Tersimpan ‘Mutiara’ Indah di sekitar Danau Toba – Samosir

Sejak kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sumatra Utara melakukan preservasi dan pelebaran jalan untuk mempermudah akses dari Medan ke Danau Toba, situs-situs keindahan tempat wisata sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir makin kentara jelas.  Yah, Pembangunan Tol Tebing Tinggi Samosir yang dibuat untuk meningkatkan kemudahan akses  Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi yang terhubung dengan adanya jalan tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera), memudahkan wisatawan bertandang ke akses wisata yang ditujunya.

Beberapa situs wisata berikut ini, dapat jadi acuan bagi Traveler masuk booklist perjalanan wisata berikutnya!

Puncak Sidiangkat

Lokasi ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai spot foto instagramable. Ada sarang burung raksasa yang berlatar belakang keindahan alam dan pepohonan asri. Lokasi ini jauh dari polusi udara dengan panorama keindahan tanah Pakpak di Kabupaten Dairi.

Bagi yang ingin menginap, bisa menyewa kamar di Hotel Nantampuk Mas yang dikelilingi perbuktian. Rasakan hembusan udara sejuk sambil menikmati pemandangan hutan lindung yang hijau. Suasana seperti ini tentu menjadi dambaan Anda yang ingin refreshing dari hiburan yang monoton di kota-kota besar.

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit sangat terkenal dengan cerita urbannya sebagai tempat kelahiran Suku Batak. Lokasi ini dipercaya penduduk sebagai tempat kelahiran Raja Batak. Pusuk Buhit merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 1980 meter di atas permukaan laut. Traveler bisa mengunjungi Aek Sipitu Dai dan Batu Hobon yang berlokasi dekat dengan Pusuk Buhit.

Dari sini juga bisa langsung menyaksikan pemandangan Danau Toba yang indah, melalui Tower Tele di Pusuk Buhit. Jika mampir ke Aek Sipitu Dai, Traveler akan menemukan pemandian umum yang mengandung sedikit unsur mistik. Jika lokasi Aek Sipitu Dai ramai, Traveler bisa memilih wisata lainnya seperti ke pemandian Batu Cawan yang airnya bisa langsung diminum.

Desa Wisata Tomok

Tomok merupakan sebuah desa yang sangat kental tradisionalnya, juga dikenal sebagai pintu gerbang dan pengenalan Pulau Samosir dari Pelabuhan Wisata Parapat. Di desa wisata Tomok, traveler akan menemui kawasan Kampung Batak mulai dari patung sigale-gale, pemakaman kuno raja-raja serta rumah adat Batak. Sambutan tari Tor Tor dari masyakarat setempat, jadi pemandangan indah bagi para wisatawan.

Keunikan lainnya di Tomok adanya sarkofagus batu besar kepala suku Sidabutar. Sarkofagus adalah suatu tempat untuk menyimpan jenazah yang umumnya dari batu. Diukir dari satu blok batu.

Keindahan lainnya tersaji lewat rumah adat. Rumah adat tradisional yang indah dicat berdiri di barisan yang rapi, dengan punggung ke arah danau, dilengkapi dengan lumbung padi menghadap ke perumahan. Desain rumit Batak pada rumah-rumah berbentuk daun dan bunga yang biasanya berwarna hitam, putih dan merah.

Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)

Sumatra Utara memiliki air terjun yang disingkat bernama Turbo. Turbo singkatan dari Turunan Bolon yang di ambil dari nama sebenarnya, yaitu Sampuran Bolon, yang dalam bahasa Bataknya adalah  “Sampuran” yang memiliki arti Deras. Air terjun ini berada di Desa Tomuan Holbung, desa nan indah dan asri.

Disini bisa merasakan air terjun yang jernih dan dingin disertai pemandangan tebing indah berhias pepohonan hijau yang mempesona. Air Terjun yang debitnya begitu besar, deras dan jernih. Mungkin karena derasnya air yang jatuh makanya disebut Turbo. Pemandangan indah yang begitu luas di sekitar Air Terjun Turunan Bolon ini, dengan hamparan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan berhiaskan Pepohonan hijau yang sejuk ini, membuat wisatawan terlena dan lupa menghabiskan waktu banyak disini. Rekam keindahan ini dalam Instagram, akan membuat seluruh teman yang menyaksikannya iri. Jangan lupa gunakan XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil, agar upload IG lancar tanpa Lola alias lemot. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu  sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII. Bakkara terkenal dengan Aek Sipangolu yang dikenal dengan air penyembuh segala penyakit. Lembah Bakkara yang menjadi daya tarik wisata dibelah oleh Aek Silang dan Aek Simangira yang mengaliri desa-desa dan bermuara di Danau Toba. Untuk bisa ke sana, anda bisa memilih rute Medan ke Siborong-borong, lalu ke Kecamatan Muara. Diapit oleh dua sungai, lembah ini cenderung sejuk dengan panorama wisata yang indah.

Jadi, buat anda yang memang berencana untuk berkunjung atau jalan jalan ke Pulau Samosir, silakan atur itinerary untuk berkunjung ke lokasi terbaik di sana! #JaringanInternetStabil #Fiberisas (Nil)

Subscribe

Related articles

Tradisi Unik Saat Ramadhan di Pontianak

Bulan Ramadhan merupakan satu dari dua belas bulan hijriah yang paling...

Pengalaman Denny Sumargo Hampir Dijemput Maut Saat Traveling

Aktor Denny Sumargo (35) memiliki hobi melakukan jalan-jalan (traveling),...

Kue Khas Aceh Cocok Disajikan untuk Takjil Buka Puasa

Masih bingung mau buka puasa pakai apa? Nah, kue...

Dubai sambut Ramadhan di bawah Sengatan Matahari

Kehidupan di Dubai bisa dikatakan berhenti selama siang hari...

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar Bandung

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama masjid yang satu ini...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here