Air Terjun Umbul Songo Kopeng Yang Makin Menarik

Diapit oleh Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Andong

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Yang Makin Menarik
Saat Musim Hujan, debit Air Cukup, Photo by @laditatour

Objek wisata Air Terjun Umbul Songo yang terletak di Kopeng, saat ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak disukai karena mampu menyajikan keindahan unik di setiap sudutnya.  Air Terjun Umbul Songo memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras dan kolam dibawah tempat menampung air juga tidak terlalu dalam.  Traveler yang datang kesini dapat menikmati kucuran air serta berendam di kolamnya.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Yang Makin Menarik
Jembatan yang instagramable, spot asyik berfoto, Photo by @wisata_oke

Air Terjun Umbul Songo memiliki arti, umbul yaitu mata air dan songo artinya sembilan.  Konon, penamaan air terjun ini diambil dari sumber mata air yang mengalir ke air terjun ini, sekitar Tekelen, Tayengan, Contre, Kopeng dan juga Selodhuwur. Pada awalnya, Air Terjun Umbul Songo masuk dalam bagian dari Hutan Lindung yang pengelolaannya dibawah Perum Perhutani dan Taman Wisata Alam, yang kemudian akhirnya statusnya menjadi Taman Nasional.  Air Terjun Umbul Songo ini berada di atas ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan air laut,.  Tak heran, pada ketinggian ini, tempat ini pun memiliki keindahan pemandangan yang tiada duanya.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Yang Makin Menarik
Saat Kemarau, debit air sangat berkurang, Photo by @suryo_dwi_prasetyo

Saat ini, wajah Air Terjun Umbul Songo semakin menarik, menjadi lokasi wisata alam yang sangat instagramable, dengan beragam spot-spot wisata disekitarnya yang cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga.  Banyaknya spot-spot unik yang asyik dijadikan latar photo, membuat Traveler penyuka swaphoto termanjakan.  Mulai dari gapura pintu masuk, dengan tetap mempertahankan konsep lamanya seperti atapnya yang terbuat dari bambu, mengusung gaya arsitek yang cukup klasik.

Adanya jembatan kayu yang lokasinya setelah kolam renang, menambah daya tarik tersendiri dan tentu pastinya menjadi spot favorit untuk pengambilan gambar atau photo.  Dan Jembatan kayu ini terhubung dari satu pohon ke pohon berikutnya di seberangnya.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Yang Makin Menarik
Pintu gerbang yang klasik, Photo by @wisatausa

Letak Air Terjun Umbul Songo Kopeng diapit oleh Gunung Telomoyo , Gunung Merbabu dan juga Gunung Andong.  Lokasi  tempat wisata Air Terjun Umbul Songo ini berada di daerah Kopeng, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Dukuh, Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.   Menuju lokasi ini memiliki jarak sekitar 54 kilometer dari pusat Kota Semarang dan dari Kota Magelang berjarak sekitar 23 kilometer.(Sigit)