Penjara Banceuy, Monumen Sejarah Yang Terlupakan

Menilik dari sejarahnya, lapas ini memang identik dengan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

foto by Diana, Istimewa

Bandung banyak menyimpan objek wisata sejarah.  Salah satunya yang nyaris terlupakan adalah monumen sejarah Penjara Banceuy.  Monumen ini merupakan peninggalan sejarah saat Sokarno di penjara pada tahun 1929 bersama anggota PNI oleh Belanda.

foto by Diana, Istimewa

Penjara ini berukuran 2,1 X 1,5 meter. Disitu hanya ada barang replika papan kecil beralaskan tikar anyam, teko dan gelas, serta baskom untuk membuang air kecil, juga beberapa photo Soekarno.  Di sekitaran penjara terdapat sedikit penjelasan sejarah mengenai Soekarno, dan di belakang penjara terdapat patung Soekarno yang sedang duduk sambil memegang buku dan pena bercat perunggu.  Patung Soekarno ini dibangun pada tahun 2015, bertepatan dengan peringatan Konferensi Asia Afrika lalu.

Menilik dari sejarahnya, lapas ini memang identik dengan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.  Soekarno yang saat itu menjadi aktifis PNI (Partai Nasional Indonesia) ditangkap Belanda dan dijebloskan ke penjara ini pada bulan Desember 1929.  Makanya, penjara ini pun sampai sekarang identik namanya dengan Sokearno.

by Diana, Istimewa

Untuk masuk ke monumen ini memang tidak dikenai biaya tertentu.  Disana hanya ada sebuah kotak kecil yang bertuliskan kotak amal, yang akan digunakan untuk biaya pemeliharaan monumen ini.  Wisatawan datang kesini, mencari informasi saat Soekarno di penjara disini, juga ada wisatawan yang berdoa, mengenang perjuangan Soekarno.

Adalah seorang yang bernama Pak Ahmad, yang suka rela menjaga dan merawat situs sejarah ini. Pak Ahmad juga menjadi juru kunci yang tahu betul sejarah lapas ini. Kepedulian beliau untuk menjaga keutuhan monumen ini, sangat tinggi.  Beliau rela mengeluarkan kocek pribadinya untuk kebutuhan perawatan situs ini. Pak Ahmad juga pernah dibantu swadaya masyarakat saat memperbaiki atap sel dan memelihara bangunan lapas ini agar tidak semakin lapuk dan hancur.

Pak Ahmad tak pernah merasa menyesal dan terpikir untuk meninggalkan menjaga warisan sejarah ini.  Dia merasa sudah menjadi bagian dan merasa bertanggungjawab sekali untuk melestarikan situs sejarah Soekarno di penjara.

Penjara Banceuy terletak di Jalan Banceuy, Braga, Kec. Sumur Bandung.  Tempatnya memang agak tersembunyi, diantara kepungan ruko-ruko yang sudah vakum alias tidak beraktiftas lagi.  Penjara Banceuy sangat dekat dari Alun-alun. Gunakan goggle map atau waze untuk lebih yakin lagi. Pastikan internetnya lancar.  Dengan XL Axiata yang jaringan internetnya stabil, pencarian anda ini pasti mudah. Untuk memastikan apakah jaringan di daearahmu sudah ter cover,  click disini  yah! #JaringanInternetStabil #Fiberisasi