3 Lokasi Sunset Terbaik di Malang

Terlalu banyak daya tarik di kota Malang jika di bahas satu per satu.

Dengan udaranya yang sejuk, Malang menjadi kota wisata utama tujuan para wisatawan. Terlalu banyak daya tarik di kota Malang jika di bahas satu per satu. Namun, jika bingung ingin mencari momen dan lokasi yang romantis, coba saja memandang sunset di tempat berikut ini. Dijamin akan membuat Traveler terpukau akan keindahannya.

Pantai Belakambang

Pantai Belakambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Kawasan ini memiliki bibir pantai yang landai dengan pemandangan sunset yang menawan. Selain itu, di pantai ini terdapat tiga buah pulau kecil yang dinamakan sama dengan tokoh-tokoh pewayangan, yaitu; Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo. Dimana pulau-pulau ini merupakan representasi dari adat istiadat masyarakat sekitar.

Di antara ketiga pulau ini, Pulau Ismoyolah yang paling sering di akses wisatawan. Hal ini karena di Pulau Ismoyo terdapat sebuah pura bernama Amerta Jati yang di bangun dengan konsep yang sama di Tanah Lot, Bali. Selain itu di pura ini sering dilangsungkan upacara adat bagi umat Hindu yang dikenal dengan ritual Jalani Dhipuja. Ritual ini di gelar tiga hari sebelum hari raya Nyepi.

Kemudian puncak dari ritual ini adalah menghanyutkan sesaji ke laut lepas sebagai tanda syukur dan tolak bala. Pulau Ismoyo dapat di jangkau dengan menapaki jembatan sekitar 100 meter dari Pantai Balekambang.
Pantai Belakambang sendiri terletak di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur. Sekitar 70 kilometer dari arah selatan Kota Malang.

Pantai Belekambang di kelilingi oleh batu karang yang membentang di sepanjang pantai. Kemudian yang menarik adalah, ketika air di pantai mulai surut, traveler bisa melihat banyak ikan-ikan cantik yang berenang dan aneka terumbu karang di atas pasirnya yang putih.

Bukit Paralayang

Malang juga dikenal sebagai kota yang melahirkan atlet paralayang Indonesia. Nah, bukit ini merupakan tempat para atlet untuk berlatih. Traveler tentu dapat mencoba juga olahraga ekstrim ini karena tersedia jasa penyewaannya. Selain itu, menghabiskan sore di bukit ini akan menjadi momen terbaik saat berwisata di Malang.

Pemandangan sunset yang menawan dan lampu-lampu dari pemukiman warga di kota batu dari ketinggian dijamin akan membuat terlena. Lokasi bukit gunung banyak yang menjadi tempat paralayang ini alamatnya di Desa Pandesari Kecamatan Pujon, Malang. Berada di sebelah barat Kota Batu. Akses dan rute ke tempat ini sangat mirip dengan wisata menarik di dekatnya yaitu Rumah Pohon Batu Malang. Bisa di akses dengan kendaraan dengan mobil atau sepeda motor.

Kopi Letek

Jika tak ingin melakukan perjalanan jauh-jauh dari pusat kota, kafe ini pilihan terbaik untuk menikmati sunset. Kedai Kopi Letek sebenarnya kecil, namun terdiri dari empat lantai, jadi dapat memandang sunset dengan jelas. Pemandangan matahari terbenam dapat terlihat dengan jelas, karena kafe Kopi Letek ini menghadap gunung yang ada di belakang Alun-alun Kota Batu.

Kopi Letek lokasinya berada di Jalan Diponegoro atau tepat di depan Alun-alun Batu. Pada lantai pertama para pengunjung bisa memesan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Selanjutnya lantai kedua dan ketiga merupakan tempat yang berisi kursi yang memiliki ukuran beragam, sedangkan lantai yang paling atas sendiri adalah rooftop. Kebanyakan para pengunjung yang datang ke cafe ini lebih memilih untuk bersantai ke lantai paling atas. Karena di kawasan rooftop inilah, dapat menyaksikan berbagai macam keindahan mulai dari kelap-kelip lampu di malam hari pada alun-alun batu serta masih banyak lagi.

Sesuai dengan namanya kafe ini menyediakan berbagai macam pilihan kopi yang sangat cocok diseduh pada waktu sore hari maupun malam hari. Dan bagi yang bukan pecinta kopi, bisa memesan menu lain yang disediakan oleh kafe ini mulai dari makanan ringan hingga minuman lain seperti milk shake juga terdapat di cafe ini.

Itulah 3 tempat menikmati sunset dengan romantis di Kota Malang. Jadi, kapan Traveler berkunjung ke Malang? (RK/IPG)