Air Terjun Talang Kemulun Yang Mempesona dan Menggetarkan Hati

Keindahannya bak surga tersimpan dalam hutan

Air Terjun Talang Kemulun Yang Mempesona dan Menggetarkan Hati
Air Terjun Khayangan laksana surga dalam hutan

Saatnya Traveler mengeksplore keindahan panorama nan eksotis, air terjun yang berundak dengan suaranya yang begitu gemericik yaitu Air Terjun Talang Kemulun. Air terjun dengan air yang super jernih banget ini, berada dalam Kabupaten Kerinci, masih dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Keindahan alam sekitar Air Terjun Talang Kemulun benar-benar menyajikan alam yang masih sangat asri dan alami, berada di tengah hutan, sehingga udara yang sejuk dan menyegarkan sangat dominan di lingkungan ini.

Karena berada di tengah hutan, perjalanan menuju lokasi air terjun ini cukup menyita waktu dan menguras tenaga.  Jalur yang akan dilalui masih alami berupa tanjakan namun tidak begitu curam.  Jalanan berupa tanah dan bebatuan, namun yang membuat perjalanan ini menjadi menyengangkan adalah, hijaunya pepohonan sekitar yang begitu rimbun, yang memanjakan pandangan mata.  Persawahan warga dan beberapa perkebunan juga siap dinikmati selama perjalanan ini.  Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam lebih, Traveler akan melihat air terjun kecil alias mini, dimana air ini merupakan bagian dari aliran Air Terjun Talang Kemulung.

Air Terjun Talang Kemulun Yang Mempesona dan Menggetarkan Hati
Menyajikan alam yang masih asri dan alami, Photo by@residasilalahi

Dari kawasan air terjun mini ini, Traveler kembali melanjutkan perjalanan dengan memasuki jalan setapak yang agak sempit dengan kondisi yang cukup terjal.  Namun, sajian pemandangan alam sekitarnya tidak berubah, tetap cantik dan mempesona, membuat hati dan pandangan mata semakin terpikat.  Udara sejuk dan mengegarkan semakin terasa kuat hingga akhirnya terpampang di depan mata, megahnya keberadaan Air Terjun Talang Kemulung, dengan jatuhnya air mengalir secara step by step, melewati beberapa tingkat.

Model Air Terjun Talang Kemulun awalnya tidak berundak-undak. Menurut warga setempat, konon lantaran diguncang gempa yang cukup dahsyat di Jambi pada waktu itu, mengakibatkan kondisi air terjun ini berubah seperti sekarang.  Dan undakan-undakan yang tercipta ini malah membuat keberadaan Air Terjun Talang Kemulun semakin cantik, semakin menarik dan sangat menakjubkan.  Air mengalir pada tebing-tebing berundak, membuat air terjun ini nampak begitu eksotis layaknya sebuah tirai nan alami.  Setiap wisatawan yang datang berkunjung, selalu berdecak kagum dengan keindahan ini.  Bak surga yang tersembunyi di dalam hutan, tak heran banyak juga yang menyebut air terjun ini merupakan Air Terjun Lembah Khayangan.

Air Terjun Talang Kemulun Yang Mempesona dan Menggetarkan Hati
Perjalanan  melelahkan terbayarkan dengan air terjun ini, Photo by@remo_alnovryanda_putra

Dengan model berundak-undak ini, air yang mengalir terlihat melewati bebatuan di sekitar yang ditumbuhi tanaman merambat.  Dengan karakteristik memiliki 12 undakan atau tingkatan ini, suara jatuhnya air pun terdengar sangat merdu.  Apalagi air yang jatuh melalui dari berbagai sisi, sungguh menjadi pemandangan yang indah mempesona.

Meskipun di lokasi air terjun ini tidak ada kolam penampungan air, dimana biasanya Traveler dapat berendam atau berenang dalam air kolam tersebut, namun tidak mengurangi kenikmatan dalam beraktifitas di sekitar Air Terjun Talang Kemulun.  Justru hal yang lebih nikmat lagi, yaitu Traveler dapat merasakan sensasi segarnya air terjun dengan sengaja membiarkan air jatuh langsung mengenai tubuh.  Sentuhan secara langsung air terjun ini malah membuat diri lebih asyik menikmatinya.

Ada sebuah batu yang posisinya tepat berada di depan air terjun.  Lokasi ini tempat yang pas memandang puas keindahan air terjun sambil mendengarkan suara gemericik air yang berpadu dengan suara burung-burung, dijamin segala penat di pikiran akan sirna dan tergantikan dengan stamina yang lebih fresh!

Panorama hijau alam di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini memang terkenal dengan keindahan dan masih alaminya hutan-hutannya.  Sehingga kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi Asean Heritage Site serta World Heritage Site dari Unesco pada tahun 2004 lalu yang kemudian di tahun 2006 juga mendapat pnghargaan sebagai The Tropical Rainforest Heritage of Sumatera.

Air Terjun Talang Kemulun Yang Mempesona dan Menggetarkan Hati
Dikelilingi hijaunya pepohonan menambah asri, Photo by@edwin_prajusa

Secara geografis, keberadaan air terjun ini terletak di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.  Untuk menuju lokasi Air Terjun Talang Kemulun, Traveler akan memulainya dari Sungai Penuh dengan menggunakan kendaraan baik roda empat maupun dua dengan menempuh jarak sekitar 35 kilometer, dan memakan waktu kurang lebih 50 menit.

Begitu sampai di Desa Talang Kemulun, Traveler masih harus melanjutkan perjalanan yang sesungguhnya, untuk mencapai lokasi Air Terjun Talang Kemulun dengan berbagai petualangan alam yang sangat menarik.(Rafa)