pinus

Objek wisata ini memang menjanjikan kesejukan serta panorama asri hijaunya pohon-pohon yang menjulang tinggi. Inilah objek wisata Pulau Pinus yang terletak di Desa Aranio, Kabupaten Banjar.   Dinamai Pulau Pinus karena pulau yang berada di tengah waduk Riam Kanan ini dipenuhi oleh pepohonan pinus. Pohon pinus yang ada di kedua pulau di danau Riam Kanan memang sengaja dibiarkan tumbuh liar begitu saja. Kedua pulau Pinus yang ada ditengah danau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu sederhana, yang justru menjadi bagian keindahan dari alam sekitar sini.  Sajian wisata ini menawarkan teduhnya pohon-pohon pinus yang tumbuh berjejer rapi. Disini, Traveler juga dapat kemping, untuk menikmati lebih lama lagi udara dan alam disini.

3 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Memikat Hati
Kemping di Pulau Pinus Menikmati Sunset dan Sunrise, Photo by @rafsanjani1990

Sudah tersedia berbagai fasilitas umum seperti toilet serta pondok-pondok untuk istirahat. Untuk mencapai lokasi wisata ini, dari kota Banjarmasin menuju dermaga Aranio memiliki jarak sekitar 67 kilometer.  Rute ini akan melewati kota Banjarbaru dan memakan waktu tempuh kurang lebih hampir 2 jam.  Begitu sampai ke Pulau Pinus, setelah parkir Travaler harus naik perahu motor untuk mencapai lokasi utama. Perjalanan perahu ini memakan waktu sekitar 30 menit.(Rafa)