5 Tempat Wisata di Tegal yang Mempesona

Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk refreshing.

photo by dolantegal

Tegal, Jawa Tengah terkenal dengan minuman teh tjap poci dan warteg yang melegenda. Namun di samping itu kota bahari ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Di sini banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk refreshing. Namun sebelum berkunjung ke Tegal, alangkah baiknya simak dulu 5 rekomendasi tempat wisata berikut ini.

Pantai Alam Indah

Terletak di Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Satu-satunya cara untuk kesini hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum di kawasan ini. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Sedangkan harga tiket masuk Pantai Alam Indah adalah Rp5.000 per orang. Untuk biaya parkir motor Rp3.000, dan untuk mobil Rp. 5.000. Harga yang cukup murah untuk bisa menikmati keindahan di tempat wisata ini. Lalu apa yang ditawarkan pantai dengan bibir pantai yang panjang ini?

Pantai Alam Indah adalah tempat wisata yang sangat cocok kalian kunjungi bersama keluarga. Suasana yang tenang, angin semilir, perahu nelayan-nelayan berlayar, ombak landai akan menjadi teman kalian. Apalagi jika berkunjung di sore hari, Pantai Alam Indah sangat terlihat indah ketika senja menyapa para wisatawan.

Di sini juga kamu bisa memancing, bermain pasir, dan berlayar. Untuk memancing, alangkah baiknya kalau kamu membawa alat pancing sendiri, karena pengelola belum menyediakan penyewaan alat pancing. Dan untuk berlayar menikmati secara utuh pantai ini dikenakan biaya Rp300.000 sampai Rp500.000 untuk 10 penumpang dalam satu kali berlayar. Maka sangat dianjurkan datang bersama keluarga, rombongan, atau orang-orang terkasih.

Pantai Purwahamba Indah

Selain Pantai Alam Indah, ada satu lagi pantai yang wajib dikunjungi. Yaitu Pantai Purwahamba Indah atau yang lebih dikenal dengan Purin. Pantai Purwahamba Indah mudah sekali dijangkau karena letaknya bersisian dengan Jalur Pantai Utara. Tepatnya di  Jalan Raya Tegal–Pemalang Kmb14.

Tiket masuk di pantai ini murah meriah Rp7.000 untuk dewasa, Rp5.000 untuk anak-anak di hari biasa. Sedangkan di hari libur, tiket masuk untuk dewasa Rp10.000 dan anak-anak Rp5.000.

Ombak yang tenang, pasir hitam lembut dan bersih, hembusan angin yang menambah suasana pantai menjadi daya tarik tersendiri Pantai Purwahamba Indah. Saat matahari mulai terbenam adalah waktu yang ditunggu bagi para wisatawan. Mereka menikmati sunset ditemani pepohonan di pinggir pantai yang akan membuat mereka merasa nyama dan tak lupa mengabadikannya dalam bentuk foto.

Tidak hanya itu, di sini juga ada tempat bermain anak yang tak kalah menarik. Ada sepeda air, waterboom, kereta mini, kebun binatang mini, taman, dan lainnya. Selain tempat untuk anak-anak, di Pantai Purwahamba tersedia kolam renang, replika pesawat terbang, meeting room, kafe, gazebo, dan toilet. Ada pula warung makan yang bisa memanjakan lidah.

Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa atau yang lebih dikenal dengan Batu Agung berada di perbatasan Desa Harjawinangun dan Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Masyarakat setempat menyebutnya Goa Lawa karena di sini banyak kelelawar.

Bukit Goa Lawa buka setiap hari, dari jam 12.00 sampai 18.00 WIB di hari senin-jumat. Sedangkan di hari sabtu san minggu, buka dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB. Untuk biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang dan Rp5.000 untuk parkir.

Menuju ke lokasi, ada baiknya traveler memakai sepatu. Karena medannya cukup sulit, apalagi bagi pemula tentu medannya cukup ekstrim. Banyaknya batu-batu besar yang harus didaki, bahkan di spot tertentu ada tanjakkan yang cukup suram. Jadi akan lebih baik jika kalian berkunjung didampingi oleh yang lebih berpengalaman. Setelah sampai di puncak bukit 434 mdpl kalian akan disuguhkan oleh pemandangan kemegahan Gunung Slamet, beberapa pegunungan, dan hutan-hutan di sisi lainnya.

photo by wisataalamjateng

Bukit Cepu

Berada di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Untuk menuju ke bukit ini cukup sulit lantaran hanya ada jalan setapak menanjak dan anak tangga dari tanah sekitar 950 buah, sehingga kendaraan diparkir di bawah bukit.

Tiket masuk Bukit Cepu sebesar Rp5.000 di hari biasa dan Rp8.000 hari Sabtu-Minggu. Setiap tempat wisata mempunyai jadwal buka tutup, begitupun Bukit Cepu.

Siapkan tenaga untuk menuju ke puncak. Tapi jangan khawatir, setelah sampai di atas, traveler akan dimanjakan dengan udara segar, pemandangan Gunung Slamet di sisi tenggara bukit, banyak pohon-pohon cemara, serta pinus yang menjulang tinggi. Dan jangan lupa abadikan momen saat di puncak sana. Upload photo keren anda ini ke sosial media.  XL Axiata yang jaringan internetnya stabil, memudahkan untuk meng-upload photo-photo.  Click disini untuk memastikan jaringan didaerahmu sudah tercover jaringan XL Axiata.

Curug Putri

Curug Putri terletak di Desa Dukuh Banda, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Tapi jika kamu masih bingung, kamu bisa ketik Curug Putri di google maps. Harga tiket masuk Curug Putri sekitar Rp5.000 di hari libur dan Rp3.000 di hari biasa.

Curug Putri adalah air terjun setinggi kurang lebih 25 meter yang memisahkan Desa Dukuhbenda, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal dengan Desa Padanama, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.  Dulunya curug ini mempunyai 2 pancuran air terjun makanya sering disebut curug kembar. Namun seiring waktu berjalan debit air semakin kecil sehingga sekarang tersisa satu pancuran air terjun. Curug ini dihiasi tebing-tebing batu membentuk ukiran alami yang indah apabila dipandang. Di sini Traveler bisa menghirup udara segar dan tentunya mandi di bawah air terjun. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi (AS/IPG)