5 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Mirip Luar Negeri

Kenapa harus jauh-jauh ke luar negeri, jika di Indonesia saja kalian bisa mendapatkan pemandangan layaknya di luar negeri.

Buat traveler yang ingin menikmati pemandangan seperti di luar negeri tapi terkendala masalah budget, jangan khawatir. Kenapa harus jauh-jauh ke luar negeri, jika di Indonesia saja kalian bisa mendapatkan pemandangan layaknya di luar negeri. Redaksi Indonesiatraveler.id merangkum tempat wisata di Jawa Barat dengan panorama secantik Asia dan Eropa, berikut ulasannya.

Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung

Berbicara keindahan alam kota Bandung memang tak ada habisnya. Jika melihat foto-foto yang banyak diunggah di media sosial, mungkin akan mengira foto tersebut diambil di hutan saat hiking di Eropa, padahal foto tersebut diambil Forest Walk, Babakan Siliwangi. Tepatnya di Jalan Siliwangi Nomor 7, Coblong, Bandung.

Forest Walk Babakan Siliwangi ini biasa juga disebut hutan Baksil. Sangat cocok bagi traveler yang ingin berjalan-jalan menghirup udara segar saat penat dengan suasana kota. Untuk memasuki kawasan hutan baksil ini, Traveler tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, dan hutan baksil ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Tapi jika menginginkan hasil foto yang sempurna kamu bisa datang saat matahari terbit atau tenggelam.

Balitsa, Lembang

Jika Traveler menduga ini adalah Nami Island di Korea, itu salah. Ini adalah Balitsa, alias Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran, yang terletak di Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Sesuai namanya Balitsa, merupakan tempat penelitian dan pengembangan tanaman dan hortikultura. Jadi selain berwisata, Traveler juga dapat belajar disini.

Kabar baiknya, kawasan Balitsa ini dekat dengan obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu, Ciater, Maribaya dan Jayagiri. Traveler cuma perlu merogoh kocek sejumlah Rp5.000 saja.

Vihara Vipassana Graha Bandung

Coba tebak lagi ini dimana? Thailand? Bukan! Ini adalah vihara Vipassana Graha, Bandung. Tepatnya di kawasan Parongpong, Lembang. Vihara ini masih aktif digunakan untuk beribadah bagi pemeluk agama Budha di Bandung, tetapi vihara ini bebas dikunjungi oleh semua orang yang ingin melihat-lihat atau berfoto.

Selain bangunan berarsitektur ala Thailand ini, di sekitar vihara juga ada pagoda bertumpuk dan gapura yang cantik, serta ada pula dua patung gajah yang dapat digunakan sebagai spot berfoto bagi para pengunjung. Untuk masuk ke kawasan vihara Vipassana Graha ini, para pengunjung cukup memberikan derma seikhlasnya di tempat yang telah disediakan.

Masjid Pusdai Bandung

Jika tadi sudah berjalan-jalan di vihara ala Thailand, berikutnya adalah masjid Pusat Dakwah Islam, atau lebih dikenal dengan Masjid Pusdai Bandung. Berlokasi di Jalan Diponegoro No. 63 Cihaur Geulis, Cibeunying kaler, Bandung.

Ciri khas dari bangunan masjid ini adalah tidak berkubah, sebagai gaya bangunan khas Sunda. Meski begitu karena dipadukan dengan arsitektur khas timur tengah, keindahannya dapat membuat orang mengira masjid ini berlokasi di timur tengah. Selain beribadah kamu juga bisa berfoto bagi penyuka fotografi arsitektur.

Wisata Pohon Miring Pancawati, Karawang

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Jika Traveler sudah berkeliling Bandung, maka tak ada salahnya untuk mampir ke Karawang untuk melengkapi perjalanan keliling dunia ini.

Di Karawang ada tempat wisata yang cukup unik, yaitu pohon miring Pancawati, perpaduan kemiringan pohon yang harmonis menyajikan pemandangan yang indah, ditambah lagi hawa rindang di tempat ini. Tak kalah cantik dari panorama yang ditawarkan oleh pariwisata ala-ala India ini. (AM/IPG)