Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut

Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut
Gerbang masuknya aja asyik buat photo, Photo by@eggianwari

Wisata ke Garut, jangan lupa pilih Karacak Valley sebagai salah satu destinasi wisata yang harus didatangi. Menghadirkan pesona alam dengan nuansa perbukitan yang bakal bikin menyesal kalau dilewatkan. Pastinya segudang keindahan dan kenikmatan, akan siap mewarnai wisata kali ini.  Di Karacak Valley, objek wisata yang berada di ketinggian 1.850 mdpl ini, Traveler akan dimanjakan dengan indahnya hutan pinus hingga seseruan di air terjun.

Melihat, memandang dan mengelilingi landscape hutan pinus, berbalut udaranya yang khas menyejukkan, akan menjadi moment yang menyenangkan. Traveler siap dimanjakan dengan pemandangan alam dan suasana khas hutan pinus yang berbatasan dengan perkebunan kopi.   Spot hutan pinus ini sangat asyik untuk bersantai ria.  Selain berjalan-jalan, Traveler juga dapat menikmati panorama alam cantik ini dengan santai di atas selembar hammock.

Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut
Sejuknya diantara pepohonan pinus, Photo by@tina_raagustin

Wisata ke Karacak Valley, selain panorama pohon pinusnya yang mengagumkan, Traveler juga dapat menikmati keindahan Curug Kembar dan Curug Ngebul, yang letaknya sekitar 1 kilometer dari gerbang masuk. Akses jalan menuju lokasi curug memang sudah tertata baik, namun kondisi jalannya yang banyak menanjak, cukup menguras tenaga.  Spot pertama, yaitu Curug Kembar. Sesuai dengan namanya, curug ini terdiri dari dua air terjun yang berada di antara bebatuan besar dan mengalir ke telaga kecil. Ketinggian curug ini masih terbilang lumayan. Disini pengunjung dapat bermain air atau sekadar melepas lelah di balkon serta saung kecil yang ada di sekitarnya. Setelah Curug Kembar, Traveler juga dapat mampir menikmati keindahan Curug Ngebul. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.  Dengan menikmati segarnya air dari Gunung Karacak di kedua air terjun ini, sangat manjur untuk me-refresh pikiran kita.

Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut
Menikmati Curug Ngebul, Photo by@lutvi_permana13

Jangan lupa untuk menikmati pemandangan kota Garut dari kejauhan namun terlihat cukup jelas.  Salah satu sudut di Karacak Valley, yaitu sebuah bukit kecil yang letaknya tidak begitu jauh dari gerbang masuk, namanya Puncak Dogar Karacak, merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keseruan ini.  Jangan lupa untuk mampir dan mengabadikan diri di berbagai spot indah dan instagrammable, baik yang alami maupun yang memang sengaja disiapkan.

Disini juga tersedia area kemping yang nyaman dan seru.  Bisa perorangan, grup bahkan rombongan besar sekalipun.  Tidak usah repot-repot menyiapkan peralatan kempingnya, karena pihak Karacak Valley juga menyediakan penyewaan tenda dengan harga yang cukup terjangkau.  Fasilitas disini memang benar-benar lengkap.  Tersedia toilet, warung tempat makan, spot-spot untuk istirahat, serta area parkir yang cukup luas.

Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut
Sensasi kemping yang mengasyikkan, Photo by@misselzyumna17

Karacak Valley pertama kali dibuka pada tahun 2016. Namun, sebelum menjadi objek wisata, kawasan ini mulanya merupakan perkebunan kopi yang dikelilingi oleh hutan pinus.  Berada dalam kawasan Gunung Karacak dan memiliki luas sekitar 9 hektar.  Karena dilihat memiliki potensi dalam sektor pariwisata, akhirnya tempat ini dikembangkan menjadi tempat wisata yang kemudian dikelola oleh LMDH, Lembaga Masyarakat Desa Hutan, Jaya Mandiri.

Begitu muncul, sontak menjadi inceran banyak wisatawan.  Suasana dan panoramanya yang tenang dan meneduhkan, menjadi inceran Traveler penyuka ketenangan dan alam yang menyejukkan.  Keindahan hutan-hutan pinus serta perkebunan kopi disekitarnya, menciptakan sebuah pemandangan klasik yang begitu memikat.  Apalagi lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Garut, sehingga masyarakat Garut pun mudah mencapai kawasan menyejukkan ini.

Hanyut dalam Panorama Alam Karacak Valley Garut
Santai di atas hammock, Photo by@aghninugraha261

Karacak Valley yang beralamat di kawasan Kampung Pakuwon Jalan Margawati Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat ini, secara resmi buka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.  Namun, terkadang banyak saja orang yang datang lebih awal dan pulang agak lama.

Untuk mencapai lokasi Karacak Valley, Traveler yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya mengarahkan kendaraannya ke Jalan Bratayudha, yang tidak lama kemudian belok ke arah Jalan Margawati.  Ikuti terus sepanjang Jalan Margawati, nanti akan bertemu banyak petunjuk arah menuju Karacak Valley.  Jika memilih kendaraan umum, dari Terminal Guntur pilih angkot jurusan Sukaregang atau Sukadana, kemudian berhenti di pertigaan Jalan Margawati. Lalu pilih ojek untuk sampai ke lokasi yang dituju.(Puteri)