Air Terjun Ponot, Air Terjun Bertingkat Tiga dan Tertinggi di Indonesia

Tingginya Mencapai 250 meter dengan Tiga Undakan

Air Terjun Ponot
Ketinggian Air Terjun Ponot Benar-Benar Mengagumkan

Ingin menikmati keindahan Air Terjun Ponot?  Sejumlah wisatawan yang sudah banyak mengetahui keberadaan air terjun ini, menggadang-gadangkan bahwa Air Terjun Ponot merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.  Surga tersembunyi yang berada dalam wilayah Kabupaten Asahan ini, airnya mengalir deras di antara hutan pinus yang berdiri tegak.

Air Terjun Ponot adalah air terjun yang terletak di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter dengan  bentuk air terjun yang tidak langsung mengalir ke bawah, namun memiliki tiga buah undakan.  Debit airnya yang sangat deras serta memiliki tiga tingkatan ini, menciptakan air jatuh begitu bergemuruh.  Di bawah curahan air terjun, banyak dihiasi batu-batuan alam yang berukuran sangat besar.  Kucuran air yang langsung jatuh ke batu ini,  menyebarkan banyak percikan sehingga kesannya seperti embun yang langsung membuat udara di sekitar air terjun terasa sejuk.  Ini juga menjadi spot area untuk berselfi ria, menjadi incaran wisatawan terutama di sekitar bebatuannya.

Air Terjun Ponot
Tiga Undakan Menambah Cantik Panorama Air Terjun, Photo by @agoes_naluri

Setelah puas bermain air dan berenang, kegiatan lainnya yang tidak kalah seru dan nikmatnya adalah, menyusuri jalan lebih ke atas untuk menikmati pemandangan sekitar yang begitu memukau. Perjalanan yang dilalui tidak begitu sulit dan tidak curam meski agak sedikit mendaki.  Namun, keindahan yang dijanjikan akan menjadi semangat untuk melakukan trekking ini.

Lokasi Air Terjun Ponot yang tersembunyi ini, dilindungi oleh rimbunan pepohonan hijau.  Hal ini menciptakan lanskap pemandangan indah yang menakjubkan. Tak jauh dari Air Terjun Ponot, terdapat beberapa air terjun kecil yang juga tak kalah indahnya untuk dipandang.

Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan dengan memiliki ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut. Untuk menuju ke tempat ini, perjalanan dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dari Kota Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan melalui Kecamatan Bandar Pulau.

Air Terjun Ponot
Banyak Bebatuan yang Menjadi Spot Keindahan Berphoto

Traveler dapat mengakses dari tiga tempat untuk mencapai lokasi air terjun ini.  Bisa dari Porsea di Kabupaten Tobasa, atau dari Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun, dan bisa juga dari Ranto Parapat di Kabupaten Asahan.  Sementara itu, jika Traveler berangkat dari Medan, terlebih dahulua menuju Kota Tebing Tinggi, melalui perjalanan darat akan menempuh waktu sekitar 6 jam perjalanan.  Sesampai di area wisata Air Terjun Ponot, Traveler akan disambut dengan gapura besar, penunjuk bahwa Traveler sudah sampai di tempat yang dituju.  Namun, dari gapura masih harus berjalan kaki lagi sepanjang kurang lebih 500 meter untuk sampai di bibir air terjun.(Puteri)