Air Terjun Efrata Samosir, Keindahannya Memanjakan Wisatawan

Efrata artinya Taman Terindah dan Suci

Air Terjun Efrata
Debit Airnya Deras

Ternyata keindahan Pulau Samosir bukan hanya Danau Toba semata, banyak keindahan-keindahan lainnya yang harus dieksplore dan sangat recommended untuk dikunjungi.  Salah satunya Air Terjun Efrata.  Yah, air terjun ini terletak di Kabupaten Samosir, lokasinya tidak jauh dari objek wisata Menara Pandang Tele, spot untuk menikmati keindahan alam serasa berada di atas awan.

Nama Air Terjun Efrata atau yang juga disebut Air Terjun Sampuran Efrata merupakan nama yang diberikan oleh salah-satu pengunjung yang datang dari Eropa. Arti Efrata adalah taman terindah dan suci. Menurut cerita masyarakat setempat, pengunjung tersebut terpana begitu melihat keindahan air terjun ini dan berkata “Efrata waterfall”. Dari ceritanya ini, akhirnya menyebar kemana-mana hingga semuanya menyebutnya Air Terjun Efrata.

Air Terjun Efrata
Panorama Alamnya Menakjubkan, Photo by @Agnes.b.t

Sumber mata Air Terjun Efrata berasal dari pegunungan Bukit Barisan, tak heran suhu airnya pun dingin.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 26 meter dengan bentangan air jatuh begitu deras dan melebar.  Keindahan alam di sekitar Air Terjun Efrata ini, benar-benar memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Air terjun ini berada di antara tebing dengan pepohonan yang rindang sehingga semakin menunjukkan keelokan air terjun ini.  Hijaunya area perbukitan menjadi sajian pertama saat Traveler berwisata ke sini.

Jatuhnya air langsung mengenai batu-batuan terjal yang terbentang sepanjang 12 meter. Tepat di bawah air terjun terdapat batu-batu yang berukuran besar dan kecil.  Dengan debit air yang cukup deras, menciptakan suara gemuruh air begitu dashyat, terlebih saat musim penghujan tiba.  Traveler dapat bermain air di bawah air terjun, atau hanya sekedar berendam sembari menikmati sejuknya udara sekitar dan memandang hijaunya panorama alam sekitar.  Sembari bermain air tetaplah berhati-hati terhadap ranting pohon yang gugur dan bebatuan di sekitarnya saat berenang atau bermain air.

Air Terjun Efrata
Gemuruh Air jatuh langsung ke Bebatuan

Kawasan air terjun ini sudah banyak disentuh pembangunan, seperti di sekitar kolam yang sudah dikokohkan oleh tembok penyangga tanah atau tebing yang terbuat dari susunan batu dan semen. Begitu juga di sekeliling area air terjun sudah dibuat lokasi duduk, tepat berada di samping aliran air. Tempat duduknya terbuat dari tembok, dan menempel pada dinding tebing tadi.  Hadirnya jembatan yang membentang di tengah – tengah aliran air, memudahkan pengunjung untuk bisa menatap berhadapan langsung dengan Air Terjun Efrata ini, sambil berdiri berdiri di jembatan tersebut.

Air Terjun Efrata tepatnya berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Rute menuju air terjun ini sangat mudah untuk diakses, karena lokasinya berdekatan dengan objek wisata Danau Toba dan Menara Pandang Tele. Jarak tempuh menuju lokasi Air Terjun Efrata dari Kabupaten Samosir sekitar 38 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.  Dari Samosir, Traveler langsung menuju Kecamatan Harian. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Desa Sosor Dolok.

Dari lokasi parkiran, Traveler sudah bisa melihat keindahan Air Terjun Efrata yang airnya mengalir panjang menuruni bukit – bukit.  Yah, dari tempat parkiran saja, panorama Air Terjun Efrata sudah begitu memikat. Aliran airnya yang panjang membelah hijaunya perbukitan, rimbunnya pepohonan yang didukung dengan udaranya yang sejuk, menjadi pelengkap keindahan berwisata ke Air Terjun Efrata.

Air Terjun Efrata
Setelah di renovasi, keindahan alam air terjun semakin memikat

Untuk tiba di air terjun ini, Traveler terlebih dahulu treking sekitar 100 meter dari parkiran. Selama perjalanan, keindahan hamparan sawah yang luas nan hijau akan memanjakan pandangan mata. Ketika musim panen, panorama keindahan padi menguning yang akan dipamerkan.  Jalan menuju Air Terjun Efrata atau trackingnya sudah sangat memadai untuk dilalui oleh orang dewasa maupun anak – anak, sehingga tempat ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.  Area parkiran juga sangat luas. Dan jalan menuju Air Terjun Efrata dari lokasi parkiran hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Beranjak dari parkiran, Traveler dimudahkan dengan menuruni tangga yang kokoh, atau melewati sebuah jembatan tembok yang akan terhubung langsung ke kolam. Ini merupakan sebuah jalur yang pada bagian sisi kanan terdapat pembatas jalan yang sudah berbentuk tembok. Karena di bawahnya terdapat aliran air yang cukup deras, pembatas ini merupakan fasilitas yang mampu menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.  Lalu di sisi kiri, terdapat lapisan bebatuan yang tersusun rapih dengan warna merah dan hitam di sepanjang lapisan tersebut, ini namanya tembok penyangga tebing (TPT).  Setelah melewati jalur ini, keindahan Air Terjun Efrata pun sudah siap dinikmati.(Puteri)