Menikmati Pesona Alam di Bukit Tranggulasih Banyumas

Pesona Bukit Tranggulasih ini, bukit yang lagi tren di Banyumas.

photo by id_banyumili
photo by id_banyumili

Bumi Indonesia memang luar biasa mengagumkan. Begitu banyak destinasi wisata yang dimilikinya. Mulai dari yang paling favorit aneka keindahan pantai, laut dan pulau serta situs-situs sejarah yang mengesankan. Dan juga Bukit, tak kalah cantik untuk dinikmati. Seperti pesona Bukit Tranggulasih ini, bukit yang lagi tren di Banyumas.

Bukit Tranggulasih terletak di Desa Windujaya, Kecamatan Kadungbanteng, Banyumas. Bukit ini berjarak 20km dari Purwokerto dan berbatasan dengan Baturaden, sehingga biasa disebut Bukit Tranggulasih Baturaden.

photo by mendoan_perwira
photo by mendoan_perwira

Untuk menuju ke lokasi, traveler bisa melalui Desa kemudian ke Curug Gomblang. Selain itu juga bisa melalui Curug Gede Baturaden kemudian berjalan kaki sekitar 300m dari tempat tersebut. Untuk bisa menikmati panorama Bukit Tranggulasih, traveler harus merogoh kocek yang cukup murah, yaitu Rp8ribu dan biaya parkir motor Rp5.000.

Panorama di bukit ini sangat mengesankan, mata akan dimanja oleh hamparan hijaunya pepohonan serta udara sejuk. Dari ketinggian 750 mdpl ini, traveler dapat melihat indahnya kota-kota sekitar bukit, seperti Kota Purwokerto, Purbalingga, dan Pemalang.

photo by oviocvi
photo by oviocvi

Banyak bekas jalur motor cross dan offroad di Bukit Tranggulasih. Karena memang di sini sempat dijadikan arena crosser dan offroader. Traveler bisa memacu adrenalin dengan mencobanya. Beberapa traveler menjadikan bukit ini sebagai tempat camping. Bagi traveler yang ingin camping di sini bisa menyewa tenda berkapasitas 4 orang dengan harga sewa sebesar Rp50 ribu per malam.

photo by niaayudya21
photo by niaayudya21

Karena pepohonan rindang yang tumbuh di sekeliling bukit, membuat udara di sini sangat sejuk, sehingga bisa merasakan tenang, nyaman, dan segar kembali. Traveler bisa menikmati sunrise dan sunset yang begitu eksotis dari atas bukit, sembari minum kopi yang bisa dibeli di warung-warung sekitar bukit. Jadi jangan khawatir kalau kehabisan bekal, traveler bisa menjajal makanan dan cemilan-cemilan yang ada di warung tersebut. (AS/IPG)