5 Makanan Khas Kediri yang Enak

Kota Kediri menyimpan banyak kuliner khas, apalagi kalau bukan makanan tradisionalnya yang memiliki cita rasa enak.

Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Sampai saat ini Kediri merupakan pusat perbelanjaan utama untuk industri gula yang ada di Indonesia.  Kota ini juga dikenal dengan Monumen Simpang Lima Gumul yang mirip dengan Monumen Arc de Triomphe Paris.  Selain wisata alamnya yang membuat anda terpesona, Kediri juga menyimpan banyak kuliner khas, apalagi kalau bukan makanan tradisionalnya yang memiliki cita rasa enak.

Berikut beberapa kuliner Kediri yang wajib Traveler coba!

Soto Kediri

Sekilas soto ini mirip soto ayam pada umumnya. Selain memiliki rasa yang khas, cara penyajiannya pun berbeda. Traveler yang sedang singgah ke Kediri sebaiknya  menyempatkan waktu menyantap seporsi soto kediri ini.

Soto ini memiliki cita rasa yang sangat khas pada kuahnya yang berasal dari santan. Selain rasa gurih, teksturnya terasa halus saat dimulut. Soto Kediri terasa spesial jika ditambah ayam bakar. Paduan lengkap yang memberikan sensasi tersendiri.

Sate Bekicot

Selain di Indonesia, Prancis menjadikan bekicot sebagai makanan yang selalu disajikan saat kapan pun. Untuk traveler yang ingin mencoba sate bekicot  bisa datang ke Desa Djengkol, Ploso Klaten, Kediri, tepatnya di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Tak hanya menyediakan sate bekicot, tempat makan ini juga menyediakan krengsengan bekicot, keripik bekicot, dan oseng-oseng bekicot. Tunggu apalagi buruan datang dan nikmati kuliner ekstrem ini.

Tahu Takwa

Tahu kuning atau tahu takwa, menjadi salah satu makanan khas Kota Kediri. Warna kuning pada tahu tersebut berasal dari rendaman kunyit dan bumbu lainnya. Penggunaan nama takwa berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma.

Memiliki aroma yang gurih membuat kalian  ingin merasakan tahu tesebut.  Ketika digoreng, kulit luar pada tahu tersebut terlihat crispy, tapi bagian dalamnya tetap lembut.

Gethuk Pisang

Selain 3 macam kuliner di atas, salah satu kuliner yang perlu dicoba adalah Gethuk Pisang. Olahan dari pisang ini rasanya manis, sedikit asam dan rasa legitnya membuat kalian ketagihan.

Makanan ini dibentuk seperti lontong dan dibalut dengan daun pisang. Gethuk pisang adalah oleh-oleh khas Kediri yang populer.

Nasi Pecel Tumpang

Nasi pecel khas Kediri ini biasanya disajikan di atas “pincuk” daun pisang. Biasanya dihidangkan saat nasi masi mengepul hangat, lalu diatasnya diberi sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda dan kecambah, lalu disiram sambal pecel dan sambal tumpang.

Sambal tumpang memiliki rasa yang pedas, asin, gurih dan dipadu dengan sambel pecel yang terasa pedas manis menjadi kombinasi yang sangat melezatkan.  Jika Traveler mampir ke Kota Kediri, referensi nasi pecel tumpang yang rekomendasi berlokasi di Jalan Doho. (RK/IPG)/Dok: Sotopodjok