Keindahan Puncak Gunung Andong

Gunung Andong, yang terletak di antara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang yang memiliki ketinggian kurang lebih 1726 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung bertipe perisai yang melingkari Kabupaten Magelang.

photo by datawisata.com
photo by datawisata.com

Menikmati sunrise di Gunung Andong, menjadi satu ‘moment’ yang istimewa, tersihir akan keindahan siluet gunung dini hari. Gunung Andong, yang terletak di antara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang yang memiliki ketinggian kurang lebih 1726 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung bertipe perisai yang melingkari Kabupaten Magelang. Destinasi wisata Gunung Andong yang ada di Kota Magelang ini, menjadi jujukan wisatawan dari berbagai daerah, baik Magelang, maupun dari luar kota seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya. Puncak gunungnya menjadi salah satu tempat berburu sunrise yang menampilkan warna keemasan yang begitu menakjubkan.

Pemandangan matahari terbit ini kurang lebih dimulai pukul 05:30 sampai pukul 06:00. Moment ini dapat menghipnotis Traveler yang penuh semangat melawan hawa dingin dan angin, untuk mengabadikan setiap moment indah di sini. Keindahan yang mempesona ini akan berhasil menghilangkan rasa lelah para pendaki.

photo by viapendaki.com
photo by viapendaki.com

Gunung Andong memiliki 4 puncak sekaligus, yang berjejer-jejer membentang dari arah barat hingga timur yaitu, Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Puncak paling tertinggi adalah Puncak Andong, sedangkan Puncak Jiwa menjadi tempat istirahat dan camping ground, dimana disitu dapat mendirikan tenda untuk menunggu moment matahari terbit.

Pemandangan di puncak biasa disebut dengan 360 derajat, karena hanya dengan memutar badan 360 derajat saat di puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta Puncak Gunung Andong lainnya.

Gunung Andong sangat diminati karena merupakan gunung yang ramah untuk para pendaki. Bukan hanya karena jalur pendakiannya yang tergolong mudah dan cocok untuk pendaki pemula, tetapi juga karena tidak menghabiskan banyak waktu untuk mendakinya. Estimasi waktu yang diperlukan dari basecamp sampai ke puncak Gunung Andong, hanya memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam saja. Jika mendaki dimalam hari, sebagian jalur menuju puncak Gunung Andong akan menyuguhkan kerlap-kerlip lampu Kota Magelang yang menawan.(DT)