4 Destinasi Wisata Terbaru di Cilacap

Cilacap memilik keindahan pantainya yang sangat memukau.

Photo By plesircilacap
Photo By plesircilacap

Cilacap memilik keindahan pantainya yang sangat memukau. Yah, posisinya yang berada di bagian selatan Pulau Jawa, membuat Cilacap memiliki banyak pantai dengan keindahannya yang beragam. Selain pantai, Cilacap juga memiliki destinasi-destinasi wisata lainnya seperti bukit, dan destinasi sejarah yang semuanya asyik untuk didatangi.
Berikut ini, 4 destinasi wisata yang baru di Cilacap, yang bisa traveler hunting untuk wisata berikutnya!

Pantai Widara Payung

Photo By friskarahmah
Photo By friskarahmah

Pantai ini terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jaraknya hanya 40km dari Cilacap. Tiket masuk ke tempat ini tergolong murah, traveler hanya mengeluarkan Rp10 ribu dan tambahan biaya parkir motor Rp3 ribu serta biaya parkir mobil Rp5 ribu.

Pantai Widara Payung pernah rusak karena diterjang tsunami. Namun, pemerintah dan masyatakat setempat berhasil memperbaikinya kembali. Pantai ini selalu ramai dikunjungi saat musim liburan, dan para traveler dari berbagai daerah pun berbondong-bondong mengunjunginya.

Ketika berkunjung ke sini, traveler akan disuguh oleh pantai landai berpasir hitam lembut, angin sepoi-sepoi, serta ombak yang cukup besar. Bagi traveler yang ingin menantang nyali, bisa berselancar di Pantai Widara Payung ini. Terdapat juga peralatan yang bisa traveler sewa, dengan biaya Rp.30 ribu. Selain itu jika traveler ingin mengelilingi pantai ini, traveler dapat menyewa ATV yang telah disediakan. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjual maknanan dan cemilan untuk mengisi perut.

Gunung Selok

Photo by febritapr
Photo by febritapr

Dari atas Gunung Selok, Traveler akan merasakan udara yang sejuk nan segar, serta dapat melihat hijaunya panorama pegunungan dan kota-kota selatan Pulau Jawa. Selain itu, Gunung Selok menyediakan spot-spot yang cantik untuk foto dan spot untuk menikmati pemandangan, misalnya Gardu Panjang yang bisa traveler manfaatkan untuk melihat panorama secara luas. Ketakjuban lainnya adalah di spot Gunung Selok View, disini traveler akan melihat megahnya Pantai
Laut Selatan.

Gunung Selok terletak di Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tempat ini mempunya berbagai mitos. Salah satunya adalah bahwa Gunung Selok ini merupakan tempat bersemedinya para Dewa. Sampai sekarang pun masih ada orang-orang yang bersemedi dan berziarah. Banyak juga dari mereka yang sekadar untuk menenangkan pikiran. Jadi traveler jangan kaget kalau melihat hal-hal tersebut.

Curug Cimandaway

Photo By dikaas13
Photo By dikaas13

Curug Cimandaway merupakan curug tertinggi di Kabupaten Cilacap. Curug ini selalu ramai dikunjungi saat musim libur tiba. Curug tersebut terletak di Dusun Serang, Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Karena letaknya di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat maka banyak Traveler yang mengunjunginya dari kota-kota Jawa Barat.

Ketika berkunjung, disambut dengan udara sejuk dan pemandangan pepohonan yang tumbuh tinggi seakan memayungi para traveler. Air terjun di Curug Cimandaway mempunyai ketinggian sekitar 150m. Airnya mengaliri 2 sungai, yaitu Sungai Cidayeuh dan Sungai Cikawalon. Traveler bisa bermain air, mandi di bawah air yang jatuh dari atas, dan bisa juga berenang. Tempat ini bisa dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Benteng Pendem

Photo By brnk27
Photo By brnk27

Benteng Pendem dibangun pada tahun 1816 oleh pemerintah Belanda dan memakan waktu pembangunan sekitar 20 tahun.
Pada saat itu, benteng ini digunakan untuk kantor pemerintahan sekaligus benteng pertahanan.
Dulunya Benteng Pendem bernama Kustbatterij Op De Landtong Te Cilacap yang berarti benteng di atas tanah dan menjorok ke laut seperti lidah. Namun, namanya dirubah menjadi Benteng Pendem karena letaknya berada di dalam tanah.

Banyak ruangan-ruangan bersejarah, seperti ruang rapat, klinik, ruang pengintai, dan gudang senjata. Tempatnya sangat keren dan cantik, bagus sekali untuk selfie. Masih banyak hal-hal menarik yang ada di Benteng Pendem. Dan tempat ini sebenarnya sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata yang lebih indah. (AS/IPG)