3 HARI DI MELBOURNE

Telusuri jalan setapak Melbourne yang berwarna-warni, nikmati hidangan dari seluruh dunia, dan jelajahi ajang seni yang setara dengan kota mana pun di Australia. Di hari terakhir, berkendara ke selatan menuju pantai dan kilang anggur butik di Mornington Peninsula.

Yang patut dinanti

  • Menjejaki jalan setapak yang rumit di Melbourne
  • Bersantap di kafe dan restoran yang paling keren
  • Jelajahi kilang anggur dan desa tepi laut di Mornington Peninsula

Fakta singkat

  • Waktu: 3 hari
  • Jarak: 76 kilometer (47 mil)
  • Transportasi: mobil
  • Harga: $$
3 hari di Melbourne

3 days in Melbourne

HARI 1: OBJEK WISATA DAN JALANAN DI MELBOURNE

Melbourne laneways, Melbourne, VIC © Robert Blackburn, Tourism Victoria

Melbourne laneways, Melbourne, Victoria © Robert Blackburn, Tourism Victoria 

Pagi hari
Mulailah perjalanan Anda ke Melbourne di pusat kotanya yang sibuk. Trem City Circle gratis beroperasi ke seluruh penjuru kota, mulai di Flinders Street Station, dan melewati objek wisata yang wajib dilihat seperti St Paul’s Cathedral, Parliament House, dan Royal Exhibition Building. Turun dari trem di Flagstaff Station dan berjalan kaki lima menit ke Queen Victoria Market. Pasar ini telah menjadi landmark kota Melbourne selama lebih dari satu abad dan menawarkan berbagai jenis makanan gourmet lokal dan impor. Nikmati kopi dari Market Lane Coffee, di Deli Hall, dan borek bayam dan keju dari Borek Shop. Naiklah kembali ke trem menuju Federation Square. Ini adalah pusat budaya Melbourne, rumah bagi seni canggih di Australian Centre for the Moving Image (ACMI) an beragam karya suku Aborigin di Ian Potter Centre: NGV Australia. Jangan lewatkan Koorie Heritage Trust yang dimiliki oleh orang Aborigin, yang juga terletak di Federation Square, dan menampung berbagai artefak, lukisan, foto, dan rekaman sejarah lisan yang menawan dengan tujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Koorie lokal. Jelajahi galeri sebelum duduk untuk makan siang di salah satu dari banyak restoran tidak jauh di Flinders Lane – Chin Chin dan Coda yang paling terkenal. 

Sore hari
Pusat kota Melbourne penuh dengan jalur jalan setapak dari batu, tempat Anda dapat dengan mudah menghabiskan waktu selama beberapa jam. Di lorong beratap dan gang abad ke-19 yang disemarakkan dengan seni jalanan yang terkenal di dunia ini, Anda akan menemukan permata tersembunyi di setiap belokan. Masuk di Degraves Street, dengan jajaran kafe dan kedai kopi, kemudian menyeberangi Collins Street untuk mengunjungi Block Arcade nan indah yang dibangun tahun 1892. Lorong beratap ini penuh dengan daya tarik dunia lama, dari toko perhiasan antik sampai penjahit tradisional dan Hopetoun Tea Rooms, warisan berharga dari Lady Hopetoun. Di sore hari berjalan menyusuri Royal Botanic Gardens Victoria, Melbourne Gardens, atau bergabung dengan tur untuk melihat inner sanctum Melbourne Cricket Ground (MCG). Jika Anda berkunjung antara Maret dan September, pastikan Anda melihat pertandingan AFL (sepak bola peraturan Australia). Untuk makan malam pergi ke Little Bourke Street dan nikmati cita rasa Chinatown di Melbourne, atau cobalah aula makan Cookie yang luas di Curtin House. 

HARI 2: SOUTH YARRA DAN ST KILDA

St Kilda Pier, Melbourne, VIC © Josie Withers, Visit Victoria

St Kilda Pier, Melbourne, Victoria © Josie Withers, Visit Victoria

Pagi hari
Situs-situs paling bergaya di Melbourne telah menemukan rumahnya di South Yarra nan makmur. Mulai hari Anda di Two Birds One Stone, tempat sarapan populer yang menyajikan hidangan seperti pancake ricotta dengan buah ara segar, sirup marmalade, krim pistachio, dan biji bunga matahari panggang. Chapel Street membagi kawasan pinggiran ini di pusatnya dan membariskan butik-butik di sepanjang jalannya. Chapel Street berlanjut hingga kawasan Prahran. Kunjungi keramaian Prahran Market, yang terkenal dengan deli gourmet dan hasil bumi khas, lalu lanjutkan berjalan di Greville Street nan ekletik. Dari sini, naiklah taksi 15 menit (atau 30 menit naik trem) ke pantai St Kilda, tempat Anda dapat menyusuri taman terbuka dan St Kilda Pier yang bersejarah, serta menikmati kue di salah satu patisserie yang terkenal di Acland Street.

Sore hari
Dari St Kilda, memerlukan waktu 30 menit naik trem untuk kembali ke pusat kota. Kunjungi galeri tertua di Australia, National Gallery of Victoria (NGV), yang menghadirkan beragam artis, pameran, dan acara lokal dan internasional. Atau, Anda mungkin ingin melihat Melbourne dari perspektif baru dengan pesiar menyusuri Yarra River. Makan malam di salah satu dari berbagai tempat makan di kota ini – cobalah hidangan Vietnam di Richmond, hidangan Italia di sepanjang Lygon Street di Carlton, atau hidangan Spanyol di Johnston Street di Fitzroy. Tidak jauh di Brunswick Street ada berbagai kegiatan, dengan tempat makan etnis, pub, dan bar di lantai tertinggi. Cicipi vodka ramuan khas di Naked in the Sky – teras di lantai teratas Naked for Satan – dan nikmati pemandangan kota terbaik.

HARI 3: PERJALANAN SEHARI KE MORNINGTON PENINSULA

Point King Beach, Mornington Peninsula, VIC © Derek Ross, Tourism Australia

Point King Beach, Mornington Peninsula, Victoria © Derek Ross, Tourism Australia 

Pagi hari
Sewa mobil dari Melbourne dan berkendaralah satu jam lebih sedikit ke selatan menuju Mornington Peninsula, rumah bagi pantai teluk dan samudra, kilang anggur, kebun buah, dan restoran yang terkenal. Di kota Sorrento, Anda dapat mengikuti Millionaire’s Walk di puncak tebing yang memukau, trek balik 1,5 kilometer (0,9 mil) nan berliku, dengan pemandangan memesona ke Port Phillip Bay. Setelah itu, kunjungi Peninsula Hot Springs untuk berendam di sumber air panas alami, menikmati mandi uap Turki (hammam), atau pesanlah salah satu dari berbagai jenis sesi perawatan yang ditawarkan. Pesanlah makan siang yang panjang di Paringa untuk menikmati hidangan berkualitas sambil menghadap ke lereng kebun anggur menurun yang ada di luar.

Sore hari
Mornington Peninsula menaungi lebih dari 50 ruang cicip anggur, sebagian besar mengkhususkan diri pada Pinot Noir dan Chardonnay. Cobalah rangkaian sampel anggur yang dirancang dengan cermat di pembuat anggur skala kecil Crittenden Estate, atau racik minuman anggur Anda sendiri bersama pembuat anggur Michael Lee di Foxeys Hangout. Kawasan ini juga terkenal akan kilang anggur tradisional premium, seperti Red Hill BreweryMornington Peninsula Brewery, dan True South. Anda juga dapat mencicipi hasil bumi terlezat di kawasan ini di Wine Food Farmgate trail, memilih dari berbagai jenis hidangan gourmet bertema. Menginaplah semalam di vila mewah atau berkendaralah dengan santai kembali ke Melbourne.

Jika Anda memiliki tambahan hari, ada lebih banyak lagi perjalanan satu hari untuk dijelajahi. Sebagai pilihan utama adalah Great Ocean Road dengan perjalanan ke Lorne, atau cicipi lebih banyak lagi anggur terbaik negeri ini di Yarra Valley. Pengunjung yang memiliki waktu akhir pekan untuk dihabiskan bisa memilih beberapa destinasi terbaik di sekitar Melbourne.

—————————————–

Oleh Ellie Schneider | australia.com

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

#DiIndonesiaAja Travel Fair Tawarkan Paket Liburan

Jakarta, 20 November 2023 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan...

Taman Lembah Dewata Lembang, Nuansa Bali di Tanah Pasundan

Taman Lembah Dewata Lembang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di...

10 Makanan Khas Banten yang Bikin Ngiler

Mungkin sudah banyak orang yang familiar dengan Provinsi Banten,...

Berpetualang di Kota London

Adakah diantara kamu yang sangat ingin berpetualang ke London?...

Pesona Pulau Lima Banten

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here