4 Kuliner Bali yang Menggoda Lidah Anda

Kuliner Bali juga tidak kalah menarik buat dieksplorasi

Bali tak bisa di pungkiri memiliki alam yang sangat eksotis. Keindahannya selalu bikin anda ingin balik dan eksplor lebih jauh lagi. Tapi tidak cuma itu, kuliner Bali juga tidak kalah menarik buat dieksplorasi. Makanan khas Bali tidak terlepas dari budaya dan tradisinya. Konon, beberapa makanan tersebut bahkan sudah berusia sama tua dengan budaya itu sendiri.

Lawar

Campuran sayuran, daging cincang, dan bumbu khas Bali ini terasa sangat nikmat disantap, terutama selagi hangat. Tambah sate lilit sebagai pelengkap, yummie! Lidah akan dimanjakan dengan kuliner Bali yang satu ini.

Betutu

Menurut legenda yang beredar, betutu adalah salah satu makanan favorit raja terdahulu. Mengingat cara memasaknya yang agak ribet, tidak heran sih kalau betutu jadi makanan raja. Butuh waktu sekitar 8 jam untuk mengolah ayam atau bebek sampai mendapat tekstur yang diinginkan dan semua bumbunya meresap ke daging. Soal rasa, jangan ditanya. Proses memang tidak mengkhianati hasil!

Nasi tepeng

Meski namanya nasi, tapi nasi tepeng ini sebenarnya bertekstur lembek seperti bubur, yang disiram bumbu rempah-rempah ala Bali. Nasi tepeng disajikan dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Nasi tepeng adalah makanan tradisional Bali, khususnya daerah Gianyar, yang biasa dijadikan menu sarapan.

Tum

Mirip seperti pepes, Tum adalah campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua bahan tersebut dibungkus daun pisang lalu dikukus. Kadang, daging ayam untuk tum juga digantikan dengan daging bebek atau babi.(DT)