Pesona Bawah Laut Pulau Samatellu

Hamparan pasir putih siap menyambut Traveler, dan rasakan langsung kehalusan pasir nya. Di sekitar pulau, jejeran pepohonan rimbun siap menyambut kedatangan traveler untuk menuju ke penginapan.

photo by wisataoky.com
photo by wisataoky.com

Pulau Samatellu di Sulawesi Selatan menyimpan pontensi bahari yang begitu besar. Jejakkan kaki telanjang traveler di pasir putihnya, dan nikmati keindahan terumbu karang. Panorama yang indah siap menyedot perhatianmu. Pulau Samatellu termasuk dalam wilayah Desa Mattiro Walie, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki sumber daya alam yang begitu besar. Hal ini terlihat dari banyaknya ikan dan terumbu karang indah yang begitu banyak. Pemandangan serta udara Pulau Samatellu juga masih sangat bersih.

Hamparan pasir putih siap menyambut Traveler, dan rasakan langsung kehalusan pasir nya. Di sekitar pulau, jejeran pepohonan rimbun siap menyambut kedatangan traveler untuk menuju ke penginapan. Kondisi Pulau Samatellu masih sangat alami, jadi jika ingin menginap, traveler bisa menumpang di rumah warga. Walau belum tersedia fasilitas yang memadai untuk para wisatawan, justru inilah kelebihannya. Turis yang datang bisa mengenal langsung kehidupan warga pulau lebih dekat.

photo by jalanwisata.id
photo by jalanwisata.id

Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah snorkeling dan diving. Pastikan Traveler menjadi saksi melihat keindahan terumbu karang yang ada di Pulau Samatellu. Menyelamlah lebih dalam lagi dan temukan Padang Lamun. Bagi yang belum tahu, Padang Lamun adalah ekosistem khas laut dangkal di perairan hangat dan dipenuhi tumbuhan lamun atau seagrass.

Bukan hanya seagrassnya saja, di Pulau Samatellu ini traveler dapat menjumpai terumbu karang yang lumayan bagus dengan keanekaragaman jenis yang melimpah, serta terdapat banyak ikan hias lainnya. Terumbu karang sudah jelas tidak perlu di ragukan lagi, warna dan kerapatanya sangat rapat sehingga terkadang Traveler dapat menjumpai terumbu karang yang besar dan berdiri tegak seperti kerucut.

Adapun ikan yang sering dijumpai di pulau ini seperti Crhomis sp, yaitu ikan kecil biru yang bergerombolan di antara karang acropora, ataupun ikan yang lumayan besar seperti baronang ataupun kerapu. Selain menyelam, traveler yang datang juga bisa melihat aktivitas menangkap ikan yang dilakukan penduduk pulau. Biasanya, mereka menggunakan alat tangkap jaring insang dan pancing untuk menangkap ikan. Traveler pun bisa ikut melaut bersama nelayan di lokasi ini.

Biasanya, jenis ikan yang ditangkap adalah ikan baronang, kerang, cumi-cumi, bahkan tak jarang kepiting. Menikmati hasil tangkapan sendiri di tepi pantai Pulau Samatellu, sambil menikmati semilir angin terasa begitu sempurna.(DT)