Air Terjun Silima-Lima, Surga Tersembunyi di Tapanuli Selatan

1000 Tangga Harus Dilalui

Air Terjun Silima-Lima, Surga Tersembunyi di Tapanuli Selatan
Suara gemuruhnya begitu menggema diantara bebukitan, Photo by @acielsoemantri

Masih dalam kawasan Kabupaten Tapanuli Selatan, keindahan Air Terjun Silima-Lima sangat memikat dan menghipnotis Traveler yang datang kesana.  Air Terjun Silima-Lima ini menyuguhkan potret alam yang luar biasa menakjubkan, sebuah air terjun yang dibentengi oleh dua pegunungan yang sangat terkenal di Tapanuli Selatan, yaitu Gunung Lubuk Raya dan Gunung Sibual-Buali.

Pesona yang dipancarkan Air Terjun Silima-Lima ini begitu luar biasa menakjubkan, terutama bila dipandang dari kejauhan. Air terjun yang memiliki ketinggian air jatuh sekitar 80 meter ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.  Dari kejauhan, suara gemuruh air jatuh sudah mulai terdengar cukup keras. Air terjun ini berada di atas ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Silima-Lima, Surga Tersembunyi di Tapanuli Selatan
Sejenak menikmati indahnya alam dan udara sejuk, Photo by @Sabrina_hutabarat

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, dibutuhkan usaha dan semangat yang tinggi lantaran menuju lokasi utama air terjun harus melewati banyak anak tangga. Jalur perjalanan yang mesti ditempuh ini berjarak sekitar 1 kilometer yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. Karena trekking atau akses jalan menuju Air Terjun Silima-Lima ini melewati banyak sekali anak tangga, sehingga anak tangga tersebut diberi nama tangga seribu.  Tangga seribu sering dijadikan sebagai spot selfie bagi para pengunjung.  Tangga ini sudah berbentuk lapisan tembok dan di salah satu sisinya dibuatkan besi pembatas untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Air Terjun Silima-Lima, Surga Tersembunyi di Tapanuli Selatan
Spot Foto di tengah jembatan, Photo by @khotneeda

Meskipun harus turun menapaki tangga seribu, perjalanan menuju air terjun begitu indah. Pesona pemandangan alam pegunungan, serta sejuknya udara menjadi teman sepanjang melakukan aktivitas trekking ini.  Selain itu, sebagian perjalanan, tepatnya di sisi kanan terdapat sebuah batu besar dengan narasi atau quot kekinian.  Konon, batu besar ini disebut batu jodoh. Area ini juga merupakan spot untuk berselfie ria.

Banyak spot-spot untuk mengabadikan keseruan dan keindahan kawasan air terjun ini, salah satunya di jembatan.  Ini merupakan jembatan panjang yang alasnya terbuat dari kayu dan pegangannya terbuat dari besi.  Jembatan ini memiliki lokasi yang cukup eksotis untuk mengabadikan gambar dengan background air terjun.  Jembatan ini juga kerap dijadikan sebagai pertanda bahwa lokasi utama air terjun sudah tidak jauh lagi.

Air Terjun Silima-Lima, Surga Tersembunyi di Tapanuli Selatan
Dikelilingi hijaunya pepohonan

Jika Traveler ingin berkunjung ke Air Terjun Silima-Lima, dari Padang Sidempuan membutuhkan waktu sekitar satu sampai 1,5 jam.  Sepanjang perjalanan ini,  hiasan hamparan sawah, kebun maupun pegunungan akan memanjakan pandangan mata.

Lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima yang terletak di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara ini, sudah tertata cukup baik. Mulai dari fasilitas trekking, ragam wahana, serta fasilitas penunjang lainya sudah tersedia di lokasi ini. Bahkan sebelum melangkah ke jalur trekking, di area pertama traveler bisa menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. Di lokasi ini juga sudah tersedia papan informasi bagi para pengunjung.(Puteri)