Eksotis menikmati Air Terjun Seweru

Uniknya Memiliki Dua Air Terjun yang Berhadapan

Air Terjun Seweru
Menikmati Kesegaran Air Terjun Seweru, Photo by RyanFerryHandoko

Air terjun Seweru yang merupakan air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis ini, berada di ketinggian 400 mdpl.  Jatuhnya air tertampung pada kolam alami yang terbentuk di bawahnya.  Keindahan ini benar-benar menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan air terjun yang masih terjaga kealamiannya ini. Selain dikenal dengan obyek wisata Air Terjun Seweru, banyak pula pengunjung menyebutnya dengan sebutan Kedung Malam atau Serondo.

Air Terjun Seweru
Diapit Bukit_Bebatuan nan Cantik, Photo by Adnansamsuleh

Air Terjun Seweru yang terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ini sayang kalau dilewatkan begitu saja. Perjalanan menuju air terjun ini juga cukup heboh.  Yah, untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan perjuangan yang cukup keras, namun semua usaha akan terbayar lunas oleh keindahan yang dimiliki Air Terjun Seweru.  Terdapat dua air terjun dengan tinggi yang sama, airnya mengalir deras nyaris sama dan saling berhadap-hadapan. Itulah yang membuat air terjun ini dinilai unik.  Tingginya air terjun ini mencapai kurang lebih 15 meter, dan keberadaanya ini dikelilingi oleh bukit batu dan pada puncak air terjun terdapat batu alam besar yang terlihat menggantung.

Sumber mata air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari bawah gunung dan muncul di atas pohon yang rindang, dan berlokasi di desa Kare, satu wilayah perkebunan kopi di Kabupaten Madiun.  Keindahan Air Terjun Seweru atau Serondo atau yang juga disebut Selampir ini semakin elok dengan disertai pemandangan hutan wisata disekitarnya. Ada juga obyek wisata agro yang bisa dikunjungi dengan beberapa tanaman perkebunan seperti  apel, Jeruk, bunga taman dan kebun cengkeh. Lokasi tidak jauh dari lokasi air terjun Seweru.

Air Terjun Seweru
Akses Jalan Menuju Air Terjun Seweru

Untuk bisa mencapai Air Terjun Seweru,  Traveler bisa menaiki sepeda motor, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 1 kilometer. Meskipun cukup jauh, rasa lelah akan tergantikan dengan keindahan alam yang berada di sekitar air terjun.

Letak Air Terjun Seweru berjarak 25 kilometer ke timur dari pusat Kota Madiun. Air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis memiliki udara yang  dijamin sangat sejuk dengan panorama pemandangan yang luar biasa indah. Traveler tidak akan merasakan rasa pegal dan capek saat berjalan menuju wisata ini, karena merduanya suara alam, yaitu kicauan burung serta indahnya pepohonan nan rindang akan menyertai perjalanan ini. Traveler dapat mengambil jalan menuju arah ke timur di Kecamatan Kare sampai ke perkebunan kopi. Kemudian dilanjutkan sampai menemui pertigaan atau persimpangan jalan, lalu belok kiri. Disini Traveler akan menemukan petunjuk menuju lokasi wisata.

Air Terjun Seweru
Mata Air Berasal dari Bawah Gunung

Keindahan Air Terjun Seweru  ini menyatu disertai dengan indahnya pemandangan hutan wisata disekitarnya.  Air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan besar yang sangat indah, keren sekali untuk dijadikan latar untuk berfoto selfie.  Air Terjun Seweru sangat ramai ketika hari libur. Untuk benar-benar bisa puas menikmati air terjun ini, disarankan agar datang kesana pada hari biasa.

Disarankan agar Traveler jangan mengunjungi air terjun ini di musim penghujan karena akses dan jalanan menuju lokasi air terjun sangat ekstrim dan berbahaya.  Apalagi kalau Traveler terjebak hujan di tengah perjalanan.(Raditya)