Pantai Cibuaya Ujung Genteng, Sensasi Sunsetnya Begitu Memikat

Keindahan Sunsetnya Selalu Dinanti

Pantai Cibuaya Ujung Genteng, Sensasi Sunsetnya Begitu Memikat
Keindahan Sunsetnya Selalu Ditunggu, Photo by @andrinipraaa_

Pesisir laut Jawa bagian selatan, memang terkenal dengan banyaknya pantai-pantai yang indah dan menawan.  Salah satu kawasan yang cukup terkenal yang memiliki pantai-pantai cantik ini yaitu kawasan Ujung Genteng yang berada di Sukabumi, Jawa Barat.  Salah satu pantainya yang sangat menarik dan asyik untuk dieksplore kecantikkannya adalah Pantai Cibuaya. Pantai ini memiliki sajian keindahan berupa panorama matahari tenggelam.

Saat senja memang menjadi satu moment spesial yang paling ditunggu-tunggu saat mengunjungi Pantai Cibuaya ini. Perjalanan terbenamnya sang surya di sebelah timur menuju peraduannya, menjadi sajian indah yang sangat memikat.  Keberadaan bebatuan karang yang sesekali berpadu dengan ombak-ombak besar, menciptakan pemandangan siluet nan cantik, begitu eksotis. Laut yang terkena pantulan matahari memunculkan warna kuning keemasan yang sangat indah.  Menjadi satu kombinasi warna nan indah, perpaduan warna oranye, merah, dan kuning yang menyulap panorama Pantai Cibuaya menjadi lukisan alam yang begitu memukau, yang dapat memanjakan pandangan mata.

Pantai Cibuaya Ujung Genteng, Sensasi Sunsetnya Begitu Memikat
Senja menjadi sajian yang penuh daya pikat, Photo by @ardywu

Pantai Cibuaya merupakan pantai yang memiliki ombak tenang, pantai ini pun tergolong bersih.  Traveler dapat menyusuri sepanjang pantai untuk menjelajahi keseruan dan kenikmatan Pantai Cibuaya ini, merasakan angin yang berhembus sepoy-sepoy, serta butiran halus pasir yang begitu lembut dijejaki.  Yah, suasana begitu nyaman terasa.  Tak heran, banyak yang datang ke pantai ini, akan merasa betah berlama-lama di pantai ini.

Selain keindahan sunset yang selalu dinanti, Pantai Cibuaya memiliki keunikan tersendiri.  Ketika air laut mulai surut, pemandangan bibir pantai pun semakin indah dengan terlihatnya karang-karang dengan bentuk yang unik.  Beberapa batu tersebut ada yang membentuk cekungan dan menjebak ikan yang terbawa ombak.  Traveler dapat melihat ikan-ikan berukuran kecil berenang di lubang batu karang.  Saat seperti ini, biasanya digunakan Traveler untuk berjalan menapaki karang menuju ke tengah laut.  Selain itu, juga menjadi kesempatan emas bagi para nelayan dan warga sekitar pantai untuk pergi memancing. Meskipun sesekali masih terlihat ombak bergulung-gulung meramaikan tepi laut Pantai Cibuaya ini, namun tidak membuat para pengunjung takut untuk melihat lebih dekat ombak khas laut selatan Jawa ini.

Pantai Cibuaya Ujung Genteng, Sensasi Sunsetnya Begitu Memikat
Memiliki keunikan akan bebatuan karang

Selain lingkungan pantai yang bersih dan memiliki keunikan akan bebatuan karangnya, Pantai Cibuaya juga dikenal dengan memiliki akuarium alami.  Hal ini lantaran air laut Cibuaya sangat jernih.  Bahkan, jernaihnya air laut membuat Traveler dapat melihat terumbu karang dan aneka ragam ikan-ikan nan cantik di atas permukaan air, tanpa harus menyelam atau berkegiatan snorkeling.

Lokasi Pantai Cibuaya berada di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Akses menuju lokasi pantai ini tidak terlalu sulit.  Dari Kota Sukabumi menuju Pantai Cibuaya berjarak 109 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dengan kendaraan.  Di sepanjang jalan, Traveler banyak menemukan penunjuk arah sehingga memudahkan untuk menemukan pantai ini.

Pantai Cibuaya Ujung Genteng, Sensasi Sunsetnya Begitu Memikat
Selalu terhipnotis dikala senja mulai menyapa, Photo By @destiiimarlina

Menurut kepercayaan warga sekitar, nama Pantai Cibuaya merupakan dari banyaknya buaya yang berada di sekitar muarang sungai.  Yah, dahulu Cibuaya dikeliling pepohonan lebat dan banyak buaya yang ditangkarkan di sekitar muara sungai ini.  Buaya-buaya tersebut sering terlihat minum air sungai dan berendam di sana. Karena itulah kawasan ini dinamai dengan ‘Cibuaya’. Setelah kawasan dirapikan dan dibuka sebagai tempat wisata pantai, penangkaran sudah dihilangkan. Dan buaya-buaya pun juga sudah tidak tampak lagi untuk mendekati muara sungai.(Puteri)