Lukisan Alam nan Eksotis, Air Terjun Siboruon

Bagaikan Cermin Besar di Tengah Hutan

Air Terjun Siboruon
Terletak dalam hutan tersembunyi!

Pesona Air Terjun Siboruon benar-benar menyita perhatian.  Keberadaan air terjun yang dikelilingi pepohonan rindang ini, memiliki daya tarik kuat untuk membuat siapa pun pengunjung yang datang kesini, terusik untuk datang lagi.  Meskipun, lokasi air terjun ini berada dalam hutan.

Karena tempatnya yang sunyi, dikelilingi alam hijau nan asri, udaranya masih sangat segar dan menyejukkan, suara fauna hutan yang begitu alami, serta gemuruh air terjun yang menarik hati untuk segera tiba dan bermain air alam ini.  Yah, komponen keindahan itu menyatu menciptakan keseruan tak terhingga untuk segera menyambangi Air Terjun Siboruon ini.  Bagi yang lelah pikiran, tempat satu ini sangat tepat untuk dijadikan therapi hati.

Air Terjun Siboruon
Pesonanya yang Penih Pikat

Air Terjun Siboruon terletak di Desa Siboruon, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir.  Dari pusat Kecamatan Balige menuju Desa Siboruon memiliki jarak hanya 7 kilometer, jarak yang tidak terlalu jauh dan memudahkan Traveler untuk menemui lokasi air terjun ini.  Apalagi, ketika Traveler memasuki desa ini, tatapan mata langsung tertuju oleh pemandangan alam yang sangat asri dan khas pedesaan. Terdapat bentangan sawah hijau dan daerah perbukitan yang membuat Desa Siboruon begitu menenangkan. Satu lagi pemandangan yang paling istimewa saat berada di desa ini, Traveler dapat menyaksikan sebuah penampakan yang unik. Dari kejauhan, terlihat bak cermin raksasa berdiri di antara rimbun pepohonan hijau yang memantulkan cahaya matahari, itulah Air Terjun Siboruon.  Yah, ketika cahaya matahari memantul dipermukaan air terjun, pantulan ini seolah-olah cermin yang  sangat besar yang berada di tengah hutan.

Air Terjun Siboruon yang Eksotis
Menikmati Sajian Panorama Air Terjun

Siapa yang tak semangat, begitu melihat keindahan air terjun yang terlihat jelas meskipun lokasi air terjun masih agak jauh. Traveler masih harus menembus kawasan hutan dan jalan kecil berliku-liku dengan kondisi yang terjal serta agak licin. Perjalanan ini harus dilakukan dengan berjalan kaki karena kondisi jalan belum bisa dimasuki kendaraan.

Air Terjun Siboruon
Air Terjun Siboruon yang terlihat jelas dalam perkampungan

Namun, pesona Air Terjun Siboruon memang benar-benar memikat siapa pun yang melihatnya.  Tak heran, kendala dan rasa lelah seperti apapun saat perjalanan, tak akan menggubris keinginan untuk tetap menyambangi air terjun ini. Perjalanan panjang dan melelahkan ini terbayar dengan suguhan pemandangan indah dari Air Terjun Siboruon.  Memandang keindahan air terjun dan panorama sekitar, mendengar gemuruh suara air jatuh, menghirup udara segar, semua ini akan menghilangkan rasa penat dan lelah pikiran.  Traveler juga dapat mengabadikannya, berfoto dengan keartistikan bentuk air terjun.(Puteri)