5 Wisata Hutan Pinus Yang Seru Abis!!

Aroma Khas Hutan Pinus-nya Sangat Dirindukan

Grafika Cikole
Grafika Cikole yang menyejukkan

Mencari sensasi baru dengan nuansa yang tidak biasa, wisata hutan pinus jadi pilihannya! Apalagi, saat ini sejumlah wisata hutan pinus banyak tersebar di seluruh Indonesia, dengan keindahan dan keunikan masing-masing.  Menikmati alam, merasakan kesegaran dan kesejukan udara di antara pepohonan, sekaligus bermain dan berfoto dengan nuansa yang Instagramable, sungguh sangat menyenangkan!

Berikut ini, Indonesiatraveler.id mengangkat 5 wisata hutan pinus dengan keseruan nya yang tak terkira.  Apa saja, yuk simak!

Hutan Pinus Bissolor
Hutan Pinus Bissolor

Hutan Pinus Bissolor, Gowa – Selawesi Selatan

Hutan Pinus Bissoloro terletak di Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan ini, keindahananya sangat luar biasa, tak heran hal ini mencuri perhatian banyak wisatawan. Keindahan hutan pinus yang berada dalam wilayah Indonesia Timur ini, memiliki banyak pesona dan daya tarik, mulai dari spot asyik untuk beraktivitas alam, dari sekedar leha-leha santai di atas hammock, bisa juga bermalam disini dengan kemping bersama teman-teman.

Untuk menuju ke Desa Bissoloro, dari pusat Kota Makassar yang  hanya berjarak 50 km, Traveler akan menghabiskan waktu perjalanan melalui kendaraan roda empat selama kurang lebih 1,5 jam.  Serunya lagi, selama perjalanan, pandangan mata akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan bendungan Bili-Bili yang sangat cantik dan eksotis serta terselimutkan udara nan sejuk hingga Traveler sampai di lokasi yang dituju, yaitu di Hutan Pinus Bissolor.

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger, Photo by YogyaTripTravel

Hutan Pinus Pengger, Bantul – Yogyakarta

Udara segar dengan aroma hutan pinus yang sangat kental, berbalut panorama hijau yang memukau, itulah suguhan dari Hutan Pinus Pengger, salah satu wisata hutan pinus yang sangat mempesona dari daerah Yogyakarta.  Bukan sekedar atmosfir alami yang ditawarkannya, namun berbagai fasilitas unik lainnya, siap memuaskan liburan pada wisatawan yang datang ke tempat ini.

Foto selfie?  Sudah pasti akan sangat terpuaskan.  Karena begitu banyak spot-spot keren yang dapat memanjakan jari-jari Traveler untuk berswaphoto dengan berlatar belakang keindahan yang tercipta di Hutan Pinus Pengger ini.

Di wisata hutan pinus yang beralamat di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul Yogyakarta ini, Traveler dapat menikmati udara segar dan aroma khas hutan ini sambil menjelajahi keindahan alam Yogyakarta melalui ketinggian.  Lagi-lagi, spot Instagramable begitu menjamur di sini!

Hutan Pinus Gunungsari
Hutan Pinus Gunungsari

Hutan Pinus Gunungsari, Pati – Jawa Tengah

Udara yang begitu menyegarkan, jauh dari polusi, menyatu dengan suasana hutan dan perbukitan yang begitu hijau serta udara yang sangat dingin, menjadi irama yang mengasyikkan bagi Traveler pencinta wisata alam hutan pinus. Yah, ini lah wisata alam Hutan Pinus Gunungsari.  Terletak di Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, Tlogowungu, Kabupaten Pati Jawa Tengah, hutan ini benar-benar menjadi pilihan utama bagi Traveler yang datang ke Pati ini.

Sejauh-jauh mata memandang, Traveler akan menikmati hamparan kebun kopi dan perbukitan kawasan hutan lindung yang meneduh hati.  Tak lupa irama alam kicau burung menambah keseruan suasana.  Dengan gardu pandang yang mengarah langsung ke bentang alam Pati, Traveler juga dapat menikmati, tidak hanya pesona lanskap hutan yang tiada duanya, tapi juga menghirup udara sejuk yang menyegarkan.

Hutan Pinus Polowono
Hutan Pinus Polowono

Hutan Pinus Polowono, Batang – Jawa Tengah

Rimbunnya pohon pinus dengan aroma khasnya, udara yang sejuk, pemandangan alam yang cantik dan sangat mengesankan, serta tersedianya wahana permainan yang asyik menjadi tujuan Traveler untuk menyambangi Hutan Pinus Polowono ini.  Momen paling asyik dan sayang untuk ditinggalkan adalah ketika sunset tiba.  Yah, keindahan saat sinar matahari melewati celah-celah pepohonan sungguh sangat menakjubkan, menciptakan nuansa syahdu yang menyentuh kalbu.

Hutan Pinus Polowono ini terletak di Desa Lobang, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Jawa Tengah.  Sebenarnya pembangunan wisata Polowono ini dimulai sejak tahun 2017 lalu, namun belum terkoordinir dengan baik.  Tapi, di tahun 2020 ini, wisata alam ini kembali mulai dibangkitkan.  Dibantu oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur ini, wisata alam hutan pinus ini mulai makin keren.  Bahkan, sejumlah fasilitas spot kekinian pun dibangun, seperti spot selfi jembatan gantung, wahana permainan, cafe, dan pemandangan kota limpung.

Grafika Cikole
Suasana yang asyik di Grafika Cikole

Grafika Cikole, Bandung – Jawa Barat

Mulai dari fasilitas camping, outbond, flaying fox, lintasan ATV, wisata petik stroberi, dan yang paling seru arena Paint Ball menjadi bagian dari daya tarik wisata alam Grafika Cikole.  Grafika Cikole adalah salah satu penginapan atau pondok wisata yang berada di Lembang Bandung,  yang berada di atas bukit, dipenuhi hamparan  rumput yang terletak disela pepohonan pinus, serta berselimutkan  udara nan sejuk.  Tempat ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dengan mengusung atmosfer rumah pedesaan, yang interior dan eksteriornya terbuat dari kayu, membuat Traveler menjadi betah untuk menghabiskan waktu yang cukup panjang di Grafika Cikole ini.

Terminal Wisata terpadu Grafika Cikole ini berada di ketinggian 1.400 mdpl dengan dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang luas. Sejauh-jauh mata memandang, kesejukan dan kesegaran akan selalu mewarnai panorama disini.  Tempat ini mempunyai udara yang sejuk dan sangat dingin terutama di malam hari. Suru udara siang berkisar 25 derajat celsius dengan suhu terendah 6 derajat celsius di malam hari.(Rafa)