Air Terjun Nyarai, Wisata Alam nan Indah di Padang Pariaman

Air Kolamnya Bersih, Jernih dan Bening Kehijauan

Air Terjun Nyarai
Banyaknya Bebatuan Besar Menambah Daya Tarik, Photo by @roji_etek

Padang selalu menyimpan kejutan dalam kekayaan wisata alamnya.  Sajian panoramanya yang menakjubkan memang tak bisa dipungkiri lagi.  Dan masih banyak spot-spot wisata keren yang dapat dinikmati di kota Malin Kundang ini.  Seperti wisata alam berikut ini,  yaitu Air Terjun Nyarai.  Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.  Lebih tepatnya berada di Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung.

Air Terjun Nyarai
Airnya yang jernih menyegarkan, Photo by @fardas_ury

Siapa pun yang datang ke Air Terjun Nyarai ini, pasti langsung jatuh hati. Selain memiliki air terjun yang indah, Air Terjun Nyarai juga memiliki sungai yang membentuk kolam renang, dengan airnya yang jernih dan bersih dengan warna kehijauan yang bening, yang menciptakan aura kesejukan tiap kali memandangnya.  Kolam ini tepat berada di depan air terjun. Traveler akan dibuai dengan keasrian alam dan dijamin akan berlama-lama berada di sana

Namun demikian, bukan berarti Traveler tidak dapat melakukan keseruan di kolam air terjun ini. Aksi lompatan dari atas batu yang berada di sekitar kolam akan memacu adrenalin dan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.  Selain itu, Traveler juga dapat menggelantung ayunan akar pohon di atas kolam, hal ini menjadi  salah satu permainan alam yang sangat menarik. Kegiatan lain yang dapat dilakukan disini adalah Rafting dan Arung Jeram di Batang Anai.  Traveler akan menyusuri Batang Anai dengan cara yang berbeda dan dapat memacu adrenalin juga, lho!  Yah, melepas kegalauan hati dengan menikmati panorama dan keindahan di Air Terjun Nyarai ini, membuat Traveler dapat merasakan kebebasan yang hakiki, begitu tenang, begitu nyaman dan jauh dari kesibukan kota yang membuat penat.

Air Terjun Nyarai
Sensasi Lompat Dari Batu Menjadi Favorit Disini, Photo by @airterjunnyarai,

Tinggi Air Terjun Nyarai memang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 8 meter.  Air terjun ini berada dalam kawasan Hutan Gamaran, Salibutan Lubuk Alung yang merupakan bagian dari Cagar Alam Nasional Bukit Barisan. Karena masih dalam wilayah perhutanan, panorama air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang serta bebatuan yang sangat besar. Jika diperhatikan secara seksama, kucuran air terjun ini seperti dibendung oleh dua buah batu besar sebelum akhirnya airnya jatuh ke dalam kolam.  Di dalam kolam ini juga terdapat ikan yang bisa dipancing atau ditangkap.

Air Terjun Nyarai
Hijaunya Panorama Sekitar Menambah Cantik Suasana, Photo by @ariftamaminst

Untuk dapat menuju Air Terjun Nyarai, Traveler harus berjalan sejauh kurang lebih 5  kilometer dengan memasuki hutan yang masih rindang, juga menyusuri sungai yang cukup deras airnya. Namun, sepanjang perjalanan ini, Traveler akan dimanjakan dengan keindahan alam sehingga rasa lelah pun tak dirasakan.

Perjalanan ini memang tidak begitu mudah.  Traveler akan menemui jalan setapak yang dilalui cukup berat, terkadang tanjakan, lalu turunan dan jalanannya pun banyak bebatuan.  Trekking perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam dari pintu masuk Hutan Gumaran, terkandung kondisi dan kemampuan Traveler dalam melakukan trekking ini.  Jangan khawatir, selama perjalanan akan menemui beberapa posko yang dapat dijadikan tempat beristirahat. Dan di setiap posko terdapat toilet.

Air Terjun Nyarai
Air Terjun yang Berada dalam kawasan Hutan, Photo by @roji_etek

Untuk menemukan tempat wisata ini tidak terlalu sulit.  Jika posisi dari Padang, Traveler dapat berhenti setelah pasar (Pajak) Lubuk Alung, sebelum sampai mesjid akan menemui simpang 3, lalu belok ke kanan. Jarak dari simpang ke posko wisata, kurang lebih 5 kilometer dengan waktu tempuh mencapai 15 sampai 20 menit dengan menggunakan sepeda motor.(Adhit)