Air Terjun Batee Tunggai yang Menakjubkan

Keindahan yang terkolaborasi antara air terjun dan pantai nan cantik

Air Terjun Batee Tunggai
Air Terjun Batee Tunggai, photo by Irfan M Nur

Air terjun di pinggir jalan raya tentunya terasa asing di benak para traveller. Namun, faktanya air terjun di Samadua, Aceh Selatan ini benar-benar berada tepat di pinggir jalan raya. Menakjubkan sekali kan! Air Terjun Batee Tunggai berada di Desa Batee Tunggai, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan. Air terjun ini biasa disebut Air Dingin karena air yang mengalir dari pegunungan tersebut sangat dingin. Traveller bisa menghilangkan lelah dan penat saat menikmati kesejukan air terjun ini.

Air Terjun Batee Tunggai
Air Terjun Batee Tunggai ,photo by Sutan Hengki

Untuk sampai ke lokasi ini tidaklah pelik, hanya perlu menempuh sekitar 20 menit dari Kota Tapaktuan. Berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di atas gunung maupun di tengah hutan. Air Dingin ini malah berada di pinggir jalan nasional Tapaktuan – Medan. Jadi, siapapun yang melintas jalan raya bisa melihat air terjun ini. Yah, Air Dingin ini sangat mudah di temukan.

Di sepanjang jalan menuju lokasi Air Dingin, traveller akan dimanjakan dengan panorama pegunungan di sebelah kanan, sementara keindahan lainnya tak kalah menariknya di bagian kiri, yaitu lautan nan luas nan penuh pesona. Debur ombak dan wangi pantai akan menjadi satu aroma khusus yang dapat dinikmati selama perjalanan ini. Inilah salah satu keunikan dari Air Terjun Batee Tunggai, air terjun yang posisinya berhadapan langsung dengan pantai cantik di seberangnya.

Air Terjun Batee Tunggai
Air Terjun Batee Tunggai, photo by Syarifah Miftahul J

Di bawah air terjun terdapat telaga sedalam bahu orang dewasa. Dibatasi dengan bebatuan juga ada telaga setinggi lutut orang dewasa, sehingga anak-anak pun bisa menikmati berenang di bawah air terjun ini. Air yang mengalir tidak berasal dari sungai melainkan hanya dari celah bebatuan pegunungan. Walaupun begitu, debit air terjun ini cukup besar apalagi jika musim penghujan. Selain bermain air dibawah air terjun ini, Traveller juga bisa bermain pasir putih yang ada di sekitar telaga. Disini, hamparan pasir putihnya sangat menggoda.

Air Terjun Batee Tunggai
Air Terjun Batee Tunggai, photo by Fahmi Juanda

Setelah mandi di Air Dingin ini, asyiik juga bersantai ria menyantap bekal di atas bebatuan besar atau memesan makanan di warung sekitarnya. Yah, setelah lelah bermain di Air Dingin, yang juga sesekali beralih menikmati Pantai Air Dingin dan mandi laut juga, berleha-leha di atas bebatuan sambil menikmati santapan yang terhidang, akan menyempurnakan liburan ini.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, Traveler masih belum dikenai biaya masuk alias gratis, bahkan sampai Traveler sekelas mancanegarapun masih dikasih free, lho!

So, jangan lewatkan menikmati keindahan Air Dingin di Samadua ini, sangat menyenangkan sekali karena bisa menikmati dua objek wisata sekaligus, air terjun dan pantai. Yah, setelah pandemi ini  berlalu, siap-siap berburu wisata ke tempat-tempat indah seperti ini!(DM/IPG)