Sensasi Menguji Adrenalin di Arum Jeram Sungai Bingei

Anak-Anak pun aman berkegiatan arum jeram disini!

Sensasi Menguji Adrenalin di Arung Jeram Sungai Bingei
Menguji adrenalin dengan arus yang cukup deras, Photo by@tobacaldera_outbond

Traveler pencinta kegiatan alam yang memicu adrenalin, harus mencoba unjuk aksi dalam sensasi arus deras di Sungai Bingei.  Yah, kegiatan arum jeram di Sungai Bingei ini, merupakan salah satu objek wisata di Medan yang asyik dan siap menguji nyali keberanian.  Kawasan arum jeram ini menawarkan pesona alamnya yang menakjubkan sekaligus menjadi lokasi arum jeram yang cukup  menantang.

Sensasi Menguji Adrenalin di Arung Jeram Sungai Bingei
Arum jeram dikelilingi bukit-bukit hijau nan indah, Photo by@arya_zhi

Objek wisata Arum Jeram Sungai Bingei cukup terkenal.  Sungai yang memiliki air yang sangat jernih ini, berada dalam lingkup Kabupaten Langkat, tepatnya di Desa Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.  Berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Medan, sementara itu dari Kota Binjai berjarak sekitar 20 kilometer.

Selain merupakan sungai yang relatif tidak begitu besar namun arus Sungai Bingei terkenal cukup deras.  Jeram-jeramnya cukup banyak dan bervariasi.  Yang asyiknya lagi, meskipun deras dengan banyak jeram, tapi tidak membahayakan, sehingga kegiatan arum jeram ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak.  Tak heran, objek wisata ini jadi favorit bagi Traveler pemula yang tengah uji coba menikmati kegiatan arum jeram ini.

Sensasi Menguji Adrenalin di Arung Jeram Sungai Bingei
Asyik juga melompat ke sungai dari bebatuan, Photo by@pitta_hutabarat

Dari jalur sepanjang sepuluh kilometer, Traveler dapat memilih beberapa rute pilihan untuk berkegiatan arum jeram ini. Dengan karakter sungai berbatu, Traveler pemula dapat memilih rute arum jeram Family Trip, dengan jarak tempuh sepanjang tiga kilometer.  Jika merasa ingin lebih tertantang lagi, dapat memilih rute arum jeram Namo Nangka, yang memakan waktu perjalanan selama 2 jam karena jarak yang ditempuh kurang lebih sampai 7 kilometer.  Rute Namo Nangka berakhir di Bendungan Namu Sira-Sira.  Nah, bagi Traveler yang sudah kawakan alias yang punya jam terbang cukup panjang, pastinya memilih rute perjalanan yang sangat menantang.  Untuk itu, pilihan rute arum jeramnya sepanjang 10 kilometer yang dimulai dari Desa Lau Seridi dan berakhir di Bendungan Namu Sira-Sira.  Rute terakhir ini paling ekstrem dan sangat menantang.

Sensasi Menguji Adrenalin di Arung Jeram Sungai Bingei
Jalur pemula yang aman, Photo by@jeramsumt

Sepanjang menguji kekompakan dan berusaha berteman dengan arus sungai ini, Traveler akan dimanjakan hamparan sawah serta bukit-bukit hijau dengan rimbunnya pepohonan. Pemandangan yang sangat cantik dan menghasilkan udara yang sangat menyegarkan.

Dengan kedalaman sungai yang bervariasi, di beberapa tempat tertentu, selain menikmati keseruan ber-arum jeram, rafter pun akan tergoda untuk berenang atau menikmati aksi loncat dari bebatuan ke sungai.(Simple Destination)