Kuliner Bengkulu yang Nikmat

Selain Jambi, Bengkulu adalah provinsi lainnya di Indonesia yang nama ibukotanya sama dengan nama provinsi. Provinsi yang ada di barat daya pulau Sumatra ini punya banyak hasil laut, perkebunan, dan rempah-rempah yang kaya, serta menjadi salah satu tempat bertumbuhnya bunga Rafflesia arnoldii.

Bengkulu juga punya beberapa kuliner yang unik sekaligus lezat. Keunikan beberapa kuliner itu bisa ditemukan pada nama, bahan baku, atau proses pembuatannya. Adapun beberapa kuliner Bengkulu yang unik dan lezat itu adalah:

1. Lema

Rebung umumnya diolah menjadi sayuran atau isian dari lumpia. Di Bengkulu, rebung justru difermentasi dan kemudian diolah menjadi makanan bernama lema. Sebelum difermentasi, rebung akan dicincang halus dan dicampur dengan potongan ikan air tawar.

Setelah tercampur, adonan rebung dan ikan air tawar itu akan dimasukkan ke dalam wadah berlapis daun pisang, lalu wadahnya ditutup rapat dan dibiarkan sampai 3 hari. Makanan ini nantinya bisa disantap bersama nasi putih hangat.

2. Manisan Terong

Di Bengkulu, ada satu manisan berbahan dasar tidak biasa, yaitu manisan terong. Masyarakat Bengkulu sering menyebut manisan ini dengan sebutan kurma Bengkulu karena tampilannya yang mirip dengan kurma.

Terong yang dipakai pada manisan ini adalah terong ungu yang direndam air kapur sirih yang sudah diberi gula. Proses perendaman akan dilakukan selama 3-5 hari sampai tekstur terongnya lebih kenyal.

3. Kue Siput

Jangan mengira kalau kue ini terbuat dari siput. Nama kue ini sendiri diambil dari bentuk kuenya yang mirip dengan siput. Kue ini dibuat dari adonan tepung gandung yang diberi isian kacang, lalu digulung dengan bentuk seperti siput dan digoreng hingga kecokelatan.

Makanan bernama unik ini bisa dijumpai di toko kue atau toko oleh-oleh. Selain bisa dinikmati langsung, kamu juga bisa membawa kue ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat.

4. Kue Perut Punai

Nama kue yang unik ini diambil dari bentuk kuenya yang mirip perut burung punai. Bagi yang belum tahu, punai adalah salah satu jenis burung yang hidup di Bengkulu Sekilas, makanan ini mirip kue usus ayam khas Jawa, namun dengan ukuran lebih kecil.

Bahan utama kue perut punai adalah tepung beras. Ada dua varian rasa pada kue ini yang bisa kamu pilih, yaitu manis dan gurih. Kamu bisa mendapatkan kue bernama unik ini di toko kue atau toko oleh-oleh di Bengkulu.

5. Gulai Pisang

Gulai umumnya dibuat dari daging ayam atau sapi. Di Bengkulu, gulai justru dibuat dari pisang. Sebelum diolah menjadi gulai, pisang akan dilepaskan dari kulitnya dan dimasak bersama bumbu yang terbuat dari berbagai macam bahan, seperti bawang merah, bawang putih, santan, lokan, ketumbar, kelapa goreng, dan cabai. Gulai ini cocok menjadi alternatif untukmu yang bosan dengan gulai berbahan dasar daging.

6. Bubur Sekoi

Selain manisan dan gulai, Bengkulu juga punya bubur dengan bahan tidak biasa, yaitu bubur sekoi. Sesuai namanya, bubur ini dibuat dari sekoi atau biji jewawut yang sering dijadikan alternatif pengganti beras.

——————————————–

Oleh : Anggie Warsito | https://www.goodnewsfromindonesia.id/

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

#DiIndonesiaAja Travel Fair Tawarkan Paket Liburan

Jakarta, 20 November 2023 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan...

Taman Lembah Dewata Lembang, Nuansa Bali di Tanah Pasundan

Taman Lembah Dewata Lembang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di...

10 Makanan Khas Banten yang Bikin Ngiler

Mungkin sudah banyak orang yang familiar dengan Provinsi Banten,...

Berpetualang di Kota London

Adakah diantara kamu yang sangat ingin berpetualang ke London?...

Pesona Pulau Lima Banten

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here