Pizza Andaliman, Makanan Italia di Tanah Batak

Jika Traveler berkunjung ke Danau Toba, maka Balige adalah salah satu kota yang harus dikunjungi. Menikmati Danau Toba tak hanya bisa dilakukan di Parapat atau Pulau Samosir saja. Ibukota dari Kabupaten Toba Samosir ini menawarkan wisata budaya selain menikmati keindahan alam Danau Toba. Yah, Traveler penyuka sejarah bisa mengunjungi Museum Batak dan Museum TB Silalahi yang letaknya berdampingan, atau jika ingin melihat pembuatan ulos bisa mengunjungi Pasar Tobasa Balige. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah wisata kulinernya.

Salah satu kuliner unik yang sedang ngehits di Balige adalah Pizza Andaliman. Makanan yang terkenal dari negeri Menara Pisa ini diolah dengan cita rasa bumbu lokal khas tanah Batak, yaitu andaliman. Penasaran kan dengan rasanya seperti apa?

Andaliman dikenal dengan nama “merica batak” karena rempah-rempah ini sering ditemukan pada masakan batak seperti, arsik, saksang ataupun mie gomak. Bumbu yang dikenal dengan bahasa latin Zanthoxylum Acanthopodium, berasal dari family keluarga jeruk, sensasi saat mencicipinya adalah hal unik karena akan memberikan sensasi menggetarkan lidah, membuat lidah seakan mati rasa.

Sekilas bentuknya sama dengan pizza waralaba yang sering ditemukan di kota-kota besar, tampilan yang menarik dengan campuran irisan daging dan aneka sayuran lokal yang mudah didapatkan di pasar tradisional seperti tomat, timun, jagung, kacang panjang, wortel, kembang kol dan daun bawang sungguh menggugah selera.

Hal yang menarik pada pizza andaliman terletak di sausnya. Ada 3 jenis saus yang dihidangkan dengan piring yang panjang, saus mayonaise, saus cabe dan saus andaliman.
Ketika mulai mencoba makanan yang sedang populer ini, salah satu karyawati Pizza Andaliman menyarankan untuk mengoleskan seluruh slice pizza terlebih dahulu dengan andaliman.

Dan, perpaduan antara pizza dengan andaliman ternyata luar biasa. Tak disangka, rasa roti ala italia ini akan menyatu dengan andaliman. Perpaduan rasa internasional dengan cita rasa lokal sangat cocok di lidah dan bikin ketagihan.

Untuk harga seporsi Pizza Andaliman ini dibanderol dengan harga Rp60 ribu. Café Pizza Andaliman yang selalu dipenuhi wisatawan ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Terletak di jalan Patuan Nagarai, Pardede Onan, Balige, Kabupaten Samosir. Jika Traveler dari arah Bandara Silangit hanya menempuh 20 menit perjalanan ke tempat ini. (RK/IPG)

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Liburan di Filipina, Dimas Anggara-Nadine Chandrawinata Berendam di Bak Luar Ruang

Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memang suka traveling atau berpergian,...

Mengenal Tradisi Jogja yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan Jogja menjadi destinasi wisata favorit wisatawan...

Gubernur Arinal berharap ajang Puteri Indonesia dapat mengenalkan potensi wisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung...

Inilah Makanan Khas Bali yang Halal Dikonsumsi

Traveler muslim gak perlu khawatir lagi untuk wisata kuliner...

Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Melbourne, Australia

Kalau berkunjung ke Australia rasanya akan makin seru saat...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here