Aek Sijorni, Air Terjun nan Jernih dan Indah

Serunya Saat Bermain di Antara Undakannya

Aek Sijorni, Air Terjun nan Jernih dan Indah
Menikmati Keseruan di Air Terjun Aek Sijorni, Photo by @sumutscenery

Aek Sijorni merupakan sebuah air terjun yang menjadi favorit masyarakat Tapanuli Selatan.  Air terjun ini memiliki bentuk yang tidak  biasa, cukup unik dengan model berundak-undak disertai aliran airnya yang cukup deras.  Undak-undakan jalur air mengalir berupa bebatuan cadas dengan model beraneka ragam, menciptakan panorama yang sangat indah. Meskipun aliran airnya sangat deras dan menimbulkan suara gemuruh yang begitu menggelegar, Traveler dapat bermain air di setiap undakan, merasakan segarnya air dingin yang membasahi tubuh. Sensasi deburan airnya saat menyentuh tubuh terasa lembut.

Aek Sijorni, Air Terjun nan Jernih dan Indah
Berendam di salah satu kolamnya, Photo by @irwan_nda9

Ada dua air terjun kecil yang melalui beberapa undakan ini. Sehingga alirannya ini bisa dinikmati baik dari kolam bagian atas maupun yang dibawahnya.  Air terjun ini bersumber dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi

Arti nama Aek Sijorni adalah air jernih, sesuai kondisi air terjun ini yang sangat jernih meski dalam segala suasana, baik hujan mau pun kemarau.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dengan view sekitarnya beberapa pohon kelapa.  Aek Sijorni merupakan objek wisata yang menggabungkan antara air terjun dengan waterpark atau kolam renang.  Lokasi kolamnya pun juga ada yang berdampingan dengan air terjun. Limpahan Air Terjun Aek Sijorni memang dialirkan ke beberapa kolam yang ada.  Kolam-kolam renang ini memiliki kedalaman beragam, ada yang kurang satu meter tapi ada juga yang lebih dari satu meter.  Traveler dapat memilih untuk bermain air di air terjun atau di kolam renang.

Aek Sijorni, Air Terjun nan Jernih dan Indah
Aman bermain diantara undakannya, Photo by @yuliaarmiantii

Untuk mencapai objek wisata ini, Traveler terlebih dahulu trekking yang cukup menguras tenaga.  Yah, setelah memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sambil tak henti-henti pandangan mata dimanjakan dengan keindahan alam sekitar.  Traveler juga akan melewati jembatan gantung, serta beberapa anak tangga.  Meskipun jalanan yang ditempuh cukup menanjak, namun kondisi jalan yang dilalui tidak begitu sulit.  Dan rasa lelah perjalanan ini terbayarkan begitu melihat keindahan air terjun Aek Sijorni.  Apalagi kehadiran beberapa pohon kelapa yang menghiasinya sekitar air terjun menciptakan frame keindahan yang luar biasa menakjubkan.

Lokasi Aek Sijorni berada di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi-Padang Sidempuan, Kelurahan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara.  Jika Traveler pergi dari Padang Sidempuan, jarak yang ditempuh sekitar 30 kilometer dengan waktu perjalanan selama 45 menit.  Bagi Traveler yang bergerak dari pusat kota Medan, akan memakan waktu perjalanan cukup lama yaitu sekitar 12 jam.

Aek Sijorni, Air Terjun nan Jernih dan Indah
Dikelilingi banyak pohon kelapa, Photo by @mknasution0205

Jam operasional Aek Sijorni buka setiap hari sejak pukul tujuh pagi hingga pukul 7 malam, namun waktu terbaik untuk menikmati keindahan air terjun sebaiknya di pagi hari ketika udara masih terasa begitu menyegarkan dan sangat sejuk.(Puteri)