5 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Tarakan

Kota ini juga menjadi pusat perdagangan sekaligus tempat transit yang menyediakan fasilitas memadai.

photo by anthon_kun
photo by anthon_kun

Bumi Paguntaka atau Kota Tarakan merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Kota ini juga menjadi pusat perdagangan sekaligus tempat transit yang menyediakan fasilitas memadai. Penangkaran Buaya Juwata merupakan tempat wisata unggulan Tarakan. Namun tidak hanya itu, kota ini mempunyai beberapa tempat wisata yang mempesona.

Terdapat tempat-tempat wisata lainnya yang wajib traveler kunjungi saat berlibur di Tarakan. Berikut kami rangkum 5 tempat wisata yang harus dimasukan ke dalam daftar liburan traveler.

Taman Berlabuh

photo by niiken_larass
photo by niiken_larass

Taman Berlabuh terletak di Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Berjarak 5 km dari pusat kota dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Taman ini sedang hits di kalangan anak muda. Namun Taman Berlabuh sempat ditutup karena beberapa anak muda merusak fasilitas yang ada di taman ini.

Dan saat ini, keadaan taman ini sudah seperti semula. Taman Berlabuh merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Karena tempatnya berada di dekat dermaga dan banyak fasilitas bermain untuk anak-anak. Seperti sepatu roda, air mancur, dan sepeda-sepeda kecil.

Selain itu, traveler juga dapat menikmati pepohonan yang ditanam di sekitar taman. Udara sejuk, deburan ombak, semilir angin, semakin menambah suasana yang tenang ketika menikmati matahari terbenam.

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu terletak di Tanjung Pasir, Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Lokasi pantai ini sekitar 2 km dari Kota Tarakan dan memakan waktu sekitar 2 jam. Untuk menuju ke lokasi traveler harus menggunakan motor, karena kalau menggunakan mobil, perjalanan hanya sampai di Tanjung Pasir.

Suasana Pantai Tanjung Batu cukup hening. Belum banyak traveler yang mengunjunginya. Di sini traveler akan melihat beberapa karang kecil yang bertengger di bebatuan. Keunikan pantai ini adalah hamparan pasir lembut dan batu-batu yang berselirak. Tempat tersebut menjadi spot favorit untuk berfoto-foto bersama keluarga atau teman-teman. Ketika berkunjung ke sini, sangat disarankan membawa tikar dan bekal makanan-minuman dari rumah. Dan berhati-hatilah saat berjalan di sini, karena banyak bebatuan yang licin.

Agrowisata Karungan

Agrowisata Karungan terletak di Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Nuansa pedesaan disertai sejuknya udara dan kicauan burung-burung dapat dinikmati di Agrowisata Karungan.

Tempat ini menawarkan fasilitas yang lengkap untuk eksplore. Di sini ada air terjun, dimana traveler bisa bermain-main, mandi di bawah air terjun, serta berenang, dan memancing. Selain itu juga terdapat kebun sayur serta buah-buahan yang dapat traveler petik. Bagi traveler yang menyukai tantangan, di sini juga terdapat outbound dan flyingfox. Tentunya Agrowisata Karungan menyediakan spot-spot foto yang menarik.

Karena sarana dan fasilitas di sini memadai, tampat wisata Agrowisata Karungan menjadi salah satu tempat favorit masyarakat sekitar. Sangat disarankan untuk berkunjung saat sepi supaya bisa puas mengeksplor Agrowisata Karungan. Namun, itu sepertinya akan susah mengingat tempat ini selalu ramai.

Museum Flora Fauna Roemah Boendar

Bagi traveler yang ingin berlibur sembari belajar, datanglah ke tempat ini, Museum Flora Fauna Roemah Boendar. Dulunya tempat wisata ini merupakan cagar budaya di Kota Tarakan. Namun seiring waktu berjalan, tempat ini dijadikan obyek wisata edukasi.

Museum tersebut berada di Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Tempat yang dibangun pada tahun 1945 ini diberi nama Roemah Boendar karena memang bentuk atapnya setengah lingkaran dengan ukuran 12×6 meter.
Di sini terdapat benda-benda bersejarah peninggalan masa penjajahan Jepan dan Belanda. Bahkan terdapat dokumentasi sejarah Perang Dunia II. Selain benda-benda bersejarah, di sini juga terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna. Liburan yang mengesankan karena bisa menambah ilmu pengetahuan.

Rumah Adat Baloy Tidung

photo by nandiar98
photo by nandiar98

Kurang sah rasanya kalau berlibur ke Kota Tarakan tetapi tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Boloy Tidung merupakan rumah adat masyarakat Suku Tidung. Rumah adat ini terletak di Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Rumah ini dibuat dari kayu ulin. Struktur bangunannya pun unik, karena tidak berpijak di tanah, mengarah ke Utara, dan pintu utama mengarah ke Selatan. Di sini traveler bisa menikmati kebudayaan dan seni arsitektur suku Tidung. Traveler juga bisa memakai baju adat suku tersebut.

Rumah Baloy terbagi menjadi 4 ruang utama yang biasa disebut Ambir dan memiliki fungisnya masing-masing. Ambir Kiri atau Alad Kait berfungsi sebagai tempat untuk menerima aduan dari masyarakat.

Ambir Tengah atau Lamin Bantong berfungsi sebagai tempat sidang pemuka adat untuk memutuskan perkara. Sedangkan Ambir Kanan atau Ulad Kemagod adalah tempat untuk beristirahat seusai sidang. Dan yang terakhir adalah Lamin Dolam yang berfungsi sebagai singgasana Kepala Adat Besar Suku Tidung.

Untuk masuk ke tempat ini traveler hanya mengeluarkan Rp.5.000. Jadi tunggu apalagi, ayo nikmati keindahan yang ada di Kota Tarakan. (AS/IPG)